MENU

Selasa, 29 Oktober 2019

Kehilangan Kartu Kredit? Jangan Panik, Ini Hal yang Harus Dilakukan



Dewasa ini, penggunaan kartu kredit seperti sudah mulai meluas, di mana kartu kredit sudah menjadi alat pembayaran yang sangat dibutuhkan saat ini. Bahkan, setiap orang kini sepertinya sudah menggantungkan hidupnya dengan kartu kredit. Namun, bagaimana jika kartu kredit Anda tiba-tiba hilang, dan jatuh ke tangan orang lain? Tak perlu panik, karena Anda hanya cukup lakukan hal ini ketika kehilangan kartu kredit.



Pasalnya, ketika kartu kredit sudah jatuh ke tangan orang yang salah, limit kartu kredit Anda bisa tiba-tiba terkuras. Itu artinya Anda harus menelan kerugian, yakni harus membayar tagihan demi tagihan akibat perbuatan orang tersebut. Belum lagi, jika kehilangan kartu kredit bisa mengakibatnya pencurian data, hingga penyalah gunaan negatif atas nama Anda. Bukan akan menjadi hal yang mengerikan?


Nah, daripada terus membayangkan hal yang tidak-tidak, lebih baik segera lakukan hal berikut ini ketika Anda kehilangan kartu kredit, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Ingat-ingat kembali, kemana saja Anda berpergian dihari itu


Hal pertama yang harus dilakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah jangan panik dan mencoba mengingat ke mana saja Anda pergi seharian tadi. Karena, mungkin kartu kredit Anda jatuh disekitar lokasi yang pernah Anda kunjungi. Mulai dari pertama kali keluar rumah, hingga kembali ke rumah.



Jika perlu, Anda bisa datangi lokasi lokasi-lokasi tersebut sesegera mungkin, karena bisa menjadi peluang besar untuk menemukannya. Sambil jalan, coba Anda perhatikan jalanan, atau ke suatu tempat yang memungkinkan kartu kredit Anda jatuh, ketika sedang mengambil barang lain di dompet, tas, atau di saku celana.

2. Mengingat transaksi terakhir


Hal kedua yang harus dilakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah mengingat transaksi kartu kredit terakhir kalinya. Karena, mungkin bisa saja kartu kredit Anda tertinggal di suatu tempat terakhir kali Anda melakukan transaksi sehingga lupa terbawa ketika selesai melakukan pembayaran.

3. Hubungi bank dan minta untuk memblokir kartu kredit


Jika Anda belum menemukannya juga, untuk hal selanjutnya yang perlu dilakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah menghubungi bank tempat Anda mengajukan. Anda bisa melaporkan berita kehilangan kartu kredit, sehingga bank bisa menindak lanjuti masalah tersebut dan langsung melakukan pemblokiran pada kartu kredit.

Pasalnya, jika kartu kredit Anda tidak juga ditemukan dan tidak langsung diblokir, bisa saja kartu kredit Anda digunakan orang lain yang tidka bertanggung jawab. Sehingga Anda harus menanggung semua tagihannya. Caranya, Anda bisa melaporkan kehilangan kartu kredit tersebut melalui telepon call center bank tersebut, dan Anda tidak perlu mendatangai kantor cabang bank.

4. Ajukan kartu kredit yang baru


Namun, jika kartu kredit Anda benar-benar hilang, tidak ditemukan, atau bahkan sudah diambil orang lain, Anda bisa langsung blokir dan mengajukan kartu kredit yang baru. Anda bisa mengajukan pembuatan kartu kredit baru di bank penerbit lama. Meski sebelumnya sudah pernah membuat kartu kredit di bank tersebut, kemudian hilang, Anda harus tetap mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat-syarat pembuatan kartu kredit.



Namun, untuk prosesnya mungkin tidak lama selama ketika mengajukan kartu kredit pertama kali, apalagi jika Anda melakukan pengajuan kartu kredit di bank yang sama. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda ingin mencoba mengajukan kartu kredit baru di bank lain, sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan.

Untuk melihat perbandingan produk-produk kartu kredit dari semua bank caranya juga sangat mudah. Anda bisa langsung kunjungi situs CekAja.com, di mana nantinya Anda bisa melihat detail produk dan jenis-jenis kartu kredit dari bank-bank yang ada di Indonesia. Bahkan, di CekAja.com, Anda juga bisa langsung mengajukan secara online, kapan saja dan di mana saja loh.

Nah, jika kartu kredit baru pilihan Anda sudah di tangan, diharapkan selalu dijaga dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kasus kehilangan kartu kredit terjadi lagi untuk yang kedua kalinya.

Untuk Informasi lebih lengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi link situsnya saja berikut ini: https://www.cekaja.com/kartu-kredit/


1 komentar :

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!