Mengenal Kegunaan Kartu Kredit



Mengenal Kegunaan Kartu Kredit - Kartu kredit merupakan alat pembayaran, pengganti uang tunai dengan bentuk kartu dan diterbitkan oleh bank untuk nasabahnya yang memudahkan dalam bertransaksi. Kartu kredit semacam peminjaman uang kepada konsumen, menggunakan kartu tapi tidak bisa diambil dari rekening. Hanya alat bantu yang digunakan, untuk membayar sesuatu. Banyak jasa keuangan yang menerbitkan kartu kredit, seperti MasterCard, VISA dan American Express.

kegunaan kartu kredit kartu kredit online gratis kartu kredit bca kartu kredit mandiri kartu kredit cimb niaga kartu kredit bni pengertian kartu kredit bca kartu kredit bri kartu kredit termurah dan termudah pengajuan kartu kredit apply kartu kredit cara membuat kartu kredit


Di masyarakat kartu kredit bukanlah yang yang baru, karena sebagian orang memang memilikinya terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Traksaksi keuangan di perkotaan, lebih mudah dibandingkan dengan di desa yang masih banyak menggunakan uang cash.

Jenis-jenis Kartu Kredit

Ada dua jenis kartu kredit berdasarkan wilayahnya,  kartu kredit nasional dan kartu kredit internasional.


Kartu kredit nasional adalah jenis kartu kredit yang punya wilayah terbatas, hanya di wilayah tertentu. Biasanya dikeluarkan oleh perusahaan tertentu. Yang dimaksudkan memberikan kemudahan nasabahnya, dalam mealkukan transaksi. Yang termasuk kartu kredit nasional, dikeluarkan oleh beberapa perusahan seperti; Astra Card, Garuda Executive card, Hero Card dan Golden Truly serta masih banyak yang lain.

Kartu kredit internasional, jenis kartu kredit yang bisa digunakan pada transaksi lintas negara. Jadi walaupun kita sedang plesiran ke luar negeri, tetap masih bisa digunakan kartu kredit ini. Tapi yang paling banyak digunakan di dunia, adalah kartu kredit perusahaan terbesar yakni Master Card dan Visa.

kegunaan kartu kredit kartu kredit online gratis kartu kredit bca kartu kredit mandiri kartu kredit cimb niaga kartu kredit bni pengertian kartu kredit bca kartu kredit bri kartu kredit termurah dan termudah pengajuan kartu kredit apply kartu kredit cara membuat kartu kredit


Keuntungan Memiliki kartu kredit termurah dan termudah

Kartu kredit berbeda dengan kartu debit, dalam hal pembayaran misalnya. Kartu debit punya keterbatasan saldo ketika membayar, semantara kartu kredit tidak. Namun keduanya sama-sama memiliki kenyamanan dan kemudahan, sendiri-sendiri. Seringnya sih dapat promo dan cashback, potongan harga dan lain sebagainya. Tapi punya kartu kredit itu keuantungannya sebenarnya apa sih? Ini dia:

  • Memiliki kartu kredit, kita jadi tidak memerlukan uang cash ketika melakukan pembayaran. Kartu kredit, bisa digunakan mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dengan satu tagihan saja. Hemat waktu dan fleksible.
  • Kartu kredit memiliki tingkat keamanan yang tinggi
  • Kartu kredit lebih banyak promonya, diskon dan potongan harga ketika berberlanja
  • Kartu kredit biasanya memiliki asuransi, baik itu kesehatan, perjalanan, pencurian atau kerusakan barang yang dibeli menggunakan kartu kredit tersebut.


Tanggungjawab Pemilik Kartu Kredit

Kalau kenyamanan dan kemudahan telah didapatkan, apa sih tugas dan tanggungjawab seorang pemegang kartu kredit itu? Ini dia beberapa di antaranya:


  • Hati-hati sebagai pemegang kartu kredit, adanya penyalahgunaan ini bisa berakibat tindakan pencurian dan lain sebagainya.
  • Pemegang kartu kredit, bertanggung jawab membagar berbagai macam biaya yang sudah digunakannya. Selain itu, ada biaya keterlambatan pembayaran, biaya penarikan tunai, biaya over limit, biaya iuran tahunan dan berbagai pembiayaan lain yang sudah disepakati.
  • Pemegang juga berhak membayar biaya bunga, misalnya terjadi penunggakan pembayaran atau pembelanjaan yang timbul dikurun waktu tertentu
  • Jika kartu kreditnya hilang atau lupa menaruh dimana, wajib lapor kepada pihak bak penerbit kartu kredit. Karena termasuk berbahaya apabila penyalahgunaan terjadi
  • Pemegang wajib mematuhi kebijakan, yang diterbitkan oleh penerbit kartu kredit.

kegunaan kartu kredit kartu kredit online gratis kartu kredit bca kartu kredit mandiri kartu kredit cimb niaga kartu kredit bni pengertian kartu kredit bca kartu kredit bri kartu kredit termurah dan termudah pengajuan kartu kredit apply kartu kredit cara membuat kartu kredit


Lantas bagaimana Pengajuan kartu kredit online?


Masing-masing penerbit kartu kredit mempunyai kebijakan dalam pengajuan kartu kredit online, ada beberapa syarat yang umum diajukan. Seperti usia minimum pemegang kartu utama, yakni 21 tahun dan minimal penghasilan perbulannya adalah Rp5 juta dan lain sebagainya. Kamu sudah punya kartu kredit atau belum? Sharing, yuk!

23 komentar untuk "Mengenal Kegunaan Kartu Kredit"

  1. aku selama ini nebeng suami aja kalo mau pake kartu kredit. soalnya jarang banget makenya. biasanya buat beli sesuatu tapi ga bawa cash yg cukup :)

    BalasHapus
  2. Yap, CC ini banyaaakkk manfaatnya, terutama kalo hobi traveling overseas.
    Biasanya kalo booking hostel kan diminta pakai CC.
    Yg penting, kudu bijaksana yaaa

    BalasHapus
  3. Kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan. Seperti yang disebutkan di atas. Namun untuk memakainya kita harus tetap hati-hati ya Mbak. Jangan sampai punya nafsu belanja tak terkendali..

    BalasHapus
  4. aku masih takut pake kartu kredit soalnya ngeri klo jd hedon gara2 pke itu. jadi sekarang masih pke cash aja.

    BalasHapus
  5. Punya 1 bijik udah 10 tahun ini, tapi digunain buat keperluan usaha saja. 3 tahun yang lalu ku belajar dan ikutan seminar tentang cc, dan berpeluang buat collab usaha juga. Jadi ga dipake personal buat kebutuhan di kantor saja.

    BalasHapus
  6. Untuk sekarang kubelum butuh CC. Tapi entah nanti. Kudu tanggung jawab pastinya dan punya gaji yang stabil buat nanti bayarnya

    BalasHapus
  7. Lagi masa pandemi covid19 dimana penghasilan berkurang harus pintar2 nyisihin uang buat bayar cc & penggunaannya pun

    BalasHapus
  8. Awal aku kenal CC ini saat ada promo bikin CC yang gratis admin sepanjang masa katanya. Dan kebetulan saat itu butuh CC utk verifikasi paypal, ya sdh nrima tawaran dari CS bank yang nawarin saat aku ke bank. Karena ternyata, kemduian ada adminnya, ya aku mengajukan penutupan CC tersebut.

    Tahun 2019 kemarin dpt tawaran CC lagi, ada promo menarik tanpa admin juga. Dan ndilalh pas saatnya verifikasi paypal lagi (krn ternyata paypal ada pembaharuan utk verifikasi ulang dg menyesuaikan masa berlaku CC yg 5 tahun sekali), ya sdh bikin deh CC lagi. demikian ceritaku ttg kartu kredit, hehehe

    BalasHapus
  9. Suami pegang CC tapi itu fasilitas dari kantor dan untuk keperluan kantor. Untuk punya CC pribadi, kami masih belum memutuskan. Terpikir buat jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendesak. Tapi khawatir jadi konsumtif gara2 trgiur promo :)

    BalasHapus
  10. Aku juga pakai kartu kredit. tapi punya suami sih. fungsinya lebih kepada pinjaman sementara aja, untuk keperluan yg mendesak, bulan depan baru dilunasi supaya tidak ada bunga.

    BalasHapus
  11. Sebenarnya banyak manfaatnya juga kartu kredit ini ya. Tapi kadang penggunanya tidak bijaksana menggunakan, gesek sana sini, akhirnya jebol deh. kelabakan pas harus bayar tagihannya

    BalasHapus
  12. aku termasuk pengguna CC tapi bener-bener aku manage, sebisa mungkin ga pake CC tapi ada beberapa hal yang harus pake CC kayak berlangganan produk google, jaminan hotel kalo pas traveling gitu-gitu sih tapi selagi bisa bayar debit ya pake debit hehehe

    BalasHapus
  13. Dulu pernah punya CC trus kugunting hehe, sekarang lbh milih pakai CC virtual.
    Punya gak punya CC emang sebaiknya mempertimbangkan sering dipakai apa gak, krn kami jarang pakai CC buat transaksi akhirnya cut aja, selain krn khawatir gak tahan godaan limit haha.
    Tapi pernah dulu butuh nyicil sesuatu kami pinjem CC temen.
    Intinya kalau butuh ya gpp punya tapi ya kudu tahan diri jgn ngutang kalau gak penting :D

    BalasHapus
  14. CC dikeluarga kecilku cuma 1 dan yang megang cuma saya. Fungsinya cuma buat berjaga2 dikala butuh dana besar dan kita sdg ga ada uang cash. Tapi tgg jawab bayar sebisa mgkn sebelum jatem jadi ga kena bunga ribanya.

    Bener kalau kita tidak berhati2 dlm penggunaannya yg ada boros banget.

    BalasHapus
  15. Info CC ini perlu banget, hanya orang terdesak yang pakai. Kalau aku belum punya nih. Dulu suami pakai buat kebutuhan beli tiket dinas aja.

    BalasHapus
  16. Baru tahu kalau kartu kredit juga dibedakan berdasar wilayah berlakunya. Belum pernah punya kartu kredit soalnya. Terima kasih infonya..

    BalasHapus
  17. Belum pernah pakai sih secara pribadi, belum berani aja hehe. Mungkin karena saya seneng jajan jadi khawatir kepake beli boba dan kopi, wkwkkw/

    BalasHapus
  18. Aku pernah punya kartu kredit karena fasilitas dari bank terkenal. Tapi nggak aku gunakan, karena takut ngutang, hahaa

    BalasHapus
  19. Punya kartu kredit tuh jadi mendapatkan berbagai macam privelege. Pernah ya mau booking hotel di Bali yang murah itu lho, ternyata syaratnya ya harus punya kartu kredit gitu.

    BalasHapus
  20. Saya belum ada kartu kredit mba, lagipula belum perlu banget, tapi baca info ini nambah wawasan juga. nanti kalo ada yang yang tanya jadi bisa jawab.

    BalasHapus
  21. kalau punya kredit bawaannya ingin belanja2 terus, tapi perlu jg kalau ke luar negeri biar nggak ribet

    BalasHapus
  22. Aku belum punya kartu kredit. Belum berani. Tapi sekarang lebih banyak tahu tentang kartu kredit setelah baca ini. Terimakasih sharingnya.

    BalasHapus
  23. Kartu kredit akan sangat membantu bagi yang paham pada penggunaannya, dan akan terjerumus untuk sebuah ke foya foya am..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Salam!