Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh dengan Benar


Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh dengan Benar - Mempunyai berat badan yang ideal, pasti keinginan semua orang apalagi badan kita sehat. Saya sendiri masih belajar untuk menemukan berat badan yang ideal, idealnya berat badan saya adalah 45, tetapi sekarang masih 42 jadi masih ada 3 kg lagi yang harus saya naikkan.



cara menghitung imt anak cara menghitung imt brainly imt online kalkulator imt cara menghitung imt ibu hamil imt menurut who 2018



 

Berat badan ideal akan membuat kualitas hidup seseorang jadi lebih baik, dan bisa mengurangi penyakit berbahaya menyerang. Berat badan setiap orang untuk mencapai idelanya, berbeda dari satu orang ke orang yang lainnya. Tinggal menyesuaikan pada tinggi badan, dan juga massa otot yang dimiliki orang tersebut. Adakah parameter dalam menghitung berat badan ideal? Bisa menggunakan IMT (Indeks Massa Tubuh) atau juga disebut BMI (Body Mess Index).

 

 

 

 

Indeks Massa Tubuh Adalah

 

 

Menurut juru bicara nasional dari Acavdemy of Nutrition and Dietetics Daily Burn Jessica Cradall, "Indeks massa tubuh merupakan cara yang baik untu menilai, apakah berat badan kita sehat atau tidak."

 

Indeks massa tubuh menjadi metrik standar yang bisa digunakan, untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam golongan berat badan sehat dan tidak sehat. Perhitangannya dengan cara membandingkan berat badan dan tinggi badan, kemudian dihitung dengan membagi berat badan kilogram dan tinggi badan dalam meter kuadran.

 

 

 

Mengenali Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

 

 

Indeks massa tubuh ini bisa didapatkan dengan cara hitungan yang sederhana, seperti membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Perhitungan berat badannya menggunakan satuan kilogram (kg), sementara untuk tinggi badan dihitung pada satuan meter (m).


Rumus perhitungan IMT (Indeks Massa Tubuh) seperti ini :

 

IMT = Berat badan (kg)/ (Tinggi Badan (m)2)


Misalnya penjabarannya begini :

 

Berat badan yang anda miliki adalah 50 kg, dan tinggi badan anda 160 cm (1,60m)

 

Berapakah jumlah IMT anda?

IMT = 50/(160/100)2= 50/2,56 = 19,53 kg/m2




 


Jadi menurut klasifikasi nilai IMT anda, adalah kategori normal atau sehat. Namun, untuk penjabaran klasifikasi nilai IMT dari Departemen Kesehatan RI adalah seperti ini :

 

< 17.0             : Sangat Kurus

17.0 - 18.5     : Kurus

18.5 - 25.0     : Normal

25.0 - 27.0     : Gemuk

> 27.0             : Sangat Gemuk

 

Perhitungan IMT ini masih sebatas perhitungan yang umum, tidak menggunakan faktor-faktor lainnya seperti usia, jenis kelamin, bentuk tubuh, etnis, dan lain sebagainya. Saya sendiri setelah mengetahui berapa kilogram yang harus saya tambah, berat badan ini jadi memiliki parameter ideal. Awalnya tiap nimbang berat badan kan bingung, tapi sekarang udah merasa lega. Bahkan setelah menikah berat badan saya yang awalnya 38, sudah naik menjadi 42 kadang 43 bersyukur banget Allhamdulillah yang penting sehat.

 

Dengan tahu berat badan ideal seperti apa, seseorang akan menjaga tubuhnya tetap pada berat badan ideal. Untuk mencegah timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan, hindari obesitas berlebih ya kan?

 

Kalau ngebahas soal berat badan ideal, jadi  ngelirik artis-artis yang mampu menjaga berat badannya tetap ideal. Karena mereka publik figur pula, pastinya banyak hal yang sdah dilakukan termasuk menjalankan olahraga teratur. Menjaga tidur cukup, diet yang seimbang, dan juga menjaga pola makan yang sehat.

 

            Semoga rumus untuk hitung IMT di atas, dapat memberikan sedikit gambaran menentukan berat badan ideal untuk diri sendiri. Dan siapa tahu bisa berguna dan cocok, share di sini ya yang udah pernah menghitung. Bagaimana hasilnya? Salam.

4 komentar untuk "Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh dengan Benar"

  1. wah makasih banget Nyi, pas banget aku lagi pengen tahu berat badan sesungguhnya nih hehe ternyata menghitungnya begitu ya rumusnya. thanks Nyi

    BalasHapus
  2. Terima kasih pencerahannya nyi, jadi mengerti cara hitungnya, bisa buat mengecek kita termasuk kelebihan berat atau ideal saja..hehe..

    BalasHapus
  3. dulu waktu saya SMA kan lumayan tuh badannya makmur, sering banget ngitungin ini, barusan pas baca ini auto buka kalkulator lagi karena udah lama ga ngitung hehhehe, karena berat waktu SMA sama sekarang ga jauh beda tapi sekarang keliatannya kurus hehehe

    BalasHapus
  4. Aku selama ini normal, tapi berasa kegendutan...terus.
    Hiiiks~
    Jadi koreksi lagi asupan makanan yang dimakan setiap hari niih..

    BalasHapus