MENU

Sabtu, 19 Oktober 2019

Manfaat Buah Salak untuk Kecantikan



Manfaat Buah Salak untuk Kecantikan - Buah salak termasuk buah favorit yang saya sukai, tetapi seringkali beberapa teman mengingatkan bahwa makan buah salak bikin kita jadi sembelit. Alias susah untuk buang air besar, sebenarnya mitos atau fakta sih, hal tersebut? Padahal namanya buah pastilah mengandung banyak nutrisi ya Kan? Yuk cari tahu kebenaran manfaat buah salak.



Banyak orang yang makan buah salak, dengan membuang kulit arinya. Padahal dengan memakan kulit ari buah salak, termasuk mengandung nutrisi dan baik untuk pencernaan. Dalam buah salak terdapat serat yang tinggi dan kandungan tanin, dimana membuat tubuh seseorang dapat melakukan BAB dengan lancar. Bukan sebaliknya,
Tetapi balik lagi ke kitanya, memang suka makan buah salak tanpa ari atau dengan ari.

Khasiat Buah Salak untuk Wanita dan Pria


Masyarakat Eropa dan Amerika, biasanya menyebut buah salak dengan snake fruit karena kulitnya yang bersisik nampak seperti ular. Buah salak memang memiliki bentuk yang unik, ada rasa yang manis dan ada pula yang masam tapi keduanya memiliki gizi yang bagus. Dalam 100 gr buah salak ada kandungan energi 368 kilokalori, sementara proteinnya 0,8 gram, karbohidrat 90,3 miligram dan juga vitamin C 8,4 miligram. Nah yuk, simak manfaat dari buah salak apa saja?
Buah salak sumber antioksidan

Antioksidan memiliki peranan penting untuk mencegah penyakit, yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh seperti kanker, penyakit autoimun dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi buah salak, antioksidan dalam buah salak akan memelihara kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh seseorang.




Buah salak menjaga kesehatan mata

Dalam buah salak ada kandungan betakaroten, yang akan menjaga dan memlihara kesehatan mata kita. Kandungan betakaroten buah salah ini 5,5 kali dari buah mangga dan semangka. Buat yang ingin menjaga kesehatan mata, selain wortel buah salak juga disarankan.


Buah salak mencegah sembelit

Mitos yang tersebar di masyarakat bahwa buah salak itu, membuat seseorang susah buang air besar alias sembelit. Pada kenyataannya kebalikannya, menurut ahli gizi RSUD Soetomo F.X Wahyuri Mitano. Beliau juga menyarankan untuk mengonsumsi kulit arinya sekalian. Karena seratnya justru lebih tingi pada kulit airnya dan kaya akan tanin yang membuat proses pembuangan sisa-sisa makanan berlangsng dengan lancar. Jadi mitos ya teman-teman kalau buah salak membuat seseorang jadi sembelit. Mulai sekarang, jangan takut untuk makan buah salak. (*)


1 komentar :

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!