MENU

Selasa, 29 Oktober 2019

Freewriting Gaya Tulisan yang Cocok untuk Ngeblog



Freewriting Gaya Tulisan yang Cocok untuk Ngeblog - Seringkali saya menemukan teman-teman yang mau ngeblog tapi nggak tahu harus menulis yang bagaimana dan seperti apa. Semoga postingan ini sedikit tidaknya membantu teman-teman ya dalam proses menulis, khususnya blog.

gaya penulisan dalam biografi gaya penulisan biografi gaya menulis huruf macam macam gaya penulisan biografi gaya penulisan jurnal gaya pengarang penulisan adalah gaya penulisan deskriptif naratif


Di dunia ini ada gaya menulis yang dikenal, menulis formal dan menulis bebas. Menulis formal sering kita temukan dalam tulisan skripsi, laporan tugas sekolah, proposal, buku-buku ilmiah dimana kita harus memikirkan derail format penulisannya. Serta menempatkan titik koma, suku kata, kebutuhan teknis dan referensi yang lainnya.

Sementara gaya menulis bebas adalah tuisan yang berkebalikan dari menulis formal. Kita bebas menuliskan hal apapun, tanpa harus pusing dan pening memikirkan pemilihan katanya. Menulis bebas lebih kepada menulis apapun yang terlintas di otak, kalau bisa muntahkan saja semua isinya hehehe ... Tapi perlu diingat, gaya menulis freewriting sama dengan istilah prewriting. Ada kata 'pre', yang artinya tulisan kita masih mentah dan butuh digoreng agar jadi lebih enak.




Gaya menulis bebas ini, cocok digunakan buat kamu yang demen ngeblog. Dengan ngeblog bukan berarti kita harus menulis sesuka hati, menulislah yang baik dan yang bermanfaat. Karena kata-kata yang baik termasuk sedekah, hadist dari HR- At Tirmidzi.

Ah, saya nggak percaya diri nih kalau nulis sembarangan.
Ah, saya malu tulisan saya jelek
Ide sih udah ada di kepala, bingung menuangkannya



gaya penulisan dalam biografi gaya penulisan biografi gaya menulis huruf macam macam gaya penulisan biografi gaya penulisan jurnal gaya pengarang penulisan adalah gaya penulisan deskriptif naratif


Gaes, akan ada saatnya tulisan kamu akan menjadi sedap dan lezat, proses membumbui tulisan itulah berawal dari tulisan yang dibuat dari menulis bebas (freewriting). Tahu kan penulis yang terkenal seantero dunia? J.K. Rowling? Dia menulis Harry Potter bermodalkan menulis bebas, pada perjalanan yang sedang dilakukannya di kereta. Ide itu muncul begitu saja, tentang anak kecil yang berjidat petir. Gagasannya dituangkan ke atas kertas dengan sebuah pena dan jadilah novel dan film-film berseri yang pernah kita nikmati. 

Bahkan dia menjadi penulis terkaya di dunia. Semoga J.K Rowling bisa menginsipirasi teman-teman untuk tidak lagi memiliki banyak alasan untuk tidak menulis. Motivasi saya sendiri dalam menulis adalah, untuk meninggalkan warisan kepada generasi setelah kita nanti. Maka menulislah hal yang baik-baik, jangan hoax, jangan pornoaksi dan jangan pernah copas tulisan orang lain. Oke? Selamat menulis blog!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!