MENU

Selasa, 10 September 2019

Review Buku Anak Keong Emas | Bilingual Book



Review Buku Anak Keong Emas - Keong Emas adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Timur. Yang menceritakan seorang putri kerajaan Daha yang bernama Candra Kirana. Seluruh rakyatnya dan kerajaan menyambut bahagia, kabar tersebut termasuk sang Raja Kertamarta. Dari rakyat dan suasana kerajaan sangat disibukan, atas pernikahan yang terjadi sebentar lagi.


buku anak sd buku anak balita buku anak gramedia rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak pdf buku anak-anak sd


Tetapi di kamar yang megah, kakak Candra Kirana yang bernama Dewi Galuh tidak bahagia. Dia merasa lebih cantik dari pada Candra Kirana, tetapi Inu Kertapati tidak memilihnya. Rasa iri timbul di hatinya, lantas dia pergi mencari bala bantuan. Kepada nenek sihir, Dewi Galuh meminta bantuan.

"Oh, itu hanya masalah kecil. Aku akan melakukan sesuatu hihihi ..." kata Nenek Sihir kepada Dewi Galuh. Merasa tenang, Dewi Galuh kembali ke istana.

Apa yang terjadi? Sesuai dengan permintaan Dewi Galuh, yang menginginkan Candra Kirana berubah menjadi sesuatu yang menjijikan dan dijauhi oleh Inu Kertapati. Berubahlah sosok Candra Kirana yang cantik jelita menjadi keong emas. Nenek sihir membawa keong emas, dalam sebuah kantong dan membuangnya ke laut.


Terombang ambing dilautan, dan diketemukan oleh seorang nenek yang sedang menjala ikan keong emas dibawa pulang dan ditaruh ke dalam tempayan. Keesokan harinya nenek pergi lagi mencari ikan di sungai, karena tidak ada apapun yang ia dapatkan. Nenek kembali ke rumah, dan terbengong dibuatnya. Di rumah sudah banyak makanan, yang sangat enak-enak sekali. Nenek bertanya kepada dirinya sendiri, siapakah gerangan yang telah mengirmkan makanan segitu banyaknya.

Hari demi hari membuat nenek penasaran, akhirnya dia kaget ketika terbangun dari tidur mengetahui siapa yang memasakan makanan untuk nenek. "Siapa kamu?" Nenek terbangun ketakutan.

buku anak sd buku anak balita buku anak gramedia rekomendasi buku anak download buku anak buku anak islami buku anak pdf buku anak-anak sd


"Aku Keong Mas, Nek. Yang Nenek selamatkan," kata Candra Kirana.

Bagaimana kisah selanjutnya setelah nenek mengetahui Keong Mas adalah seorang jelmaan manusia? Apakah Pangeran Inu Kertapati akan menikah dengan Dewi Galuh, karena Candra Kirana menghilang? Ataukan pangeran Inu Kertapati akan mencari dimana Candra Kirana berada? Berhasilkan jika pangeran Inu Kertapati mencari Candra Kirana? Sementara Nenek Sihir terus mengawasi pangeran Inu Kertapati.


            Cerita Keong Mas membuat saya kembali terlempar ke masa lalu, masa kecil dimana sering mendengar cerita-cerita dongeng kerajaan. Terima kasih mba Dian K, yang menuliskan ceritanya kembali. Jadi ingat lagi nih, dongeng kerajaan yang sempat terlupakan. Buku anak ini cocok banget, dibaca dan kisahkan kembali untuk anak-anak atau bunda yang sedang memiliki anak kecil. Agar mereka dapat memetik hikmahnya, setelah membaca kisah Keong Emas.


Keterangan Buku Keong Emas


Judul               : Keong Emas
Penulis            : Dian K
Ilustrasi           : Kabita Studio
Penerbit           : Bhuana Ilmu Populer
Terbit              : 23 Mei 2017
Tebal               : 38 halaman


Sinopsis Keong Emas

Candra Kirana, putri Raja Kertamarta, akan menikah dengan Inu Kertapati. Namun kakaknya, Dewi Galuh, tidak suka dengan rencana pernikahan itu. Dia pun meminta bantuan Nenek Sihir. Candra Kirana dikutuk menjadi keong mas. Akankah Candra Kirana berhasil kembali jadi manusia dan menikah dengan Inu kertapati?


Sumber foto dan bacaan : 

Aplikasi Gramediadigital

1 komentar :

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!