Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatur Belanja Bulanan agar Hemat

 4 Cara Mengatur Belanja Bulanan agar Hemat - Cara menghemat uang bulanan rumah tangga, agar tidak boros itu penting karena yang berkeluarga tuntutan pengeluarannya jauh lebih besar ketimbang yang masih sendiri.


cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu cara menghemat uang belanja 1 juta dalam sebulan mengatur belanja bulanan
4 Cara Mengatur Belanja Bulanan agar Hemat


 

Pada kenyataanya cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu, juga gampang-gampang susah. Jadi kita harus pintar-pintar dalam memenuhi kebutuhan.

 

Lantas bagaimana cara menghemat uang belanja 1 juta dalam sebulan? Syukur-syukur bisa kurang dari itu, apalgi jika pendapatan tidak sebanyak pengeluaran ya kan? Belum lagi untuk mengalokasikan ke kebutuhan lain, misalnya simpanan untuk dana darurat, investasi, tabungan, dan lain sebagainya.


Ini Dia Cara Mengatur Belanja Bulanan agar Hemat

 

Membuat Daftar Belanja

 

Mencatat apa yang mau dibeli merupakan hal yang penting, namun terlihat sepele. Mengapa? Karena otak manusia itu terbatas dalam mengingat, oleh sebab itu penting dalam mencatat. Utamakan kebutuhan hidup ya, bukan keinginan. Catat barang yang penting.

 

Contoh kebutuhan penting:

Sembako, gas, perlengkapan mandi, perlengkapan bersih-bersih, dan kebutuhan penting lain

 

Menentukan Budget Berbelanja

 

Menganggarkan uang dalam berbelanja juga penting, agar kita tidak boros. Hal tersebut juga menghindari agar kita tidak membawa uang berlebih ketika membayar.

 

Yang harus dihindari juga adalah tergoda melihat barang yang dijual online, seperti saya hehehe ... dari melihat akhirnya kepincut dan jadilah barang yang bukan menjadi kebutuhan terbeli.

 

Utamakan kebutuhan bukan Keinginan Ya!

 

Dalam menghemat uang belanja itu gampang-gampang susah, gampang jika sudah tahu polanya. Seperti menghindari membeli keinginan daripada kebutuhan. Tenang semuanya bisa dilatih dengan cara membiasakan diri.

 

Bagaimana caranya mementingkan kebutuhan daripada keinginan? Bisa dengan cara nomor satu tadi, mencatat daftar belanja yang telah dibuat tadi. Jika ingin membeli sesuatu pikirkan lagi, itu kebutuhan bukan? Lantas tanyakan ke diri sendiri manfaatnya apa dan jika dibeli untuk apa?

 

Bila punya kebiasaan makan di luar, kenapa nggak mencoba membuat sendiri?

 

Lakukan Perbandingan dan Catat Pengeluaran

 

Ketika membeli sesuatu bandingkan dulu toko satu dan yang lain, mana yang lebih murah? Syukur-sykur bisa dapat harga lebih murah dengan memanfaatkan promo. Ingat untuk melakukan pencatatan pengeluaran, agar tahu pendapatanmu digunakan untuk apa saja? Dan lihat barang yang dibeli, kebutuhan atau keinginan dan lakukan evaluasi.

 

Jadi, sudah tahukan bagaumana ' Cara Mengatur Belanja Bulanan agar Hemat'? Intinya dari semua itu, semuga bergantung dari diri sendiri dan saya juga sedang belajar melakukannya. Semangat!

 

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatur Belanja Bulanan agar Hemat"