MENU

Jumat, 25 Januari 2019

Berikut Ini Fakta-fakta Tentang Debat Pilpres 2019



Berikut Ini Fakta-fakta Tentang Debat Pilpres 2019 – Pemilu sebentar lagi diselenggarakan serentak, di tahun 2019 ini, adalah pemilihan calon presiden dan wakil presiden. Tentunya masing-masing kandidat akan beradu visi dan misi yang akan dilaksanakan jika kandidat tersebut terpilih, sehingga para kandidat harus bekerja keras untuk menyampaikan visi-misi untuk meyakinkan masyarakat. Pada nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’aruf Amin, dan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno akan beradu gagasan. Selain itu juga, para kandidat akan melaksanakan debat pilpres 2019 pertama sudah diselenggarakan pada Kamis (17/1/19) pada pukul 19.00 WIB. Nah, kalau ke skip terlewat menonton, kalaian juga bisa baca beberapa fakta-fakta tentang debat capres 2019 menurut beritapilpres 2019:


debat pilpres debat pilpres 2019 debat pilpres kedua debat pilpres 2018 debat pilpres 2014 debat pilpres diwakili timses debat pilpres kapan debat pilpres pertama debat pilpres jadwal debat pilpres 2004 debat pilpres bahasa inggris debat pilpres 2019 kapan debat capres 2009 debat pilpres 2019 youtube debat pilpres di kampus debat pilpres 2019 pertama debat pilpres 2019 terbaru debat pilpres terbaru debat pilpres 2019 ilc debat pilpres amerika debat pilpres bahasa arab acara debat pilpres 2019
pic by google.co.id


Disiarkan Sejumlah Stasiun TV

Pada debat pemilu ini, sudah disiarkan secara langsung dan live streaming di sejumlah televisi nasional seperti Trans7, Kompas TV, TVRI, RTV, TVOne dan sebagainya. Pada debat ini juga akan dibagi menjadi enam segmen, segmen yang satu dan enam akan menjadi sesi pembacaan visi – misi dan closing statement. Dan di dua segmen awal dalam debat merupakan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh para panelis, dan biasanya para kandidat hanya perlu menjawab pertanyaan tersebut tanpa perlu berasu argumen dengan kandidat lawan. Tetapi, kesempatan untuk beradu argumen disediakan sejak segmen ke dua. Setelah kandidat A menjawab pertanyaan dari moderator, kandidat B boleh menanggapinya. Kemudian kandidat A boleh menanggapi lagi komentar dari kandidat B, hal ini berlaku sebaliknya. Dengan begitu pada segmen ke empat dan ke lima, ada dua argumen yang masing-masing kandidat akan saling melempar pertanyaan yang bisa mereka tanggapi lagi.


Tema Debat Berbeda-beda


Debat pertama yang dilakukan pada tanggal 17 Januari 2019 pada pukul 19.00 WIB di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Pada debat yang pertama ini, mempunyai tema seputar huku, HAM, anti-korupsi, dan terorismeyang akan ditayangkan langsung dan live streaming di Kompas TV, TVRI, RRI,dan RTV, yang akan diikuti pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.
Pada debat kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Pada tema debat yang kedua ini akan bertema tentang energi, pangan, insfrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Yang akan ditayangkan langsung dan live streaming dari RCTI, GTV, MNCTV, dan Inews TV yang diikuti calon presiden.

Debat ketiga akan berlangsung pada tanggal 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Pada debat ketiga ini akan membahas tentang pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Yang akan diikuti calon wakil presiden, dan akan ditanyangkan di Trans TV, Trans &, dan CNN Indonesia.


Pic by stencil edited by me


Debat keempat berlangsung pada tanggal 30 Maret 2019 yang dilaksanakan di Balai Sudirman, Tebet. Yang bertemakan tentang ideologi, pemerintahan keamanan, serta hubungan internasional. Debat yang keempat ini akan di tayangkan di Metro TV, SCTV, dan Indosiar.
Debat Kelima dilaksanakan di Hotel Bidakara, tetapi untuk debat yang kelima ini belum ditentukan waktunya. Pada debat kelima ini betema tentang ekonomi dan kesejahteraansosial, keuangan, investasi, serta industri. Debat kelima ini akan disiarkan di TvOne, ABTV, Berita Satu TV, dan NET TV.


Moderator


Untuk moderatornya, pada debat yang pertama akan dibawkan oleh Ira Koesno dan Imam Priyono. Kedua moderator ini merupakan mantan presenter televisi, Ira dan Imam juga memastikan akan bersikap netral terhadap kedua paslon. Sementara itu, untuk moderator debat kedua hingga kelima belum diumumkan.

Sekian informasi soal, Fakta-fakta Tentang Debat Pilpres 2019 semoga dapat memberikan sedikit gambaran. Dan sudah siapkah kita menonton debat part keduanya? Semoga Indonesia ke depannya semakin membaik lagi, aamiin.


26 komentar :

  1. Kyakanya debat kemarin itu hampir semua televisi nasional menayangkan bukan sih? Seru juga lihat para orang pinter saling beradu pendapat. Daripada hanya mendengarkan omongan ahli politik :D

    BalasHapus
  2. Wah, kalo ngomongin soal debat mendebat mah saya angkat tangan deh. Apalagi kalo debat pilpres. Soalnya ada juga ya orang yg gak pinter bicara tapi aslinya pinter dan baik. Paling ngamatin aja visi misinya, hehe

    BalasHapus
  3. Hi blogger kendal, saya juga dari kendal hehe salam kenal ya. Terimakasih untuk informasinya. Debate pilpres kemaren Keren yah bisa lihat orang-orang penting beradu argument hehe

    BalasHapus
  4. Fakta lainnya, saya tidak mengikuti debat ini. Hahaha... Kenapa acaranya 'debat' ya..? Jadi makin meruncingkan persaingan 2 kubu ya..

    BalasHapus
  5. Gak nonton debat yg kemarin, gak ngerti politik, hihihih. Saya cuma berharap, siapa pun nanti yg akan menang, itulah yg terbaik pilihan Indonesia dan mereka yg menang bisa mempertanggungjawabkan segala janji, visi misi mereka selama kampanye *sokbijakini, hihihih

    BalasHapus
  6. Aku gak nonton nih sibuk ngurus baby, dan agak bosen juga kalau debatnya hanya untuk saling menunjukkan emosi jiwa masing-masing wkwkkw. Dari kome di fb sih katanya lucu, entah lucu dari sisi yang mana

    BalasHapus
  7. Pas debat pertama kemarin aku semangat mau nonton mbak, eh giliran sampai segmen ketiga malah molor. Hahaha. Nanti yang kedua insya Allah bakalan nonton.

    BalasHapus
  8. Fakta yg paling jelas adalah Ina Krusno awet muda. Fakta yg lebih jelas ada yg lihat contekan heu..

    BalasHapus
  9. Btw aku ga nonton debat pilpres nya mba, di YT adakah? Hehee tapi aku tau presenternya itu, cantik

    BalasHapus
  10. Aduhh aku ndak ikutin waktu debat mba, baca disosmed aja rame banget.. Yang terbaik untuk Indonesia

    BalasHapus
  11. Saya menyimak debatnya lewat social media. Waktu itu berhalangan menonton. Rame juga membaca dari sociam media

    BalasHapus
  12. sayangnya aku kelewatan mba nontonnya padahal udah pasang alarm, hiksss.. karena beda banget klo cuman nonton siaran ulang atau ulasan sekalipun..... semoga debat ini bisa bermanfaat bagi teman-teman seperti saya yang belum memutuskan milih yang mana...

    BalasHapus
  13. Aku lagi pergi waktu acara debat. Lagi pula suami nggak suka lihat orang debat meski itu calon presiden, hahahaa

    BalasHapus
  14. Ndak minat nonton debat sayanya mah. Malas saja lihat orang berdebat gitu, dipikiran saya emak jadul ini, debat itu sama saja dengan bertengkar hehehe...saya aja kale yang lebay.

    BalasHapus
  15. Saya nonton tapi nggak begitu menyimak banget. Disambi aktivitas lain. Dan setelah acara itu, nggak berminat juga untuk cek media sosial karena khawatir suasana hati jadi ketularan jelek. Biasa kan, warganet pasti pada heboh saling sindir, nyinyir, dsb. :(

    BalasHapus
  16. Mudah2an nanti Hari Hnya sujses until pemilunya y tdk Ada yg curang allg pakai politik uang

    BalasHapus
  17. Debat pilpres ya mb
    Deuh bikin pening kalau lihat teman2 ikutan debat juga yg notabene enggak ad ujung pangkalny huhuhu sedih
    Moga2 april segera datang dan berlalu wkk

    BalasHapus
  18. Aku ga berani nonton, Nyi.
    Gak tau kenapa...nanti kalau nonton, pasti bawaannya nyinyir.
    Padahal kaan...aku gak paham ilmu politik.

    BalasHapus
  19. Aku gak sempat nonton kemarin waktu ada cara debat calon presiden, waktunya malam juga lg nemenin anak-anak.

    BalasHapus
  20. Debat Pipres tema Ham itu keren banget apalagi ada adegan Pak Prabowo Joged bikin mupeng salut sama acaranya semoga gak ada kisi-kisi lagi tentang debat

    BalasHapus
  21. Aku jujur gak kepengen nonton debat ini. Hehehe... aku dek-dekan. Aku cuma berani baca aja beritanya besoknya di media onlien. :)))

    BalasHapus
  22. Sebenarnya penting juga untuk menonton debal pilpres gini agar tau kualitas masing2 calon. Agar tidak membeli kucing dalam karung. Tapi entah mengapa ya trus bawaannya jadi down banget malahan kalau nonton debat ketika auranya udah mulai saling serang. Aku takuuuttt....

    BalasHapus
  23. Semoha debat.pilpres ke dua gak kaya krmaren ya Nyi. Banyak menuai kritik

    BalasHapus
  24. Terus terang yg kmrn kurang berasa greget, moga yang kedua lebih baik lagi :D
    Beneran gak sih kmrn itu udah dikasi kisi2 duluan? Eh gak tau sih haha, aku baca2 aja di medsos :P
    Moga debat2 berikutnya makin baik, gak sabar nonton :D

    BalasHapus
  25. Aku juga selalu mengikuti mbaa..sejak dari Tahan 2014..plus di Amerika Serikat yang asli seruuu banget!

    BalasHapus
  26. Saya nggak nonton debat pilpres kemarin tapi sepertinya debat pilpres memberikan efek ke timeline medsos hihi. Saya memang kurang interest sama debat2 apalagi debat politik. Jadi lebih baik baca beritanya aja mudahan2 masih ada media yang netral dan terpercaya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!