Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Amalan Isra Miraj 2023 yang Bisa Dilakukan


Ini Dia Amalan Isra Miraj 2023 yang Bisa Dilakukan - Allhamdulillah Isra Mikraj 27 Rajab 1444 Hijriyah jatuh di tanggal 18 Februari 2023, dilansir dari instagram kemenag_ri. Tepatnya jatuh di hari ini.


isra miraj 2023 isra miraj bulan apa hikmah isra miraj
Ini Dia Amalan Isra Miraj 2023 yang Bisa Dilakukan


 

Mengapa Isra miraj menjadi penting? Karena dalam isra Miraj perjalanan nabi dari memperoleh perintah untuk pertama kalinya untuk menjalankan salat lima waktu.

 

Untuk memeringati peristowa Isra Miraj, kita bisa melakukan beberapa amalan lho, bonusnya bisa dapat pahala tambahan dari Allah. Karena bulan Rajab endiri termasuk salah satu bulan yang mulia, di mana ibadah yang kita lakukan terhitung seperti ibadah di bulan lainnya.

 

Yuk intip amalan apa saja yang bisa kita lakukan.

 

 

5 Amalan Isra Miraj yang Dianjurkan

 

 

isra miraj 2023 isra miraj bulan apa hikmah isra miraj
Amalan Isra Miraj yang Dianjurkan

1. Menjalankan puasa

 

Disunahkan untuk melakukan puasa bulan Rajab, menjelang jatuhnya Isra Miraj. Demikian hadis Rosulullah SAW berbunyi, 'Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama ‘rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut” (HR. Muslim)'.

 

Tidak hanya puasa satu hari di bulan Rajab, namun juga bisa menjalankan puasa Senin dan Kamis pada setiap minggu sebagai amalan dalam Isra Miraj. Dengan berpuasa seseorang dijaga hawa nafsunya, agar tidak terjerumus oleh bisikan syaitan. Kalau sudah bisa menahan hawa nafsu, insyaAllah kualitas iman dan ketaqwaan kita akan terus bertambah. Aamiin.

 

 

2. Membaca doa di waktu pagi dan petang

 

Doa tidak hanya bisa dilaksankan ketika salat, tetapi kapan saja. Dan di bulan Rajab ini kita bisa membaca doa di waktu pagi dan petang, untuk menghindari siksaan api neraka.

 

Dengan rajin membaca doa pagi dan petang yang merupakan zikir rutin ini, membuat kita selalu bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan dalam setiap hari yang kita lalui.

 

Bahkan dalam QS. Al-Furqan ayar 65-66 berbunyi demikian, 'Rabbanaṣrif ‘annā ‘ażāba jahannama inna ‘ażābahā kāna garāmā * Innahā sā`at mustaqarraw wa muqāmā'. Artinya demikian: 'Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahanam, karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman'. (QS Al-Furqan: 65-66)


3. Melaksanakan shalat sunnah

 

Isra Miraj bulan apa? Jatuh di bulan Rajab, hikmah isra miraj adalah agar kita rajin beribadah salat wajib dan tidak lupa pula untuk melaksanakan salat sunnah.

 

Alaman di bulan Rajab, Isra Miraj 2023 kita bisa melaksanakan shalat sunnah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seperti salat Dhuha dan salat Tahajud. Bagi yang ingin memanen pahala, disarankan untuk rajin melaksanakannya.

 

4. Memperbanyak zikir menjelang dan sebelum Isra Miraj

 

Zikir yang bisa dibaca menjelang dan sebelum Isra Miraj adalah: Laa haula walaa quwwata illa billaah. Bisa dibaca sebanyak-banyaknya.

 

5. Memperbanyak doa kepada Allah SWT

 

Hari atau peringatan Isra Miraj adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

 

Doanya bisa apa saja, namun dilakukan dengan sungguh-sungguh. Doa merupakan amalan yang palng ringan dilakukan, di saat apa pun kita bisa memanjatkannya dan ingat untuk berprasangka baik selalu kepada Allah.

 

Di atas adalah amalan yang bisa dilakukan pada Isra Miraj 2023, semoga membantu.


Posting Komentar untuk "Ini Dia Amalan Isra Miraj 2023 yang Bisa Dilakukan"