Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekrut Cara Baru Cari Kerja Berbasis Digital

 

Ekrut Cara Baru Cari Kerja Berbasis Digital - Indonesia sudah memasuki Revolusi Industri 4.0, di mana segala tempat bisa dikendalikan melalui jaringan internet dan perangkat gawai yang saling terhubung. Akibat langsung yang bisa dirasakan dari era ini sangat besar. Teknologi yang berbasis digital ini dipakai oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.



ekrut review ekrut career ekrut login gaji di ekrut daftar ekrut rekrutmen jobstreet



 

 

Misalnya nih, orang-orang yang dulu jualannya di toko sekarang bisa jualan online dari rumah. Anak-anak yang dulu berangkat sekolah setiap hari, karena pendemi sekarang bisa belajar daring dari rumah. Pun orang-orang bekerja jaman sekarang nggak perlu ngantor, bisa dikerjakan dari mana saja asal ada jaringan internet yang memadai.

 

 

Sementara pemerintah sudah sangat sigap memersiapkan era transformasi digital seperti saat ini. Dengan dukungan menyediakan infrastruktur seperti listrik, program internet masuk desa, pengembangan sumber daya manusianya, baik melalui pelatihan yang diberikan oleh pemerintah ataupun swasta.

 

Menurut data yang telah dirilis dari ESDM, peningkatan pencapaian rasio yang dialiri lisrik setiap daerah di Indonesia sudah berkembang sangat pesat. Walaupun di tengah kendala yang dihadapi di lapangan, tetapi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik demi mewujudkan energi yang berkeadilan di seluruh wilayah Indonesia. Terutama untuk menerangi wilayah timur Nusantara.

 

Sementara untuk rasio pembangunan jaringan internet pada tahun 2018, masih didominasi Jawa (58,08%), Maluku-Papua (2,49%), dan penertrasi internet terbesar diperkotaan (72,41%) dibanding dengan pedesaan (48,25%). Pemerintah melalui Kominfo sudah membangun jaringan internet Nusantara, yang dinamai dengan Palapa Ring. Palapa Ring ini diharapkan bisa membuat akses internet meluas, dan biaya internet maupun telekomunikasi menjadi lebih rendah. Dengan demikian harinya Palapa Ring akan mampu membuat kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) menjadi terhubung.

 

 

Perkembangan Transformasi Berbasis Digital







 

 

Dari penelitian yang dihasilkan oleh Gaertne dan Smith (2001), yang dimaksud dengan ekosistem digital ialah suatu kelompok aktor yang saling tergantung. Baik dari perusahaan maupun orang-orang, dan berbagai platform digital terstandarisasi untuk tujuan yang saling menguntungkan. Contohnya keuntungan komersial, inovasi, kolaborasi, dan berbagi profit bersama. Ekosistem digital ini memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, seperti penjual dan pembeli, mitra dengan industri, bahkan dengan pesaingnya. Hal ini menawarkan peningkatan akses pasar yang jauh lebih cepat, pertumbuhan produktivitanya juga jauh lebih besar. Lihat saya sekarang perkembangan digital sudah mulai mewabah, dari startup digital, e-ccommerce, fintech, jasa (on-demand service), logistik, dan masih banyak yang lainnya.

 

Dikutip dari Robehmed, startup merupakan usaha bisnis baru yang bertujuan untuk mengembangkan model bisnis, yang layak untuk kebutuhan pasar. Titik awal munculnya startup di Indonesia pertama kali oleh Tokopedia, yang mendapatkan suntikan dana dari East Ventures disusul dengan bermunculnya startup lain seperti Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan lain sebagainya. Data dari Bekraf sendiri melaporkan, pada tahun 2018 di Indonesia jumlah startup aik menjadi 1807, yang mana membuat Indonesia menjadi negara startup terbanyak di ASEAN dan mendapatkan peringkat nomer enam di dunia.

 

Dari startup munculah Digital valley, kemduian ada coworking space, yang menjadi sarana bertkumpul dan bertumbuh orang-orang kreatif yang mayoritasnya anak muda. Mereka berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi digital, guna membangun Indonesia dan memecahkan berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Baik sosial, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Anthony Kusuma dan Steven Suliawan, merupakan dua pemuda yang turut andil menciptakan Digital Talent Requitment, bernama Ekrut. Perusahaan teknologi di Indonesia yang berbasis rekrutmen sumber daya manusia atau human resource (HR).

 


 

Kenalan dengan EKRUT Yuk! Cara Baru Cari Kerja

 

 




 

Apa pun yang anda pikirkan, betapa pun sulitnya keadaan kini. Betapa pun tingginya angka pengangguran dan inflasi. Anda harus mendapatkan pekerjaan yang anda impikan.

- Charles-Albert Poissan –

 

 

Ada tiga golongan orang yang belum mendapatkan pekerjaan. Pertama, mereka yang kurang tahu/belum tahu cara melamar/mencari pekerjaan. Kedua, mereka yang kurang banyak/belum banyak melamar/mencari pekerjaan. Ketiga, mereka yang kurang mau/belum mau mencari pekerjaan dengan alasan tertentu.

 

Manusia adalah makhluk yang Tuhan ciptakan paling unggul dan kualitasnya tak tertandingi. Fakta yang mengungkap hal tersebut, banyak ditemukan dalam kitab suci seluruh umat beragama. Sepakat?

 

Contohnya seperti dalam QS. At-Tin:4, "Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." Ya, Allah menciptakan manusia dengan tubuh yang tegak, sehingga dapat memakan makanannya dengan tangan, dan Allah juga menciptakan manusia dengan kemampuan memahami, berbicara, mengatur, dan berbuat bijak sehingga memungkinkan dirinya menjadi khalifah di muka bumi.

 

Maka anggapan cari kerja itu sulit ataupun mudah, tergantung dengan pikiran dan dalam hati bagaimana ia tumbuh. Kalau kamu bilang sulit, ya tumbuhlah sulit dengan subur. Demikian sebaliknya, kalau kamu mengizinkan pikiran bilang mudah berarti ia akan tumbuh dengan mudah. Sebab itu mulailah dengan percaya diri, bahwa mendapatkan pekerjaan itu mudah sesuai dengan apa yang diidamkan. Pernah dengar pepatah menanam ilalang akan tumbuh ilalang? Atau menanam padi ya akan tumbuh padi. Sesederhana itulah pola kerja rahasia kehidupan, yang sudah bukan menjadi rahasia lagi.

 

Di sinilah mengapa Ekrut hadir, untuk mereka pencari kerja yang sedang berproses untuk menjadi sukses. Ekrut merupakan talent marketplace yang mengurasi proses perekrutan karyawan jadi lebih efisien. Ekrut ibarat makcomblang, yang sedang mencarikan kita pasangan. Kita mendaftar sebagai talenta, pihak Ekrut yang akan mencocokan talenta dengan kebutuhan perusahaan.

 

 

Keuntungan yang Dimiliki Talent Marketplace







 

 

Lantas apa perbedaan marketplace dengan talent marketplace? Kalo marketplace seperti pasar konvensional. Banyak penjual menjajakan produknya, sehingga para pembeli yang membutuhkan bisa langsung mendapatkan produk tersebut. Nah talent marketplace, talent berperan seakan-akan ia sebagai produk, dan employer sedang mencari kandidat adalah pembeli. Terus kelebihan talent marketplace apa dong?

 

Talent nggak perlu kirim CV Ke sana-Ke mari

 

Inilah perbedaan yang paling kentara, menggunakan Ekrut anda tidak perlu lagi mengirim CV berkali-kali dan ke sana-ke mari. Kalau sudah melalui proses verifikasi, artinya talent sudah lolos masuk ke marketplace yang tersedia. Tipsnya, poles resume secantik mungkin agar mampu memikat employer

 

Hemat Waktu dengan Ekrut

 

Talent marketplace akan menyaring talent, sesuai dengan kriteria yang diinginkan employer. Layaknya mesin pencari, yang langsung menyaring informasi sesuai dengan kata kunci. Misalnya anda mendaftar Pekerjaan Programmer, maka sistem akan mengkurasi talent yang mendaftar pekerjaan programmer, untuk diberikan kepada employer. Hemat waktu, dan tenaga bukan kala sudah canggih begini?

 

Update Resume dan Tips Interview oleh Tim Profesional

 

Talent marketplace akan membantu talent, dalam melakukan proses mengisi dan membuat resume agar terlihat lebih profesional agar kesempatan diterima employer lebih besar. Tidak hanya itu, tim internal akan memberikan tips maupun saran seputar wawancara, agar anda tidak bingung dan nervous. Talent pun jadi lebih percaya diri.





 

Employer Menerima sesuai dengan Preferensi

 

Karena Ekrut berpusat pada talent di bidang teknologi informasi, maka akan jauh lebih mudah employer menemukan kriteria sesuai bidang yang diinginkan. Mereka juga langsung tepat sasaran, menghubungi talent untuk melakukan jadwal wawancara.

 

Tim Profesional Ekrut selalu Siap Sedia

 

Talent, dan employer akan terus didampingi oleh tim profesional dari Ekrut. Baik itu dengan tatap muka, atau langsung via telepon. Tim juga akan membantu talent, mempresentasikan perusahaan yang dikelola oleh employer.

 

Jadi gimana? Cara cari kerja Indonesia mudah bukan? Apalagi untuk minta naik gaji? Bisa banget, asal ... pekerjaanmu bisa diselesaikan dengan baik.






38 komentar untuk "Ekrut Cara Baru Cari Kerja Berbasis Digital"

  1. Di era digital seperti saat ini peran tekhnologi memang sangat membantu sekali meringankan semua pekerjaan. Termasuk dalam belajar ataupun berjualan.

    BalasHapus
  2. Di era tekhnologi sekarang ini segala hal dimudahkan. Termasuk dalam mencari kerja.
    Tinggal klik aplikasi atau website, bisa cari kerja sesuai minat, pendidikan dan pengalaman.

    BalasHapus
  3. di era ini emang sangat membantu ya mbak apalagi masa pandemi ini sangat membantu karena banyak pekerja yang kena PHK

    BalasHapus
  4. era digital seperti sekarang ini banyak memunculkan anak muda berbakat di bidang AI ya mbak, dan banyak perusahaan start up jadinya :)

    BalasHapus
  5. Memudahkan ya aplikasi Ekrut ini untuk para pencar kerja. Jaman makin maju, makin banyak kemudahan selama kita mau mencari tahu.

    BalasHapus
  6. makin banyak aplikasi di era teknologi canggih ini yang memudahkan semua manusia dalam menjalani hidupnya

    BalasHapus
  7. pandemi ini emang maksa kita agar sebagian besar pekerjaan kita bisa go digital ya mba, termasuk soal cara cari kerja sekalipuun...

    BalasHapus
  8. Wah aku barutau ada Ekrut. Bisa jadi referensi untuk aku nih yang lagi cri kerjaa..

    BalasHapus
  9. Makin gampang cari kerjaan dengan adanya Ekrut ini ya. Buat yang kagi cari kerjaan bisa banget coba apply di sini.

    BalasHapus
  10. Baru pertama kali tau nih tentang Ekrut ini memang bermanfaat dan memudahkan sekali yaa apalagi di masa sekarang

    BalasHapus
  11. cocok banget buat saya yang lagi cari kerja niy, bisa nyobain deh, siapa tahu berjodoh kerjaan di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat.

      Senang sekarang bisa nyari kerja hanya dengan mengandalkan aplikasi. Malah saya lupa baca dimana, ekrut bisa bikin kitanya yang dilamar sama pekerjaan.

      Hapus
  12. wah adanya platform pencarian kerja ini pastinya sangat membantu ya bagi para pencari kerja, bisa aya coba juga niy kak

    BalasHapus
  13. Informasi yang sangat bermanfaat dan menarik sekali, Nyi.
    Untuk zaman serba digital begini, inilah yang diperlukan bagi para pencari kerja dan yang membutuhkan SDM.
    Bisa di sort berdasarkan kebutuhan perusahaan kah, Nyi?

    BalasHapus
  14. Ekrut ini semacam jobstreet atau headhunter jadinya nih? Berguna untuk pencari kerja nih.

    BalasHapus
  15. Aku jadi ingat web HIIP yaa, Nyi.
    Mirip kaya gini kali ya...konsepnya.
    Praktis untuk zaman sekarag dan memudahakan sekali.

    BalasHapus
  16. Jadi ingat dulu zaman cari pekerjaan pakai jasa agensi jadi mereka yang carikan pekerjaan kita tinggal datang untuk wawancara, praktis ya nggak cape melamar ke sana ke mari

    BalasHapus
  17. Zaman udah semakin canggih melamar kerja tak memerlukan amplop sekarang ya. keren EkRUt ini. salut.

    BalasHapus
  18. Untuk perusahaan kecil apakah efektif dan efisien kalau pakai jasa ekrut?

    BalasHapus
  19. Lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya, ya, Mbak. Kebayang memang kalau masih bertahan dengan cara konvensional, bakal lebih melelahkan kirim lamaran pekerjaan ke sana kemari.

    BalasHapus
  20. Oh baru tahu ini, ternyata Ada talent marketplace seperti ekrut yang sangat memudahkan pencari kerja. Aku nih aku suka, jadi ga perlu sibuk kirim CV kemana-mana lagi ya, bener-bener simple!

    BalasHapus
  21. Ini artikelnya menang yah. Selamat ya mbanyii. Aku juga takjub loh ada platform kayak ekrut di indonesia. Membantuu bangettt

    BalasHapus
  22. kepraktisan perkembangan dunia digital yang bagus memang baiknya nggak boleh disia-siakan yaa. Harus ada kemauan kuat, karena masuk ke dunia digital, kata gaptek harus dihilangkan, harus belajar lagi.

    BalasHapus
  23. Wah keren banget ya Ekrut, bisa membantu para pencari kerja lebih efektif dan efisien dalam mencari kerja.Di tengah pandemi seperti sekrang ini,ketika banyak yang harus kehilangan pekerjaan, semoga Ekrut bs membantu:)

    BalasHapus
  24. Bikin praktis ya mbak, memudahkan para pencari kerja nih, mantull!!!

    BalasHapus
  25. Era revolusi industri vol 4.0 memang telah banyak memberikan kemudahan hanya dengan sentuhan tangan, termasuk dalam mencari pekerjaan, tinggal klik aja sudah bisa, tapi disisi lain juga membuat rindu berkumpul-kumpul, rindu suasana sekolah , hiks.

    BalasHapus
  26. Kayaknya menarik banget ya. Berarti Ekrut ini bisa dihubungkan ke seluruh Indonesia ya. Nanti dia yang akan mencarikan sesuai dengan daerah domisili. Atau gimana?

    BalasHapus
  27. Masa pandemi ini, banyak karyawan di phk, dan ketika banyak orang mencari pekerjaan, Ekrut menjadi jawabannya :)

    BalasHapus
  28. Saya baru tahu aplikasi ekrut yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan, boleh di coba nih

    BalasHapus
  29. Wah pas banget neh mbak, kebetulan saya lagi cari kerja setelah lulus kuliah. Terima kash informasinya ya

    BalasHapus
  30. Wah menarik banget nih ekrut. Kalau saja 10 tahun yang lalu ada ekrut ini aku bisa ngelamar kerja kali ya pakai ini hihihi

    BalasHapus
  31. Mencari pekerjaan pun di masa saat ini juga harus melek digital juga ya

    BalasHapus
  32. wah menarik banget inovasinya. memang di era digital apalagi saat pandemi seperti ini, segala hal yang berbasis digital apalagi seperti ekrut ini akan sangat bermanfaat dan membantu

    BalasHapus
  33. Inovatif bgt ya ini mba, bner2 ngebantu apalagi di saat pandemi gini

    BalasHapus
  34. Menarik banget ya sistem yang ditawarkan Ekrut. Jadi para pencari kerja juga bisa lebih mudah. Tinggal tanamkan mindset kita aja. Cari kerja itu bisa mudah dengan Ekrut:)

    BalasHapus
  35. ohh ternyata seperti itu. ekrut ngebantu banget di zaman seperti ini. harus aku rekomendasiin juga nih ke saudara aku.

    BalasHapus
  36. wah istilah baru lagi yg aku dneger nih

    talent marketplace


    seru ya, pasti para pencari kerja terbantu bgt

    BalasHapus
  37. wah sekarang cari kerja makin dipermudah ya, makin asyik aja. tapi saingan juga jadi makin banyak. harus punya keunggulan yang beda dan lebih dari yang lain

    BalasHapus