MENU

Minggu, 14 Juli 2019

Mie So Kuliner Khas Pekalongan


Mie So Kuliner Khas Pekalongan - Ketika kita datang ke suatu kota, pasti kita mencari yang khas dari kota tersebut, iya nggak? Nah kebetulan kemarin sore, saya ada acara ngumpul bersama temen blogger, di tempat Mie So Ina.


mie so pekalongan resep mie so pekalongan miso khas pekalongan resep bumbu mie so pekalongan cara membuat mie so pekalongan miso dengkil kota pekalongan jawa tengah resep miso khas pekalongan miso bu rumah kota pekalongan jawa tengah
Pic by bloggerkendal.com


Mie so merupakan kuliner yang sangat populer di Pekalongan, dan biasanya banyak didapati penjaja makanan mie so ini di daerah Krapyak. Mie so tidak beda jauh dengan bakso, makananya berkuah, segar dan mengandung kaldu sapi yang kental. Bedanya, kalao mie so ini ada remahan kerupuk usek dan cabai utuh di atasnya, serta ada so (kulit melinjo).

Biasanya kalau panas-panas gini, kita kan nyari makanan yang berkuah, nah mie so ini cocok kamu nikmati kalau kamu sudah menginjakan kaki di Pekalongan.

Mie so Pekalongan


mie so pekalongan resep mie so pekalongan miso khas pekalongan resep bumbu mie so pekalongan cara membuat mie so pekalongan miso dengkil kota pekalongan jawa tengah resep miso khas pekalongan miso bu rumah kota pekalongan jawa tengah
Pic by bloggerkendal.com


Awalnya pas tahu di Pekalongan ada makanan khas Mie So, saya langsung penasaran seperti apa bentuknya. Ternyata setelah lihat langsung, eh mie dan so dari kulit melinjo. Kemudian ditambahkan dengan kulit tahu, bakso, dan toping kremesan kerupuk serta cabe setan. Yang saya pesan ini mie so biasa, tapi kalau kamu pengen pesen paket komplit biasanya ada dagingnya, iganya, telur puyuhnya dan penambahan lainnya yang makin mendukung keenakan mie so tersebut. Selain itu ada juga mendoan hangat dan sambel kecap, yang pedesnya nampol. Coba tebak berapa mendoan yang saya habiskan? Saya habis lima mendoan dengan sambelnya yang enak banget hehehe ... apalagi soal harganya yang murah, dijamin kenyang kalo makan di sini.


mie so pekalongan resep mie so pekalongan miso khas pekalongan resep bumbu mie so pekalongan cara membuat mie so pekalongan miso dengkil kota pekalongan jawa tengah resep miso khas pekalongan miso bu rumah kota pekalongan jawa tengah
Henpon Kak Noorma


Soal harga kalau mie so biasa jatuhnya Rp 15.000,- kalau komplit biasanya harganya jadi Rp 25.000,-. Kalau penasaran coba-coba bikin, bisa juga ada resepnya di blog cintapekalongan.com karena blog tersebut mengulas lengkap apa yang ada di Pekalongan. Alhamdulillah kemarin pas ke sini juga ketemu adminnya, siapa tahu kalian pengen kenalan bisa juga ajak dia jadi guidemu selama di Pekalongan.

            Karena ternyata di Pekalongan itu nggak hanya museum batik yang bisa kita kunjungi, tapi kita juga bisa melakukan wisata kuliner, wisata sejarah atau juga wisata alam yang ada di Petungkriyono. Dimana Petungkriyono itu termasuk salah satu hutan paru-paru yang Indonesia punya. Selamat berkunjung ke Pekalongan!


mie so pekalongan resep mie so pekalongan miso khas pekalongan resep bumbu mie so pekalongan cara membuat mie so pekalongan miso dengkil kota pekalongan jawa tengah resep miso khas pekalongan miso bu rumah kota pekalongan jawa tengah
Henpon Kak Noorma yang motret mas Sodiq

 Mie So Bu Ina

Jl. Jlamprang,  Pekalongan, Gang 3

Kota Pekalongan

16 komentar :

  1. Banyak yang mengira So (si Kulit Mlinko) rasanya Pahit, padahal tidak. Sedikit sepat tapi enak untuk dinikmati dengan kuah segarnya.

    BalasHapus
  2. ulala kalau makannya pas cuaca dingin-dingin gitu pas banget mbak
    apalagi orang-orang di rumah nih, pasti pada suka

    BalasHapus
  3. Wooo,,, saya baru denger ada topping semenarik ini, tapi kalo saya lebih memilih pedasnya yang biasa saja, kalo pakai cabe yang terlalu pedas bisa bikin perut jadi sakit euy.

    BalasHapus
  4. Mba Nyi kulineran n pergi terus akpun ngiri tsai senengnya berbagi terus ceritanya jd ikut happy next aku mau bngt explore pekalongan

    BalasHapus
  5. Oh iya ya so itu melinjo. Menarik nih bisa dicoba kalau abis belanja batik di Pekalongan trus kulineran makan mie so

    BalasHapus
  6. Aku pikir dinamai mie so krn mungkin porsi mienya lbh banyak hehe ternyata karena ada melinjonya itu ya. Nyam aku jd pengen makan, apalagi di sjnitlg dingin enak makan beekuah2 gtu

    BalasHapus
  7. Aku Jadi kepengen nyobain mi soe ini sepertinya enaknya dimakan saat udara dingin

    BalasHapus
  8. Belum pernah ngebolang ke pekalongan next time deh dan sekalian kuliner hehehe, sekalian coba mi soe ini

    BalasHapus
  9. Wahh menarik banget kulinernya mba, aku belum pernah main ke Pekalongan. Next main ke sana harus cobain Mi So hihi

    BalasHapus
  10. Selalu suka dengan olahan yang menggunakan mie. Apalagi kalo di rumah. Gak permah ditolak. Kalo kuliner ke daerah. Enak sekali nyobain makanan kayak ini. Ringan dan pasti dilaku lah ama keluarga aku

    BalasHapus
  11. suka bengt makan miso..eh,ini mieso pekalongannya juga terjangkau ya..cuma 15ribu aja

    BalasHapus
  12. issssh lgs pengeeeen :D. pdhl aku sllu lwt pekalongan klo mudik k solo.tp jrg mampir memang.. next ke solo, aku hrs minta pak suami mampirin dulu kesini :D. pgn banget rasain mie so nya, yg komplit :D. mendoan aku jg sukaa bangetttt mbaaa :D. suka ga berasa aja kalo udh makan itu yaaa. tau2 abis banyak ;p

    BalasHapus
  13. Gimana rasa melinjo gabung mie ayam ini ya. Jadi penasan. Kapan2 mesti cobaiin nih atau ku intip resepnya apa ya, biar sekalian praktek. Hehe.

    BalasHapus
  14. Wah pake kulit melinjo gmn rasanya ya ...kyk makan sayuran mungkin y mba .pasti seger deh jadi ngeces nii . Bener cm ada d Pekalongan nii hihihi ngarep ada yg jual d Jakarta

    BalasHapus
  15. Thanks for sharing, sukses terus min..

    BalasHapus
  16. Padahal saya pecinta mi, tapi baru tahu soal mi ini heheheh, kapan kapan kalo mampir ke pekalongan beli ah. Oh ya salam kenal ya saya Ilham dari Bekasi.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!