MENU

Selasa, 25 Juni 2019

Singgah Sejenak ke Stasiun Jakarta Kota



Singgah Sejenak ke Stasiun Jakarta Kota - Maaf katrok, tapi jujur saya takjub dengan kemegahan di dalam Stasiun Jakarta Kota, yang kali pertama saya singgahi. Dari awal saya yakin, jika Stasiun yang awalnya bernama asli Batavia-benedenstad ini sudah menjadi cagar budaya yang dimiliki Jakarta.


rute stasiun jakarta kota jadwal stasiun kota jakarta jadwal krl stasiun jakarta kota stasiun jakarta kota ke kota tua stasiun jatinegara stasiun jakarta kota kota jakarta barat stasiun manggarai stasiun pasar senen


JAKK (Stasiun Jakarta Kota) mempunyai kelas besar tipe A, yang letaknya tidak jauh dari kawasan Kota Tua, Jakarta. JAKK juga menjadi stasiun terbesar yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).


Sejarah Stasiun Jakarta Kota


Sebelum beralih fungsi, daulu Stasiun Jakarta Kota, adalah stasiun televisi suasta. Pantas saja besarnya luar biasa, dan model kubah atasnya itu lho keren! Saya mendongak berkali-kali karena sukanya, melengkuh panjang dan besar arsitekturnya. Stasiun Jakarta Kota juga memiliki banyak versi nama, ada Batavia Zuid, stasiun Beos, dan lain sebagainya sampai akhirnya menjadi JAKK.




Kemegahan arsitektur Stasiun Jakarta Kota, bisa kita nikmati akrena seorang arsitek Belanda, tetapi kelahiran Tulungagung Jawa Timur, Frans Johan Louwrens Ghijseles dengan beebrapa temannya yang berhasil menamatkan pendidikan arsitektur di Delft (Holland Selatan).

Entah kenapa saya selalu takjub dengan bangunan-bangunan kuno, semacam peninggalan Belanda Stasiun Jakarta Kota. Seperti magis, yang kemudian saya membayangkan kejadian sebelum masa sekarang. Bangunan yang sudah tahunan ini tetap awet. Yang Wikipedia bilang, bahwa Stasiun Jakarta Kota merupakan teknik modern barat berpadu dengan tradisional setempat. Sederhana tetapi bercita rasa tinggi, pas dengan filosofi Yunani Kuno, 'Kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju kecantikan'.


rute stasiun jakarta kota jadwal stasiun kota jakarta jadwal krl stasiun jakarta kota stasiun jakarta kota ke kota tua stasiun jatinegara stasiun jakarta kota kota jakarta barat stasiun manggarai stasiun pasar senen


Setelah sebelumnya menyempatkan diri main ke Kota Tua Jakarta, melipir menuju  Stasiun Jakarta Kota kemudian akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Bogor. Terima kasih untuk yang telah menemani perjalanan, Kak Tery, Mas Dedy dan bunda Triana. Semoga kisah ini menjadi suatu cerita indah, yang bisa terus saya kenang. Bahwa memiliki sahabat seperti kalian, anugerah tak terkira dari Tuhan.




Jika ada yang bilang menemukan sahabat yang baik seperti mencari jarm di dalam jerami, sulit ditemukan dan orang ang menemukan adalah orang yang beruntung. Mungkin itu termasuk saya, menemukan orang yang tepat untuk mendukung langkah perjalanan kehidupan. Saya tidak bisa berkata apa-apa, selain terima kasih dan terima kasih telah menyempatkan waktu dan tenaganya.

Stasiun Jakarta Kota

Alamat: Jakan Lada, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, 11110


1 komentar :

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!