MENU

Senin, 03 Juni 2019

Manfaat Terapi Ikan Garra Rufa untuk Kesehatan



Manfaat Terapi Ikan Garra Rufa untuk Kesehatan - Dalam sebuah acara workshop di Weleri, dimana pematerinya dari komunitas yang saya bergabung di dalamnya mengantarkan saya dengan tidak sengaja di kolam tempat terapi ikan.  Karena menunggu antrian sholat di mushola, saya melipir di sebelah tempat wudhu, beberapa orang berkumpul mengelilingi kolam. Pas ngeliat, eh ternyata sedang melakukan terapi ikan di situ.


tempat terapi ikan terapi ikan terdekat tempat terapi ikan terdekat berapa lama terapi ikan gambar ikan terapi terapi ikan di mall jakarta terapi ikan piranha makanan ikan terapi


Karena baru pertama kali mencoba, agak takut sebenarnya tapi berhubung teman saya bilang nggak sakit baru deh berani. Pertama nyeburin kaki satu dulu, baru deh baru berani keduanya dimasukin. Geli dan cenat-cenut rasanya. Namun, katanya dalam dunia medis, metode spa ikan ini bisa menjadi pengobatan untuk tubuh.

Namanya ikan Garra Rufa

"Kok kakimu banyak ikan yang gigitin sih!" Teriak teman saya sebal, melihat kedua kaki saya yang banyak dikerubutin ikan.

"Mungkin kaki saya bau kali ya? Jadi ikannya demen, hahaha ..." Balas saya menghibur, melihat kekecewaan tersirat di wajahnya. Sementara pengunjung lain yang melakukan hal sama, ikut menimpali dan menggodanya.


Penasaran dengan nama ikan tersebut, akhirnya saya membaca informasi yang tertera. Jadi namanya ikan Garra Rufa, dimana sering dijuluki sebagai 'ikan dokter', mungkin karena bisa menyembuhkan kaki kita dari sel kulit mati. Bentuknya kecil dan berwarna hitam. Menurut wikipedia sendiri, Garra Rufa sering dijumpai di daerah spa Turki. Ikan dokter ini akan menggigit, lebih tepatnya memakan kulit pasien yang terkena penyakit Psoriasis (Kulit bersisik).


tempat terapi ikan terapi ikan terdekat tempat terapi ikan terdekat berapa lama terapi ikan gambar ikan terapi terapi ikan di mall jakarta terapi ikan piranha makanan ikan terapi


Manfaat terapi ikan untuk kesehatan


Berapa lama terapi ikan yang saya lakukan, kurang lebih ada 10 menitan saja sih tidak lama karena harus berlanjut mengikuti acara lagi. Tapi cukup menyenangkan tahu rasanya, dan nggak penasaran lagi jadinya. Sering menonton berita atau liputan soal terapi ikan ini di TV, eh baru kali ini tahu rasanya bagaimana. Manfaatnya sendiri terapi ikan untuk kesehatan apa sih, yuk kita ulik lebih jauh:

Dapat menghilangkan kulit yang mati

Nggak nyangka ternyata ikan yang mendapat julukan ikan pengigit ini, memakan sel kulit kaki yang melakukan terapi. Memang sih area kaki termasuk area yang sering terkena air dan kulit gampang sekali berganti. Melakukan terapi ikan, akan membuat kulit kaki jauh lebih sehat dan bersih.

Dapat membuat tubuh menjadi rileks

Rutinitas yang dilakukan sehari-hari, bisa membuat seseorang merasakan jenuh, bosan dan bisa saja menjadi stres. Dengan melaksanakan terapi ikan di akhir pekan, merupakan solusi tepat soalnya gigitan dari ikan dokter ini membuat badan merasakan rileks dan geli luar biasa. Syaraf-syaraf di wajah tidak lagi tegang, mengendur dan bahkan kegelian tersebut membuat kita tertawa lepas.

tempat terapi ikan terapi ikan terdekat tempat terapi ikan terdekat berapa lama terapi ikan gambar ikan terapi terapi ikan di mall jakarta terapi ikan piranha makanan ikan terapi


Dapat menghilangkan bakteri di kaki

Setiap hari kaki kita menggunakan alas kaki, entah itu sepatu atau sandal. Bakteri sering muncul di tempat-tempat lembab, termasuk di kaki kita yang terbungkus kaos kaki. Masalah kesehatan juga bisa timbul lho gaes, dari sini. Entah itu bau kaki atau gatal-gatal. Terapi ikan, bisa membuat kita menjadi bebas dari bakteri. Karena ikan Garra Rufa yang akan mengigiti bakteri yang terselip di pori-pori kaki.

Selain manfaat tiga hal di atas, terapi ikan juga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Membuat sel baru tumbuh dan gatal-gatal menjadi hilang. Meski begitu ada pro dan kontra juga mengenai terapi ikan ini, ada yang bilang juga bisa mematahkan kuku kaki atau infeksi bakteri. Tapi nyatanya masih banyak yang sering melakukannya, dan banyak dibuka tempat terapi ikan terdekat. Kalian sudah pernah merasakan terapi ikan? Share yuk.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!