Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memar Tanpa Sebab Tidak Melulu Penyakit



Memar Tanpa Sebab Tidak Melulu Penyakit - Biasanya memar yang kita alami karena sebuah benturan, yang mengenai pada salah satu bagian pada tubuh kita. Tapi bagaimana kalau badan memar biru tanpa sebab? Saya pernah mengalami kaki memar biru, saat bangun tidur. Tapi waktu dingat-ingat apakah kemarin membentur sesuatu, nyatanya tidak.


memar tanpa sebab pada anak cara mengobati memar tanpa sebab badan memar biru tanpa sebab memar di lutut tanpa sebab kaki memar biru kulit memar merah dan gatal memar tapi tidak sakit penyebab badan biru setelah bangun tidur



Disinyalir dari alodokter dot com, memar tanpa sebab ini terjadi karena pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit pecah. Bisa karena benturan bisa juga karena cedera. Pembuluh darah yang pecah dan bocor ini, melepaskan darah ke lapisan kulit yang akhirnya memunculkan memar biru, atau ungu kehitaman di kulit tubuh seseorang.


Penyebab Munculnya Memar tanpa Sebab


Badan memar biru tanpa sebab bisa terjadi kepada siapapun, tidak mengenal batasan umur. Baik saya, atau ibuk yang sudah sepuh aja sering mengalaminya. Kalau menurut ahli hematologi Amerika, Dana Angelini menyatakan, "Beberapa obat bebas juga dapat meningkatkan kecenderungan untuk memar. Begitu juga resep obat-obatan tertentu. Bahkan suplemen makanan seperti bawang putih, ginseng, dan minyak ikan juga bisa menghambat fungsi trombosit dan menyebabkan memar."


Mari kita ulik penyebab munculnya memar tanpa sebab, karena memar kadang membuat kita khawatir padahal kondisi tersebut tidak melulu karena penyakit. Memar umumnya dapat hilang, tanpa perlu diobati. Nah, ini dia penyebab memar tanpa sebab :


Olahraga Berlebihan


Minggu lalu, saya dan mas suami bersepada sampai 8Km, kita tidak melakukan pemanasan langsung aja bersepeda dengan santai tanpa ada target mau sampai berapa KM. Ternyata bersepeda yang kami lakukan frekuensinya berlebihan, akhirnya otot menjadi kaku dan terasa sakit setelahnya.


memar tanpa sebab pada anak cara mengobati memar tanpa sebab badan memar biru tanpa sebab memar di lutut tanpa sebab kaki memar biru kulit memar merah dan gatal memar tapi tidak sakit penyebab badan biru setelah bangun tidur



Bisa jadi kaki memar biru karena hal tersebut. Awalnya sih nggak ngeh kalau ada lebam itu, ibu yang memperlihatkannya pada saya. "Lho kakimu sampai biru gitu," ucap beliau sore hari ketika saya rebahan di depan televisi. Tips sederhana agar memar cepat sembuh, cukup mengompres memar tersebut dengan es batu. Kalau seringnya sih saya mengalami memar di lutut, karena ngepel menggunakan tangan. Ada yang pernah ngalamin nggak?

Efek Mengonsumsi Obat


Beberapa bulan lalu setelah Emak mertua dirawat di rumah sakit, pagi hari setelah memandikan beliau saya melihat memar di bagian lengannya. Padahal juga tidak jatuh, saya dan suami lantas berdiskusi. Kenapa ya? Ternyata setelah saya mencari tahu, konsumsi obat yang emak minum memicu hal tersebut. Karena emak memiliki riwayat diabetes yang parah, makanya harus meminum obat setiap kali mengeluh pusing dan gula darahnya naik.


Kekurangan Nutrisi


Memar tanpa sebab ini juga merupakan kode lho, jika tubuh kita mengalami kekurangan nutrisi. Karena fungsi dari vitamin sendiri, memberikan pembentukan sel darah merah. Seseorang yang kekurangan vitamin C, biasanya kulitnya mudah memar karena pendukung sistem kekebalan tubuhnya kurang. Tidak hanya vitamin C, tetapi zat besi juga penting untuk tubuh karena membantu menjaga sel-sel darah bisa selalu sehat. Tanpa zat besi yang tercukupi, tubuh kita akan kesulitan mendapat oksigen yang dibutuhkan oleh darah.


memar tanpa sebab pada anak cara mengobati memar tanpa sebab badan memar biru tanpa sebab memar di lutut tanpa sebab kaki memar biru kulit memar merah dan gatal memar tapi tidak sakit penyebab badan biru setelah bangun tidur


Mengalami Kesleo


Beberapa diantara kita pasti pernah yang mengalami kesleo ya kan? Ketika kita kesleo, jaringan pembuluh darah kecil, pada jaringan di dalam daging mengalami kerusakan. Kondisi inilah yang menghasilkan pembengkakan, dan perubahan warna kulit yang kita kenali sebagai memar. Keseleo seringnya menimbulkan nyeri, dan memunculkan memar.


Selain keempat hal di atas, penyebab memar tanpa sebab bisa juga karena faktor usia. Seiring bertambahnya usia, elastisitas seseorang mudah rapuh sehingga dapat memunculkan memar. Ada juga karena menjelang menstruasi, siklus pendarahannya deras bisa menyebabkan jumlah tombosit rendah, bisa juga karena faktor keturunan lain sebagainya. Semoga informasi mengenai, Memar Tanpa Sebab Tidak Melulu Penyakit dapat bermanfaat. Salam.

19 komentar untuk "Memar Tanpa Sebab Tidak Melulu Penyakit"

  1. temanku ada yang sering memar tanpa sebab mbak :( dan pas diperiksa ternyata kena lupus

    BalasHapus
  2. kadang kalo suka tiba tiba memar itu emang suka bikin panik yaa hihi, ternyata ada kemungkinan kekurangan nutrisi yaa, terima kasih infonya yaaa

    BalasHapus
  3. Eh iya loh sk muncul tiba2 memar di kaki. Pdhl ga pernah kejedug ga pernah apa.

    BalasHapus
  4. Ahhh, bener banget nih, Mbak. Ternyata memar tanpa sebab itu emang bisa terjadi. Aku juga pernah ngalamin soalnya. Perasaan nggak jatuh, nggak kesenggol ujung meja, eh tau2 di paha ada memar. Setelah diinget2 ternyata aku abis workout, wkwkwkkk

    BalasHapus
  5. Kalo aku nongol memar biasnaya karena benjol abis gak sengaja membentur sesuatu. emang suka serudukan aku anaknya, ampe diomelin suami wkwkkw

    BalasHapus
  6. memar bisa karena kekurangan nutrisi juga ya kak, aku baru tau. Kadang ngalamin juga memar tapi nggak tau penyebabnya apa:)

    BalasHapus
  7. kalau zaman dulu ada memar yang muncul tiba-tiba itu pasti dibilangnya dicolek jin. haha. ada-ada aja..

    BalasHapus
  8. aku juga harus hati - hati karena seringbangeet nih melihat memar. Harus dicek dengan benar ya

    BalasHapus
  9. Aku pernah nih memat tanpa sebab, padahal kepentok enggak tapi tau-tau memar. Wah ternyata bisa karena olah raga atau kurang nutrisi ya.

    BalasHapus
  10. Ternyata gak melulu tentang penyakit ya. Banyak mitos tentang memar tanpa sebab. Apalagi muncul tiba². Jangan langsung panik ya.

    BalasHapus
  11. Nice imput nih Mba. Karena aku pernah memar tanpa sebab. Sempat parno aku kena diabet ahaha..ternyata bukan berarti penyakit..alhamdulillah

    BalasHapus
  12. saya sering kak tetiba memar biru gitu di paha atau lengan, tapi ga merasa kena benturan atau luka apa-apa sih, kalau diingat-diingat mungkin karena olahraga sih atau kadanga ku abis beberes kamar tuh suka muncul memar biru gitu

    BalasHapus
  13. Biasanya aku kalau pas kecapekan gitu bakalan muncul memar biru di paha. Padahal ya enggak kebentur atau apa gitu, otomatis aja muncul sendiri. kalau dipegang sakit loh itu memarnya.

    BalasHapus
  14. Tbtb memar emang suka bikin panik ni .thankyou sharingnya

    BalasHapus
  15. bener banget nih Aku juga pernah lo dulu itu ngalamin memar tanpa sebab kayak gini Jadi kita harus cari tahu kenapa dan gimana

    BalasHapus
  16. wah ternyata g selalu penyakit yah.. soalnya kan kita kurang tau mikirnya pasti ada sakit hiks eny sering banget lebam

    BalasHapus
  17. Wah baru tau nih. Makasih infonya..

    BalasHapus