Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Ampuh Membasmi Kutu Kasur

 

4 Cara Ampuh Membasmi Kutu Kasur – Ada yang pernah ngalamin kasurnya kena kutu? Kutu kasur disebut juga dengan kutu busuk, adalah serangga penghisap darah. Umumnya, kutu kasur tersebut bisa bertahan dengan lingkungan bersuhu panas dan lembap hingga ruangan bersuhu rendah setidaknya 7 derajat celcius. Jadi mulai perhatikan keadaan ruangan ya teman-teman.








 

Bentuk kutu kasur ini oval datar berwarna kemerahan, cokelat, dan kuning gelap. Serangga tersebut tidak membangun sarang selayaknya semut atau rayap, tapi hidup berkelompok di tempat tempat yang gelap dan tersembunyi. Serangga tersebut tertarik pada suhu panas tubuh, sehingga biasanya kutu kasur memilih bersembunyi di sekitar tempat tidur lalu akan merayap menuju kulit yang terekspose untuk menghisap darah.

 

Dulu, ibu sering banget nyari kutu di kasur. Soalnya tiap kali merasa aneh dan tidur tiba-tiba gatal bukan karena nyamuk pastilah ada sarang kutu kasur. Benar saja, pagi harinya ketika kasur di keluarkan dan dijemur eh ... banyak kutu berlarian. Tiap kali dipencet, eh ... banyak darah yang keluar.

           

 

Mungkin saat ini kamu sedang mencari cara bagaimana membasmi kutu kasur yang ampuh. Di bawah ini 4 cara membasmi kutu kasur , siapa tahu mau dicoba menerapkannya:

 

1.      Mencari Sumber Kutu Kasur Berasal

 

Hal pertama dan terpenting sebagai cara ampuh untuk membasmi kutu kasur adalah dengan menemukan sumber kutu kasur berasal supaya bisa melakukan tindakan selanjutnya. Ada beberapa tanda yang bisa mengindikasi keberadaan kutu di kasur.

Adanya bintik bintik hitam di sela sela atau atas kasur mungkin kotoran kutu kasur. Selain itu juga coba perhatikan apakah di sekitar kasur ada bekas cangkang berwarna kekuningan yang tertinggal.

Biasanya kutu kasur akan mengeluarkan bau apek yang cukup menyengat ketika serangga tersebut tinggal dalam satu kelompok besar. Sebaiknya kamu memeriksa area juga celah sempit di sekitar kasur seperti celah dipan dan kepala kasur, diantara bantal hingga dibalik pigora dinding.

Kamu bisa memanfaatkan kaca pembesar dan senter untuk bisa melihat kutu kasur yang berukuran kecil.

 

2.      Menggunakan Vakum Untuk Membersihkan Kutu Kasur

 

Cara paling mudah dan ampuh membasmi kutu kasur adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Kamu tinggal mengarahkan ujung vakum ke berbagai celah tersembunyi di sekitar kasur termasuk di sela sela lemari, bawah karpet, hingga celah celah barang elektronik.

Kemudian, masukkan kotoran vakum kedalam plastik zip lalu buang. Jangan lupa cuci seluruh bagian vakum dengan air panas jika memungkinkan.

 

3.      Isolasi Benda Yang Terkena Kontak

 

Kutu kasur sangat mudah menyebar, apalagi melalui benda benda yang mudah dibawa seperti baju, sarung bantal, juga boneka. Oleh karena itu, salah satu cara ampuh membasmi kutu kasur yang bisa dilakukan adalah dengan tidak memindahkan benda benda yang dicuriagi terkontaminasi kutu kasur.

Sebaliknya, benda benda yang berukuran kecil dimasukkan kedalam kantung plastik. Kemudian, jemur selama beberapa hari hingga minggu sampai serangga tersebut benar benar dipastikan sudah mati sebelum dicuci.

 

4.      Mencuci Selimut, Sprei, Dan Baju Dengan Air Panas

 

Sebenarnya kutu kasur cukup mudah mati ketika terpapar panas tinggi, yaitu pada suhu sekitar 46 derajat celcius. Sehingga mencuci baju dan property kasur dengan air panas mampu menjadi cara ampuh membasmi kutu kasur.

Sebagai cara ampuh membasmi kutu kasur, kamu bisa menggunakan pengaturan suhu tertinggi pada mesin cuci selama 30 menit, kemudian mengatur suhu paling tinggi pada pengering selama 30 menit juga.

Namun, jika mesin cucimu tidak memiliki pengaturan suhu, bisa menggunakan cara sebelumnya yaitu menjemur baju dalam plastik dibawah terik matahari. Alternatif lain, kamu juga bisa mencuci baju dengan air panas secara manual. Namun pastikan jika bahan kain yang dijemur tahan panas dan tidak akan rusak ketika terpapar suhu tinggi.

 

Selain itu masih ada cara ampuh lain untuk membasmi kutu kasur yaitu dengan menjemur kasur, bantal, guling, dan selimut secara teratur. Karena kesehatan keluarga berasal dari apa yaang ada di sekeliling kita. Semangat menjaga kesehatan ya teman-teman.

 

 

Posting Komentar untuk "4 Cara Ampuh Membasmi Kutu Kasur"