Selasa, 29 Oktober 2019

Kehilangan Kartu Kredit? Jangan Panik, Ini Hal yang Harus Dilakukan



Dewasa ini, penggunaan kartu kredit seperti sudah mulai meluas, di mana kartu kredit sudah menjadi alat pembayaran yang sangat dibutuhkan saat ini. Bahkan, setiap orang kini sepertinya sudah menggantungkan hidupnya dengan kartu kredit. Namun, bagaimana jika kartu kredit Anda tiba-tiba hilang, dan jatuh ke tangan orang lain? Tak perlu panik, karena Anda hanya cukup lakukan hal ini ketika kehilangan kartu kredit.



Pasalnya, ketika kartu kredit sudah jatuh ke tangan orang yang salah, limit kartu kredit Anda bisa tiba-tiba terkuras. Itu artinya Anda harus menelan kerugian, yakni harus membayar tagihan demi tagihan akibat perbuatan orang tersebut. Belum lagi, jika kehilangan kartu kredit bisa mengakibatnya pencurian data, hingga penyalah gunaan negatif atas nama Anda. Bukan akan menjadi hal yang mengerikan?


Nah, daripada terus membayangkan hal yang tidak-tidak, lebih baik segera lakukan hal berikut ini ketika Anda kehilangan kartu kredit, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Ingat-ingat kembali, kemana saja Anda berpergian dihari itu


Hal pertama yang harus dilakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah jangan panik dan mencoba mengingat ke mana saja Anda pergi seharian tadi. Karena, mungkin kartu kredit Anda jatuh disekitar lokasi yang pernah Anda kunjungi. Mulai dari pertama kali keluar rumah, hingga kembali ke rumah.



Jika perlu, Anda bisa datangi lokasi lokasi-lokasi tersebut sesegera mungkin, karena bisa menjadi peluang besar untuk menemukannya. Sambil jalan, coba Anda perhatikan jalanan, atau ke suatu tempat yang memungkinkan kartu kredit Anda jatuh, ketika sedang mengambil barang lain di dompet, tas, atau di saku celana.

2. Mengingat transaksi terakhir


Hal kedua yang harus dilakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah mengingat transaksi kartu kredit terakhir kalinya. Karena, mungkin bisa saja kartu kredit Anda tertinggal di suatu tempat terakhir kali Anda melakukan transaksi sehingga lupa terbawa ketika selesai melakukan pembayaran.

3. Hubungi bank dan minta untuk memblokir kartu kredit


Jika Anda belum menemukannya juga, untuk hal selanjutnya yang perlu dilakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah menghubungi bank tempat Anda mengajukan. Anda bisa melaporkan berita kehilangan kartu kredit, sehingga bank bisa menindak lanjuti masalah tersebut dan langsung melakukan pemblokiran pada kartu kredit.

Pasalnya, jika kartu kredit Anda tidak juga ditemukan dan tidak langsung diblokir, bisa saja kartu kredit Anda digunakan orang lain yang tidka bertanggung jawab. Sehingga Anda harus menanggung semua tagihannya. Caranya, Anda bisa melaporkan kehilangan kartu kredit tersebut melalui telepon call center bank tersebut, dan Anda tidak perlu mendatangai kantor cabang bank.

4. Ajukan kartu kredit yang baru


Namun, jika kartu kredit Anda benar-benar hilang, tidak ditemukan, atau bahkan sudah diambil orang lain, Anda bisa langsung blokir dan mengajukan kartu kredit yang baru. Anda bisa mengajukan pembuatan kartu kredit baru di bank penerbit lama. Meski sebelumnya sudah pernah membuat kartu kredit di bank tersebut, kemudian hilang, Anda harus tetap mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat-syarat pembuatan kartu kredit.



Namun, untuk prosesnya mungkin tidak lama selama ketika mengajukan kartu kredit pertama kali, apalagi jika Anda melakukan pengajuan kartu kredit di bank yang sama. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda ingin mencoba mengajukan kartu kredit baru di bank lain, sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan.

Untuk melihat perbandingan produk-produk kartu kredit dari semua bank caranya juga sangat mudah. Anda bisa langsung kunjungi situs CekAja.com, di mana nantinya Anda bisa melihat detail produk dan jenis-jenis kartu kredit dari bank-bank yang ada di Indonesia. Bahkan, di CekAja.com, Anda juga bisa langsung mengajukan secara online, kapan saja dan di mana saja loh.

Nah, jika kartu kredit baru pilihan Anda sudah di tangan, diharapkan selalu dijaga dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kasus kehilangan kartu kredit terjadi lagi untuk yang kedua kalinya.

Untuk Informasi lebih lengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi link situsnya saja berikut ini: https://www.cekaja.com/kartu-kredit/


16 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. aku pernah mbak, kecopetan, semuanya hilang, panik tp untung pikiran masih waras, langsung ke bank buat blokir, soalnya kalau mau telp2 ga bisa, hape juga ilang soalnya :( untungnya kartu kreditnya blom sempat diapa2in sama malingnya

    BalasHapus
  3. pernah kehilangan kartu kredit yang diingat adalah menelpon bank dan memblokirnya biar aman, beberapa minggu berikutnya dikirim ulang sama banknya tanpa diminta waktu itu. kalau ingat ini nyesek banget karena waktu itu hilang sama dompetnya semua

    BalasHapus
  4. biasanya kalo aku rada sedikit panik, tapi langsung blokir kartu kreditnya tapi eh pas bersih2 ketemu dianya haha

    BalasHapus
  5. Belum pernah punya cc tapi noted mak nih tipsnya, siapatau nanti ada teman yang butuh saya share ah ke grup kantor.

    BalasHapus
  6. duh jangan sampai deh kejadian kartu kredit ilang. aq pernah ngalamin kartu kredit ketinggalan aja udah ribet banget, punya kartu kredit 1 atau 2 aja juga bisa mengurangi kemunggkinan kartu kredit ilang loh mba krn akan dijagain banget karena kalo ilang gak bisa ngutang lagi kannn... hahaha

    BalasHapus
  7. makasi mba buat tips dan penjelasannya, akan sangat berguna buat yang membutuhkan. Lengkap pula lho infonya

    BalasHapus
  8. yang pertama di lakukan ada baiknya lansgung diblokir dlu aja sih mba keburu dipake buat yg engga engga hehe setelah itu baru yg lain

    BalasHapus
  9. Dulu aku pernah kecopetan dan lgsg blokirin semua kartu. Untung beberapa hari kemudian ada yg nemuin. Mukjizat banget. Ya walo duit tunai sama hp amblas, setidaknya kartu identitas dan lainnya aman

    BalasHapus
  10. Ku pernah nih, kehilangan kartu, lalu minta diblokir ke customer carenya. Eh, nggak lama ketemu kartunya, yang ternyata jatuh dan masuk kolong tempat tidur :(

    BalasHapus
  11. yap langsung hubungi bank dan blokir. suami saya jg sering gitu. beliau suka lupa. ternyata kartunya nyelip di.dompet

    BalasHapus
  12. Ngeri banget kalau sampe ilang terus ditemuin sama orang yang ga baik ya mba :( makanya harus cepat lapor bank juga kalau ilang

    BalasHapus
  13. Emang deh kehilangan kartu kredit tuh panik banget pasalnya banyak tempat belanja yang tidak melihat nama di kartu dan ktp nya, takut jebol.jadi KK nya ya huhu. Thanks sharingnya mba

    BalasHapus
  14. Nah kebetulan nih.. teman aku baru aja mengalami kejadian seperti ini, aku bisa menjadikan blog kamu ini pada dia, sebagai referensi dia ya..

    BalasHapus
  15. Aku sudah lama ngga pakai Kartu kredit mba. Tapi dulu aju tuh panikan kalo KK aku hilang ehehe

    BalasHapus
  16. Belum pernah ngalamin hal ini sih, karena gak punya kartu kredit juga. Tapi pastinya sikap yang Mbak sebutkan di atas juga bisa dipraktikkan saat kita kehilangan kartu yang lain. Intinya harus tetap tenang ya Mbak kalau panik malah bikin keadaan makin runyam.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!