Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Bisnis yang Sepi Lakukan 5 Hal Ini


Mengatasi Bisnis yang Sepi Lakukan 5 Hal Ini - Bagaimana cara mengatasi sepi order? Apalagi di tengah pandemi yang terjadi, banyak pembatasan di lakukan sana-sini. Lantas apa yang harus kita lakukan?


mengatasi bisnis yang sepi bagaimana cara mengatasi sepi order cara mengatasi bengkel sepi cara mengatasi cafe sepi
mengatasi bisnis yang sepi


 

Yanuar Andrianto, Konsultan Bisnis mengungkapkan kita harus cepat tanggap dengan situasi dan menyesuaikan layanan. Seperti yang sudah dilakukan oleh Pizza Hut, orang yang mulai makan di rumah aja dan jarang datang ke gerai, dilakukanlah perubahan menjual box di pinggir jalan. Ada beberapa sales force-nya menyebar ke beberapa titik di kota, hal ini bisa dicontoh. "Layaan sekarang harus jemput bola," ungkapnya.

 

 

5 Langkah Mengatasi Bisnis yang Sepi

 

 

Harapan sebagai pemilik bisnis, pastilah bisnis yang digeluti laris sepanjang masa, benar? Tetapi ada kalanya seorang pebisnis harus dihadapkan oleh masa-masa sepi. Kalau sudah begini apa lantas harus gulung tikar? Tidak, berbisnis tidak boleh seperti itu. Pebisnis harus tahan banting dan tidak mudah berputus asa, maka coba cara di bawah ini ketika bisnis mengalami pasang surut.

 

Lakukan Evaluasi

Hindari kepanikan pada saat bisnis sepi, istirahat sebentar dan lakukan evaluasi. Apa yang selama ini bermasalah, misalnya karena pandemi, sudah dicontohkan tadi kasus gerai pizza. Lakukan jemput bola.

 

Produknya masih relevan tidak dijual di saat pandemi ini? Kalau tidak atau kurang, lakukan penyesuaian. Seperti penyesuaian layanan, tapi kalau masih tidak berkembang bisa jadi produknya yang bermasalah. Atau bisa jadi targeting iklannya tidak pas, customer kurang ramah, dan lain sebagainya. Coba eveluasi dan cari celah kesalahan lantas perbaiki.

 

Menambahkan Inovasi

Namanya juga pandemi ya, semua orang menghemat dengan tidak membeli produk yang tidak dibutuhkan. Bagaimana cara kita melakukan penyesuaian? Bisa dengan melakukan promo menarik, bundling, dan lain sebagainya. Teknik pemasarannya lakukan dengan berbeda dan lihat hasilnya.

 

Intip Kompetitor dan Harga yang Dibandrol

Saat bisnis sedang sepi, maka coba lihat kompetitor di sekitar. Apa sih yang mereka lakukan seingga lebih unggul dan anda terpuruk? Apa promosinya kurang menarik, apa produknya kemahalan, dan lain sebagainya. Perbaiki settingan harga. Kalaupun mau harganya di atas harga kompetitor, berikan kelebihan juga produk anda dibandingkan yang lain.

 

Pertahankan Kualitas Produk dengan Baik

Bisnis sedang sepi tidak masalah, namananya juga jualan. Tapi jangan lantas panik meski bisnis sepi, kemudian justru menurunkan kualitas produk untuk menekan biaya produksi agar tidak merugi. Jika konsumen loyal anda mengetahui, mereka akan berpikir produk ana memang tidak bagus karena itu jarang pembeli. Berusahalah konsisten menjaga kualitas produk, apa pun yang terjadi.

 

 

Cek Target Market

Coba cek kembali target market produk yang dipasarkan, masih tinggi minat pembelinya atau tidak. Bisa juga dilakukan dengan mencari tahu lewat Google Trend, sebuah platform yang disediakan oleh google untuk mengetahui orang-orang yang berminat dengan dan detail. Atau bisa juga berdiskusi dengan rekan sesama pengusaha, biasanya kan ada tuh komunitasnya. Cari tahu dan siapa tahu juga anda menemukan wawasan yang baru untuk berganti bisnis. Pun dengan memercayakan usaha kepada Digiads digital advertising, agar lebih luas pangsa pasarnya.

 


Strategi Bisnis Digital Advertising Adalah

 

 

Digital advertising merupakan komunikasi yang dilakukan sebuah perusahaan, untuk mengiklankan dan memromosikan brand, produk, layanan di mana menggunakan berbagai platform dan saluran digital.

 

Strategi pemasaran ini dilakukan untuk mengajak calon konsumen, melakukan pembelian via browser web, blog, aplikasi, media sosial, dan lain sebagainya menggunakan media digital.

 

Salah satu platform digital sebagai sarana perusahaan menjangkau pasar yang lebih luas untuk audience ini, dilakukan oleh Digiads Digital Advertising. Dengan memasrahkan produk yang kita bangun dalam platform ini, penargetan untuk terhubung dengan calon konsumen atau audience makin tertarget. Selain itu digital advertising juga mampu mengarahkan trafik ke websiter perusahaan, untuk membangun brand awareness, membangun engagement komunitas, dan menghasilkan penjualan yang memberikan profit kepada perusahaan.

24 komentar untuk "Mengatasi Bisnis yang Sepi Lakukan 5 Hal Ini"

  1. Yep, bener banget Nyi.
    Karena sekarang kan era digital.
    so, mau tdk mau kudu banget bisa menyesuaikan dgn target audiens/market dan juga tren/komposisi bisnis yg sekarang berlangsung yha.

    BalasHapus
  2. Kalo yg kuperhatikan sih, selain sepi tapi ada juga yg 'kena hukuman ditutup tempat usahanya'. Padahal sebelumnya selalu rame. Entah apakah bablas ngelanggar prokes. Padahal mnrtku mrk masih bisa bertahan kalo ada layanan drive thru juga digital.

    BalasHapus
  3. Tantangan banget yaa bisnis saat pandemi gini. Apalagi PPKM yang nggak ada habisnya. Bisa bertahan juga keren banget. Asalkan bergantung pada platform online mungkin, jadinya bisa survive terus. Promosi digital itu juga penting banget.

    BalasHapus
  4. Strategi tertentu perlu diambil sebagai langkah mengatasi bisnis yang sepi, jasa pihak ketiga seperti Digiads Digital Advertising perlu dicoba sebagai upaya untuk situasi lebih baik.

    BalasHapus
  5. Bisnis yang sepi bukan akhir segalanya artinya, ada banyak cara untuk mengatasinya.
    Menarik ini, strategi bisnis digital adverstising..bisa jadi solusi bisnis terutama saat pandemi

    BalasHapus
  6. Usaha saya sedang sangat sepi nih. memang perlu inovasi dan evaluasi. Tapi karena usaha itu hanya sambilan ya ga kecandak.
    Makasih tipsnya. Memang perlu meluangkan waktu untuk ini atau membayar orang untuk melakukannya.

    BalasHapus
  7. Bisnis ini ada yang bilang adalah adalah seni, art.
    Jadi memang kudu diikutin terus ritmenya.
    Tapi tetap dengan idealisme yang membuat produk Kita khas.

    Dengan mengikuti kemajuan zaman sekarang, memperkenalkan produk bisa melalui digital marketing yaa..

    BalasHapus
  8. Berbisnis itu memang bukan perkara yang mudah ya mbak. Mesti pintar-pintar inovasi, beradaptasi dengan kebiasaan dan juga teknologi. Setuju banget poin-poin di atas, apalagi masalah inovasi ya, emang penting dilakukan.

    BalasHapus
  9. Evaluasi emang penting sekali untuk tahu bagaimana perkembangan kasus kita. Tapi emang tak mudah membangun bisnis sih ya mba.. Terima kasih tipsnya mba

    BalasHapus
  10. Iya sekarang orang pada berhemat ya selektif membeli kebutuhan pokok saja strategi marketing digital dengan beriklan di internet dengan target yang tepat sasaran bisa jadi pilihan tepat bagi pebisnis..

    BalasHapus
  11. Evaluasi dan inovasi emang penting bahkan saat bisnis ramai juga. Dan jangan lupa tetap jaga kualitas. Karena pelanggan banyak yang setia

    BalasHapus
  12. in aku lagi se[ii tapi kudu semangat
    soale ya gimana kalau ga semangat ya gak mulai-mulai kan?
    praktikin aaaah tipsnya biar menggeliat lag usahaku

    BalasHapus
  13. Di masa pandemi ini banyak bisnis yang collap karena pembeli jauh berkurang belum lagi ada pembatasan yang bertujuan agar semua orang beraktivitas dari rumah. Mau tidak mau harus putar otak ya agar bisnis tetap berjalan, terima kasih tipsnya semoga semakin banyak pelaku usaha yang tetap bertahan meskipun kondisi sulit.

    BalasHapus
  14. aku butuh penjelasan lagi nih mak, di bagian intip kompentitor, secara detil caranya dan tipsnya gimana ya, suapya gak diketahui oleh kompetitor kita juga, hehehe

    BalasHapus
  15. Langkah2 di atas perlu banget dilakukna Nyi.
    Mempertahankan kualitas itu yang terpenting, bisa menjadi solusi juga diserahkan pada ahlinya, dengan strategi bisnis digital advertising yang akan mengevaluasi dan memberikan solusi buat bisnis yangs epi agar ramai kembali.

    BalasHapus
  16. Digital advertising memang sekarang jadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena orang-orang sekarang udah lebih banyak online. Saya aja lebih sering cari rekomendasi produk via internet sekarang.

    BalasHapus
  17. 5 tips yang disebutkan ini bener banget lho. Walau kelihatannya biasa, tapi faktanya, jika menerapkan kelimanya maka akan dapat memperbaiki bisnis kita yang sedang sepi.

    BalasHapus
  18. Wah, makasih mbak tipsnya. Penjelasannya bener-bener membantu sekali.Kadang kalau usahanya seret kadang udah pingin stop, berhenti aja tapi mau nggak mau usaha harus tetap berjalan.

    BalasHapus
  19. Memang kalau bisnis harus terus adaptasi agar Survive ya, kayak bisnis kopi yg meluncurkan kopi satu liter. Ngiklan di digital advertising juga salah satu yg bisa dilakukan supaya daya jangkau produk lebih luas ya

    BalasHapus
  20. terima kasih tipsnya mba, sebagai pengusaha pemula dan ala ala beberapa poin kudu banget aku lakuin soalnya jujur aku jarang evaluasi usaha, pokoknya ya jalani aja gitu padahal kalau mau bertahan lama ga boleh gitu kan ya

    BalasHapus
  21. Pas banget nih ad usaha yang dah dua tahun dirintis tapi kok sepi yah, semoga dgn menerapkan tipsnya usaha gak sepi lagi.

    BalasHapus
  22. Penting banget nih 5 tips mengatasi bisnis yang lagi sepi dari Nyi. Kadang kita lupa untuk evaluasi ya, karena kepalang sedih. Padahal dengan evaluasi kita jadi bisa tahu kelemahan dan kekuatan bisnis kita ya Nyi. Apalagi dengan diikuti meneliti barang kompetitor, jadi klop deh. Thanks tipsnya Nyi. Aku mau bagi ke adik saya yang juga soto bogor. ngakunya bisnisnya lagi sepi. moga ini bisa jadi solusi dia juga untuk bangkit di tengah bisnis yang lagi sepi.

    BalasHapus
  23. iya lho salut, sekelas pizza hut lho sampai bikin "gerai" di pinggir jalan. Gerainya dalam tanda kutip soalnya cuma berupa sepeda motor dan standing banner aja.

    Emang walau bisnis sedang sepi, tak boleh lantas menyerah ya, mesti mencari dan menerapkan strategi jitu supaya bisa bertahan

    BalasHapus
  24. Di masa kayak sekarang, kayaknya banyak ya bisnis yang ngelamin sepi. Selain permintaan produk yang menurun, juga modal yang biasanya tergerus. Setuju banget deh dengan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengatasinya. Inovasi dan kreatif yang paling penting. Dan jelas, karena banyaknya orang2 di rumah, harus mulai merambah dunia digital semuanya. Bahkan termasuk UMKM. Dengan memanfaatkan digital adv. agensi, pastinya bisa maksimal.

    BalasHapus