Bahaya Jamur Kuku dan Pengobatannya Secara Alami



Bahaya Jamur Kuku dan Pengobatannya Secara Alami - Pernah nggak sih kalian nggak sengaja ngeliat kuku seseorang berbeda dari yang kita punya? Maksud saya putih bersih, seperti pada kuku umumnya. Sesekali kita ngeliat kuku seseorang memiliki warna cokelat, ada juga yang kuning tidak lagi pada kondisi putih. Kukunya menebal, retak dan mudah rapuh. Kondisi tersebutlah yang dinamakan, infeksi jamur kuku atau nama latinnya onychomycosis.




Apa sih yang bisa menyebabkan seseorang terkena jamur kuku? Ibu saya juga mengalami demikian, padahal sebelumnya tidak. Beliau terkena cairan pembersih atau sabun yang tidak cocok, ketika membersihkan sesuatu sehingga membuatnya mengalami infeksi jamur kuku.

Tapi selain kondisi yang dialami ibu saya, banyak penyebab lainnya juga lho, ada yang karena cidera, karena mengidap diabetes, karena lingkungan yang lembab yang menyebabkan kondisi kuku tidak terawat dengan baik.

Pencegahan dan Gejala Jamur Kuku


Sebelum itu terjadi, ada baiknya kita menjaga kesehatan kaki dan tangan dengan baik. Terlebih bagi para penderita diabetes, beberapa hal yang harus dilakukan :

  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Rutin memeriksakan kadar gula darah
  • Melakukan olahraga rutin
  • Mencuci tangan dengan sesering mungkin
  • Memotong kuku dengan rata, degnan gunting kuku yang bersih
  • Jangan berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain
  • Jangan bertelanjang kaki di area publik
  • Hindari penggunaan kuku palse atau cat kuku
  • Hindari memakai sepatu usang, jika terpaksa ingin memkai maka gunakan bubuk antijamur ke sepatu yang jarang terpakai tersebut atau taburkan juga disenfektan


Gejala jamur kuku menyerang


Bagaimana seseorang tahu jika dirinya terkena jamur kuku?




  • Apabila kukunya terasa menebal
  • Munculnya bintik hitam pada kuku
  • Kuku jadi gampang rapuh dan berubah jadi kasar
  • Kuku berubah warna dari putih jadi kecokelatan bahkan kehitaman
  • Beberapa kasus menyebabkan bau tak sedap timbul
  • Kuku menebal dan terpisah dari kulit jari tempatnya menempel


Obat Jamur Kuku Secara Alami

Menggunakan Minyak Zaitun

Khasiat minyak zaitu tidak hanya untuk kecantikan saja, tetapi juga untuk mengatasi jamur kuku. Ini karena sifat daun zaitun, yang antijamur dan antimikroba. Cara menggunakannya cukup dioleskan, pada bagan yang mengalami infeksi jamur kuku

Menggunakan bawang putih

Dalam bawang purih terkandung ajoene dan allicin yang memiliki sifat antijamu. Kandungan ini bisa mengobati jamur yang menyerang pada kuku, lakukan rutin dengna cara mencincang bawang lantas di balurkan pada kuku yang menghitam.

Menggunakan bawang putih

Dalam bawang purih terkandung ajoene dan allicin yang memiliki sifat antijamu. Kandungan ini bisa mengobati jamur yang menyerang pada kuku, lakukan rutin dengna cara mencincang bawang lantas di balurkan pada kuku yang menghitam.

Menggunakan cuka apel

Siapa yang menyangka cuka apel ternyata bisa megobati infeksi jamur kuku lho, karenga cuka ini bisa menyeimbangkan pH kulit, yang mana berkhasiat untuk mengobati infeksi jamur kuku. Cuka juga dapat mencegah penyebaran jamur, agar tidak menyerang kuku yang lainnya. Cara termudahnya adalah mencampurkan cuka dengan air hanga. Redam kaki yang terkena infeksi jamur kuku, selamat 20 menit dan lakukan rutin.

Munggunakan baking soda

Bau tak sedap akibat jamur kuku ini bisa dihilangkan menggunakan baking soda. Selain itu juga bisa mengurangi kelembapan pada kuku dan jari-jari, cara penggunaannya buatlah baking soda menjadi pasta lantas dioleskan yang terkena jamur. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal.

Jadi jika mengalami gejala jamur kuku menyerang, segera atasi dengan cara alami. Jika tidak mempan juga, bisa berkonsultasi ke dokter dengan segera. Semoga informasi ini bermanfaat, salam!

Sumber:
halodoc

Tidak ada komentar untuk "Bahaya Jamur Kuku dan Pengobatannya Secara Alami"