MENU

Selasa, 30 April 2019

Tips Untuk Beburu Beasiswa

Tips Untuk Beburu Beasiswa - Peluang untuk mendapatkan beasiswa sebenarnya banyak sekali, bahkan bisa dibilang bermaam-macam. Sebagai pemburu beasiswa, tentunya kamu akan bersaing dengan ribuan orang yang punya keinginan sama untuk mendapatkan beasiswa. Memang setiap pemburu beasiswa memiliki pertimbangan masing-masing dalam mencari beasiswa tersebut. Yang terpenting jangan sampai apa yang kamu lakukan ini hanya membuang waktu dan menghabiskan banyak biaya tanpa menghasilkan sesuatu.

Untuk kuliah pakai beasiswa sebenarnya bukan hal langka. Itu karena peluang yang terbuka banyak sekali. Bisa jadi kamu hanyalah satu dari sekian dari ...


Dalam berburu beasiswa, berani saja tidak cukup. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan agar yang kamu lakukan ini memberikan dampak yang baik untuk diri kamu.




Menangkap Peluang

Banyaknya kursi yang disediakan menjadi pertimbangan penting untuk kamu mendapatkan beasiswa. Namun hal lain yang harus dipertimbangkan adalah peluang kamu. Jika misal ada 20 kursi beasiswa dan ada sekitar 100 peserta yang berburu kursi beasiswa, makan kesempatannya cukup kecil buat kamu jika kamu jauh dari kandidat yang diharapkan.


Untuk kuliah pakai beasiswa sebenarnya bukan hal langka. Itu karena peluang yang terbuka banyak sekali. Bisa jadi kamu hanyalah satu dari sekian dari ...


Jadi selain melihat banyaknya pesaing, kamu juga harus mengidentifikasi apakah kamu sudah masuk dalam kretiria yang mereka inginkan.

Memantaskan Diri

Apa sih yang kamu pikirkan saat kamu gagal dalam meraih beasiswa? Munugkin kamu down, frustasi sejenak karena kamu sudah berusaha keras atau marah. Namun Jawaban klasik untuk hal ini biasanya karena kamu belum pantas untuk mendapatknnya. Selain faktor dari kamu si pemburu beasiswa, kamu tidak boleh lupa bahwa ada faktor dari penyedia beasiswa. Berburu beasiswa layaknya mencari jodoh. Ada dua belah bihak yang saling berkaitan. Kalau kita mau dan mampu tapi penyedia beasiswa tidak memilih kita apa mau dikata.

Pantas disini, kamu perku riset dan memahami si penyedia beasiswa. Misal Pihak "A" menghendaki kriteria yang seperti apa. Keteria yang biasanya masuk disana seperti apa. Preferensi yang diberikan seerti apa. Jika itu bisa diketahui, insya Allah kamu bisa menentukan apakah kamu sudah antas atau belum. Kalau kamu memang berniat untuk masuk ke sana, maka pantaskan dulu dirimu dan lajutkan.


Siakan Aplikasi Terbaikmu

Jika peluang, kepantasan kamu rasa sudah cukup. Kamu perlu menyiapkan jurus ampun yang satu ini. Siapkan Aplikasi terbaikmu untuk mendapatkan beasiswa. Sebelum orang lain menimbang aplikasimu, coba timbang terlebih dahulu. Sudahkah memenuhi kriteria? Pastikan aplikasi yang kamu ajukan lain dari yang lain atau diatas harapan dari panelis. Jadi, buatkah aplikasi yang berkualitas.

berkualitas itu tidah karus sempurna, namun ada anyak faktor yang mempengaruhi. Jika panelis mengharapkan sesuatu yang istimewa, muatlah aplikasi yang diatas rata rata, atau dimana itu adalah titik terbaik yang kamu buat. Buat hal lebih yang bisa kamu lakukan dalam aplikasimu. misalnya membuat aplikasi beasiswa yang bisa menggugah hati panelis.


Untuk kuliah pakai beasiswa sebenarnya bukan hal langka. Itu karena peluang yang terbuka banyak sekali. Bisa jadi kamu hanyalah satu dari sekian dari ...


Untuk membuat dokumen aplikasi yang istimewa, kamu bisa melakukan berbagai macam riset untuk membuat yang terbaik, kamu juga bisa meminta masukan dari gurumu atau profesormu terlebih dahulu. Tak perlu malu bertanya, karena dari situ kamu bisa mendapatkan masukan untuk hasil terbaikmu.

Tiap pemberi beasiswa memiliki pakemnya masing-masing. Anggaplah beasiswa untuk belajar di Universitas, maka paling tidak, mereka akan melihat dari latar belakang pendidikan, Kiprah kamu sebelumnya dan lain sebagainya, meski itu bukanlah hal penentu jika aplikasi yang kamu berikan merupakan aplikasi terbaik yang mereka cari. Atau kalau yang disediakan adalah beasiswa yang disediakan adalah beasiswa untuk keluarga kurang mampu, makan mereka akan latar belakang ekonomi akan sangat mempengaruhi. Jadi ketahui dulu apakah aplikasi yang kamu siapkan sudah cocok atau belum.


Mendaftar ke Banyak Beasiswa Sekaligus

Pada beberapa kasus cara ini bisa dibilang ampuh, Seperti Maudy Ayunda yang bingung mau di Havard atau Standford misalnya. Dengan menyebarkan dokumen aplikasi ke banyak penjuru, kemungkinan di terima akan lebig besar. Seperti menebar kan Jaring, kita bisa mendapatan kemungkinan berhasil yang lebih banyak. Ada banyak situs yang menyediakan informasi doal penyedia beasiswa. kamu bisa mulai dari situ. Memang beberapa penyedia beasiswa lebig spesifik tentang kriteria yang mereka inginkan. Namun tidak ada salahnya untuk berusaha.

Buat beberapa aplikasi sekaligus, sesuaikan dengan ketentuan dan persyaratan yang diminta oleh penyedia beasiswa. Namun tetap dengan syarat aplikasi yang kamu ajukan ini bukan asal asalan, harus tetap berkualitas.

Proaktif Mencari Informasi

Malu bertanya sesat di jalan. Selaik kamu bertanya ke orang-orang terdekat kamu, cara lainnya juga perlu kamu lakukan. Bertanya kepada penyedia beasiswa tetang tips-tips beasiswa mereka adalah hal bisa kamu lakukan. Tak perlu ragu, coba tanyakan apa point penting yang mereka inginkan pada dokumen aplikasi yang diajukan. Dari situ kamu akan mendapatkan petunjuk tentang kriteria yang mereka harapkan.

Belajar ke alumni juga bisa menjadi hal ampuh agar kamu bisa mendapatkan beasiswa. Cari tau dari mereka apa yang membuat mereka bisa mendapatkan beasiswa. Pahami tips dan triknya. Dari situ kamu akan lebih bisa memahami tentang aplikasi apa yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan beasiswa. Untuk mendukung kegiatan dalam melakukan pendidikan, bisa juga kalian mencari referensi barang di Iprice, untuk melakukan perbandingan. Siapa tahu ada yang memiliki budget terbatas, jadi bisa terbantukan dengan adanya perbandingan harga di Iprice. Semoga membantu, dan segera mendapatkan beasiswa.


Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa. Selebihnya, tetap berserah kepada yang kuasa. Karena Allah lah yang Maha Pemberi Rezeki. Semoga berhasil dengan apa yang kamu upayakan dan tetaplah rendah hati.

15 komentar :

  1. Wihihihi, benerrr banget ini tips2nya
    Siap dipraktikkan buat para pemburu beasiswa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Kalau dari pengalaman tetangga saya, mencari informasi memang harus getol banget, selain mempersiapkan dokumen-dokumen yang dirasa penting. Selain Usaha, Sabar, Doa pun penting :D

    BalasHapus
  3. kalau aku dulu kayaknya kurang memantaskan diri
    jadi ga dapat beasiswa
    aih..kasihan
    mungkin nanti kali ya

    memantaskan diri dulu

    BalasHapus
  4. Bener yaa kalau ada beasiswa ini emang membantu banget yah.. Dan bisa harus cari informasi yang getol juga

    BalasHapus
  5. Aku lagi suruh anakku juga nih cari2 beasiswa secara nilai ipknya baik. Kan bukan hanya perkara terbantu biaya tapi kalau bisa sekolah di negara lain kan baik buat mental pergaulannya kelak.

    BalasHapus
  6. Setuju bngt ...kalau mau dapet beasiswa harus rajin rajin cr informasi ya . Yg pasti semangat jngn patah kalau gagal sekali ,siapa tau d tempat lain dapat

    BalasHapus
  7. Ah sennagnya bisa apply beasiswa.Kalau seumurku sekarang kyknya agak susah kecuali aku dosen atau ASN kyknya :D
    Moga2 kelak anak2 bis albh baik dr ibunya jd bisa dapat beasiswa :D

    BalasHapus
  8. Salut deh buat para pemburu beasiswa yang pintar pintar semoga ilmunya bermanfaat untuk negeri ini

    BalasHapus
  9. Kalo mau beasiswa emang kudu rajin cari informasi dan ilmunya nanti insyallah bermanfaat

    BalasHapus
  10. Tipsnya berguna sekali untuk para pemburu beasiswa ke luar negeri ya mbak

    BalasHapus
  11. Benar banget nih, solanya kadang2 ada beasiswa yang masih belum banyak pesertanya. Bisa jadi peluang itu

    BalasHapus
  12. waa menariik. Anak aku lagi gencar ikutan beasiswa. kemarin sempat ikut yang dari medcom tapi gagal di ujung. Gapapalah namanya juga usaha ya

    BalasHapus
  13. Wajib banget nih mbak ya yang poin terakhir: proaktif. Kadang peminay beasiswa nih lupa baca sampe ke dalem-dalemnya. Harusnya cari tau sampe ke akarnya bila perlu.

    BalasHapus
  14. Iya,
    Proaktif mencari info ini yang harus dilakukan demi mendapatkan beasiswa yang sesuai kemampuan dan harapan.

    Karena beberapa beasiswa menuntut feedback setrlah pembiayaan pendidikan selesai.

    BalasHapus
  15. Salam kunjungan dan follow sini :)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!