Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya


Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya - Setiap di antara kita pasti pernah ngalamin yang namanya bau mulut, tetapi bukan karena nggak sikat gigi. Melainkan bau mulut ini datang dari keadaan mulut, yang tidak sehat.



cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis cara menghilangkan bau mulut dengan garam cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih


 

Biasanya bau mulut yang tidak sedap ini, membuat seseorang akan merasa tidak percaya diri dalam bercakap-cakap dengan lawan bicaranya. Jangan biarkan hal ini menganggu, segera atasi bau mulut ini dengan segera.

 

Saya juga pernah mengalami yang namanya bau mulut, selain karena sisa makanan yang masih mengganjal, karena bakteri, dan juga adanya pencernaan yang menganggu. Yang paling parah sih, karena gigi saya yang ditambal kembali berlubang. Kalau begitu lebih baik kita kenali penyebab bau mulut terlebih dahulu, untuk mengatasi agar bau mulut hilang selamanya.

 

Penyebab Bau Mulut Adalah


 

Karena gangguan saluran pencernaan

 

Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah, karena penyakit magh asam lambung atau GERD. Yang mana lingkaran otot bawah Esofagus tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini berakibat asam lambung keluar dari lambung, dan naik kembali ke Esofagus akhirnya ke mulut. Di mulut inilah tertinggal, yang mana membuat bau tak sedap muncul.

 

Saya pernah mengalami penyakit magh yang sampai parah gitu, disarankan oleh dokter saya untuk tidak makan pedas dan puasa. Pelan-pelan saya praktikan, alhamdulillah sembuh. Tapi saya harus menjaga diri agar tidak telat makan lagi. Cara terbaiknya hindari makan pedas, dan juga makanan berlemak ya teman.

 

Karena menderita sinusitis

 

Sinusitis ini gangguan yang menyebabkan bau mulut, karena sinusitis menghasilkan lendir kental berbau di tenggorokan. Jika menyerang, akan membuat si penderita tidak bisa mencium dengan baik dikarenakan peradangan pada dinding sinus.

 

Penyebab utama dari sinusitis, karena virus flu. Hal lainnya karena infeksi di gigi, bakteri jamur, dan orang yang gemar merokok. Maka sebaiknya hindari penyebab sinusitis agar keadaan tenggorokan kembali membaik.

 


cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis cara menghilangkan bau mulut dengan garam cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih



Karena menderita xerostomia

 

Xerostomia merupakan gangguan kesehatan kurangnya mengonsumsi mineral, mulut jadi kering karena kekurangan kandngan air liur. Padahal air liur ini mempunyai peran untuk membunuh bakteri, yang berlebih yang ada di mulut. Karena tidak cukup air liurnya, akhirnya mulut mengeluarkan bau tak sedap. Jadi sering-seringlah konsumsi air putih, agar tidak kena xerostomia.

 

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut

 

 

Setelah mengenali penyebab bau mulut, saatnya kita melakukan cara atasi bau mulut tak sedap. Apa saja yang bisa kita lakukan agar kesehatan mulut kita terjaga dengan baik? Intip carana berikut ini:

 

Mengonsumsi air putih yang banyak

 

Kelembapan dalam mulut harus terjaga dengan baik dan seimbang, jika kekurangan akan menyebabkan xerostomia. Makanya kita harus rajin untuk mengonsumsi mineral, sehari minimal 8 gelas. Karena air putih yang kita konsumsi, dapat membilas bakteri yang tersisa di mulut apalagi setelah makan. Karena banyak makanan tersisa di dalam mulut, terlebih bagi yang punya gigi berlubang.



cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis cara menghilangkan bau mulut dengan garam cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih


 

Rajin berkumur dengan mouthwash

 

Pencuci mulut (mouthwash) sudah banyak dijual di pasaran, bermacam varian rasanya pula. Menggunakan mouthwash membuat napas segar, dan ada rasa nyaman mint yang bikin keadaan mulut membaik. Berkumur dengan mouthwash bisa memberikan keadaan mulut, lebih bersih. Hal ini merupakan salah satu dari sekian cara menghilangkan bau mulut

 

Membiasakan untuk mengunyah sayur atau buah penghilang bau mulut

 

Kalau mengunyah daun sirih, untuk penguatan gigi pernah mencoba. Nah, ada saran dari tanyapepsodent mengonsumsi kulit jeruk nipis, akan membuat bau tak sedap dalam mulut hilang. Hal lain yang perlu dilakukan juga, hindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut seperti petai, bawang putih, dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

13 komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya"

  1. wah bawang putih saya kebetulan kurang suka dan hampir ga pernah konsumsi secara langsung sih. bisa dicoba obat alaminya ya mengkonsumsi kulit jeruk nipis, itu dikunyah atau digimanain ya mba?

    BalasHapus
  2. Gangguan pencernaan Magh terkadang mengganggu ku juga, cara mengatasinya pola makan yg teratur, tidak terlalu pedas & puasa ya.. wah boleh di coba

    BalasHapus
  3. Kalo lagi merasa bau mulut, andalanku kumur2 aja pake mouth wash lumayan membantu sih...tp klo berkepanjangan hrs cek dokter ya tktnya mslh pencernaan di dlm tubuh

    BalasHapus
  4. Makanan yang kita konsumsi juga bisa mempengaruhi juga ya, kalau aku memang selalu rajin banyakin asupan air putih dan makanan yang sehat.

    BalasHapus
  5. terutama pas bangun tidur mba hahaa aromanya semriwing :) banyakminum air putih sebenernya bisa juga tp kalau puasa agak repot ya mengakalinya

    BalasHapus
  6. Rajin pakai mouth wash jaman dibehel dan berlanjut sampai pas dilepas kayak sekarang. Emang kalau belum kumur-kumur tuh rasanya ada yang kurang. Sama bener kata ci Winda di atas, banyak minum air putih juga bisa ngilangin bau mulut.

    BalasHapus
  7. Infonya sangat bermanfaat banget mbak, emang bau mulut bikin gak pede dan bisa bikin komunikasi terhambat ya mbak

    BalasHapus
  8. Wah ternyata bawang putih menyebabkan bau mulut yaa. padahal aku suka banget ini, karena segala macam masakan tanpa bawang putih rasanya kurang sedap. mungkin memang harus sering dibilas dengan minum air putih yang banyak yaa agar baunya menghilang. thanks infonya ya Nyi

    BalasHapus
  9. Bener banget nih apalagi biasanya bau mulut itu paling sering muncul pas bangun tidur yaa Kak makanya pas bangun tidur biasanya aku langsung cepet-cepet minum hehe

    BalasHapus
  10. Aku baru tau mba kalao sinusitis juga mempengaruhi bau mulut. Ku pikir hanya ganggu saluran pernapasan aja loh. makasih ya infonya.

    BalasHapus
  11. benar banget ini aku terkadang juga pernah mengalami gangguan bau mulut, baru tau lho kalau mengunyak jeruk nipis bs mengurangi jg ya, infonya keren banget

    BalasHapus
  12. Baru tahu saya mb, salah satu cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya minum air putih, kalau berkumur dan makan sayur/buah sempat dengar. Patut banget ini dijalanin yaa biar terhindar dari bau mulut, kan malu.

    BalasHapus
  13. Betul nih kalo kurang minum pasti bau mulutnya. Makanya kalo bangun tidur tuh bagusnya langsung minum air putih yang banyak ya hehe

    BalasHapus