MENU

Minggu, 28 Juli 2019

Dinkes Lakukan Penyemprotan Dinding Rumah agar Bebas dari Malaria



Dinkes Lakukan Penyemprotan Dinding Rumah agar Bebas dari Malaria - Suara bising yang nggak asing, terdengar mulai mendekat ke arah gang rumah. Saya langsung membangunkan kakak yang tidur di kamar depan, untuk mencari tahu apakah rumah kami ikutan kena penyemprotan dinding rumah. Mengingat rumah kami berada di ujung dekat dengan sawah.


jenis malaria pencegahan malaria malaria vivax penyebab malaria faktor penyebab malaria malaria adalah obat penyakit malaria malaria tropika


Saya mulai merapikan beberapa tempat, juga makanan untuk bisa diselamatkan dari terjangan asapnya penyemprotan. Saya, istri dan kakak ipar langsung gerak cepat mempersiapkan kemungkinan kena semprot. Dua motor di dalam segera di keluarkan, agar penyemprotan dapat dilakukan dengan leluasa.

Beberapa bulan belakangan memang kasus malaria, sedang melanda di tempat tinggal kami. Banyak yang terkena dan terjangkit virusnya. Dalam berita bahkan semakin tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Syukurlah Dinkes segera melakukan indoor residual spraying (IRS).
  

Malaria tidak boleh dianggap sebelah mata




Penyakit malaria bekerja, setelah seseorang terkena gigitan dari nyamuk Anopheles betina. Gigitan tersebut akan membawa parasit plasmodium, mengalir ke dalam aliran darah kita. Parahnya prasit tersebut, sangat cepat berkembang biak dan menyerang sel darah merah manusia. Saya paling takut kalau ada nyamuk yang mengigit, apalagi warnanya yang hitam putih gitu.

Gejalanya sendiri akan terlihat ketika demam menyerang, dua sampai tiga hari dan merasakan nyeri otot yang luar biasa. Sesegera mungkin berobat jika merasakah hal tersebut. Parahnya lagi malaria bisa membuat seseorang akan susah bernapas, bisa hilang kesadaran, syok sampai kegagalan jantung, otak dan paru-paru. Malaria memang tidak boleh dianggap sebelah mata, dari jaman saya kecil sampai sudah menikah virus malaria memang harus segera dibabat tuntas.

jenis malaria pencegahan malaria malaria vivax penyebab malaria faktor penyebab malaria malaria adalah obat penyakit malaria malaria tropika


Setelah penyemprotan dinding rumah selesai dilakukan oleh petugas, kami bertiga langsung gerak cepat membersihkan sampah-sampah dan menyapu halaman agar sekalian bersihnya. Di depan rumah saya kebetulan, ada tempat pembuangan sampah yang kadang jarang di bakar. Daripada menyebabkan penyakit dan lalat berjangkit saya dan kakak ipar membakarnya dengan segera untuk menjaga lingkungan tetap sehat.



Belajar mencegah malaria sedini mungkin

Himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan, sering diberitakan dan diinformasikan kepada masyarakat. Baik melalui media online ataupun juga lewat rapat RT. Pencegahan 3M sampai sekarang masih teriang jelas. Menguras dan membersihkan bak mandi dengan rutin, menutup atau menyingkirkan genangan air yang bisa membuat sarang jentik nyamuk dan yang terakhir adalah menabur bubuk abate di kolam yang ada airnya.

Karena semuanya memang sebenarnya berawal dari diri sendiri. Hal lain yang harus diperhatikan betul adalah sebagai berikut, semoga sedikit membantu untuk terus menjaga lingkungan bersama :

jenis malaria pencegahan malaria malaria vivax penyebab malaria faktor penyebab malaria malaria adalah obat penyakit malaria malaria tropika



·       Menghindari kebiasaan menggantun baju di kamar. Baik di belakang kamar tidur, atau juga di kamar mandi

·       Pada saat beraktivitas, usahakan menggunakan baju yang panjang agar nyamuk tidak dapat menyerang dengan seenaknya

·       Kalau alergi dengan asap obat nyamuk, bisa menggunakan lotion nyamuk yang mengandung DEET/diethyltoluamide

Semoga Penyemprotan Dinding Rumah agar Bebas dari Malaria, rutin dilakukan di seluruh Indonesia agar masyarakat tetap terjaga kesehatannya. Kita sendiri juga harus menyadari, masalah kesehatan biasanya timbul karena kita tidak menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dari hal kecil membuang sampah pada tempatnya, adalah hal yang paling sederhana.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!