Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Perlunya Memiliki Tabungan Mata Uang Asing

Manfaat dan Perlunya Memiliki Tabungan Mata Uang Asing - Banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika akan menabung mata uang asing. Hari ini nilai tukar rupian terhadap dolar ada di posisi Rp14000,-/Dolar Amerika. Pergerkan nlai tukar menjadi perhatian tersendiri untuk beberapa orang. Karena kepentingan setiap individu berbeda, tentu setiap orang juga memiliki keputusan berbeda dalam meyikapi suatu masalah. Untuk yang sudah memilikk tabungan dolar amerika sejak lama, tentunya mereka memiliki banyak peningkatan karena nilai tukar rupian yang semakin tinggi.






 

Tidak semua orang memerlukan tabungan mata uang asing, Semuanya kembali kepada prioritas. Jika anda sering Tujuan menabung mata uang asing untuk apa dulu. 3 hal dibawah ini bisa menjadi indikator untuk anda peru tidaknya memiliki tabungan dengan mata uang asing/ dolar Amerika.

 

1. Biaya Pedidikan Anak

Untuk biaya pendidikan anak di luar negeri, sudah mejadi kebutuhan untuk memiliki tabngan mata uang asing. Daripada harus menukarkannya terlebih dahulu tentu bisa memberatkan, apa lagi kalau nilai tukar rupiah melemah. Daripada mengalami kendala karena masalah kurs ketika mau kirim uang, lebih maik memiliki tabungan mata uang asing dimana anak belajar. Degan begitu kirim biaya pendidikan ke anak bisa lebih teratur.

 

2. Pemenuhan Gaya Hidup

Jika anda suka membeli barang dari luar negeri, tidak ada salahnya jika memiliki tabungan mata uang asing. Ada teman komunitas ku yang memiliki hoby bersepeda. Tak sedikit barang yang dia miliki berasal dari luar negeri. Dengan seringnya berbelanja produk-produk import, tabungan mata uang asing bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari kerugian kurs. Cara yang efektif, anda bisa membuat perencanaan keuangan untuk barang barang apa saja yang diinginkan, tabung secara bertahap. hingga dana siap digunakan.

 




Hindari konversi ganda ketika anda belanja barang luar negeri. Konversi ganda itu ketika anda menukar mata uang dolar dengan rupiah namun kemdian mata uang dolar tersebut anda tukar dengan mata uang asing lainnya.

 

3. Kebutuhan Biaya Hidup

Kembali ke prioritas, Ada keluarga yang sering menggunakan dolar baik dari gaji maupun pengeluaran, dan ada puula yang jarang menggunakannya, Jika anda termasuk keluarga yang sering melakukan pengeluaran menggunakan dolar, ada baiknya anda memiliki tabungan mata uang as. Selain pengeluaran pokok, jika Anda juga memiliki kebutuhan untuk berobat ke luar negeri, lebih naik anda membuka tabungan luar negeri dari sekarang.

 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tidak semua bidang usaha terdampak. JUalan online salah satunya. Jika anda berjualan online dan transaksi pejualan atau belanjaan anda menggunakan mata uang asing anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuka tabungan mata uang asing.

 

3 faktor diatas bisa membantu anda untuk menentukan apakah anda perlu embuka tabungan mata uang asing bisa dianalisa dengan melakukan mencatatan pengeluaran keuangan keluarga. Mata uang yang mendominasi laporan arus kas keluar masuk sering disebut dengan istilah mata uang basis atau home curency. Jika penghasilan anda rupiah dan biaya hidup anda hampir semua menggunakan rupiah maka mata uang basis anda adalah rupiah.


Referensi:

https://web.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1014920221885426&id=980366168674165
https://brainly.co.id/tugas/8422217

 


Posting Komentar untuk "Manfaat dan Perlunya Memiliki Tabungan Mata Uang Asing"