MENU

Senin, 30 September 2019

Alasan Bersikap Santuy Menghadapi Masalah Hidup



 Alasan Bersikap Santuy Menghadapi Masalah Hidup - Dalam kehidupan ini, masalah akan selalu datang menghambat, diantara kebahagiaan-kebahagiaan yang datang. Mengapa? Agar manusia tidak cepat berpuas diri,  agar manusia selalu ingat kepada Allah yang Maha Segalanya di muka bumi ini.

cara menyikapi masalah dengan bijak cara menyikapi masalah secara dewasa cara menghadapi masalah hidup masalah hidup dan solusinya cara menghadapi masalah menurut islam cara mengatasi masalah pribadi cara menghadapi masalah yang berat cara menghadapi masalah keluarga
Gambar gratis by https://www.pexels.com/


Solusinya adalah dengan menikmatinya. Karena masalah kecil maupun besar, akan selalu singgah. Hadapi tanpa perlu emosi, nikmati dan jangan biarkan pikiran kita jadi stress. Masalah tidak hanya datang kepadamu saja, tetapi setiap orang pastilah memiliki masalahnya sendiri tinggal bagaimana menghadapinya.

Maka bersikaplah santuy, ketika masalah datang jangan menganggap diri paling menderita, oke? Kamu hanya perlu melakukan hal ini:

1. Belajar untuk menerimanya

Tidak ada orang yang tidak ditimpa masalah, coba ingat jaman dahulu kala ketika Nabi Muhammad SAW menyebarkan ajaran Islam. Banyak masalah yang dilalui beliau, bahkan lebih dahsayat dari masalahmu. Beliau belajar menerimanya, kita pun belajar demikian. Jangan pernah menyerah, karena menyerah bukanlah jalan keluar.

2. Masalah bisa terlewati yakinkah dirimu


Dalam Al-Quran juga sudah dijelaskan bahwa dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Maka percayalah bahwa kamu bisa melewatinya, maka ikhlaskan hati untuk menerima. Setiap masalah akan berakhir indah, kamu hanya perlu percaya dan meyakinkan dirimu bisa melaluinya


cara menyikapi masalah dengan bijak cara menyikapi masalah secara dewasa cara menghadapi masalah hidup masalah hidup dan solusinya cara menghadapi masalah menurut islam cara mengatasi masalah pribadi cara menghadapi masalah yang berat cara menghadapi masalah keluarga
Gambar gratis by https://www.pexels.com/



3. Masalah membuatmu menjadi pribadi kuat

Masalah tidak selalu buruk, percaya deh. Ada tujuan yang ada di baliknya, ada pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya. Jadi suatu saat jika itu terjadi menimpamu lagi, kamu sudah bisa mengatasinya. Kamu pun menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.

4. Ada hal positif yang bisa diambil pelajaranya

Siapa yang ingin cepat-cepat selesai dari masalah? Baik masalah besar ataupun kecil tentunya. Tenang, hadapi masalah seakan masalah itu bukan musuh tapi sahabatmu. Karena masalah bukanlah apa-apa jika kamu mau berpikir, dari segi positifnya ya kan?

5. Tuhan tahu kamu mampu melaluinya

“Sungguh, Kami benar-benar akan menguji kamu sekalian agar Kami mengetahui orang-orang yang berjuang dan orang-orang yang sabar di antara kamu sekalian.” (QS. Muhammad : 31). Dalam surat Muhammad tersebut, Allah saja yakin kamu bisa melalui ujian hidup. Karena Allah tahu, batas kemampuan hamba yang ditimpa ujian tersebut.

Jadi buat kamu yang sedang dirundung duka, atau masalah yang membelit. Percayalah Allah sedang memberikan ujian-Nya. Hadapi saja dengan ikhlas dan sabar karena smuanya, akan berlalu dengan segera. Semangat!



14 komentar :

  1. Kok postinganmu relate banget sama obrolanku sama anak mbarep sore ini ya? Kata dia, perbaiki hubungan kita dengan Allah maka Allah yang akan memperbaiki hubungan kita dengan manusia lain

    BalasHapus
  2. setiap orang pasti punya ujian sendiri, ya. kadang suka lihat, misal si a, kok kayaknya enak terus ya hidupnya, semoga kita selalu menjadi hamba Allah SWT yang bertakwa, aamiin

    BalasHapus
  3. Allah tidak akan menguji melebihi kemampuan hamba-Nya. Ini yang selalu saya ingat jika merasa penat, Mbak. Alhamdulilah, cukup membantu.

    BalasHapus
  4. Alhamdulilla musibah atau pun peristiwa yang mengiringi langkahku, mampu menjadikan aku pribadi yang santuy. Udah pada taraf enggak mau peduli mendengarkan omongan buruk yang hasil imajinasi orang pada diriku, sementara mereka di depan enggak berani menyuarakan isi hatinya. LEbih baik malah dibaiki deh, pasti luluh hatinya

    BalasHapus
  5. Sepertinya proses dalam kehidupan juga membantu kita untuk lebih santuy ya. Semakin meningkatnya pola pikir, biasanya kita akan lebih santuy dalam menghadapi masalah dan ujian menerpa. Cuma kalau aku ada titik-titik yang masih nggak bisa woless. Karena tetap ya, ada satu masalah buat orang lain berat buatku terasa ringan, begitu juga sebaliknya... buat orang lain terasa ringan buatku beraaat banget. Tapi tetap percaya lah bahwa Allah menguji sesuai kemampuan hambaNya, jadi seberap apapun pasti insya Allah terlewati. Thanks remindernya kakak.

    BalasHapus
  6. Iyaa...santuy sajaa.. Ada Allah Yg Maha Besar sehingga tak akan ada masalah yg terlalu besar saat bersandar pada-NYA ya.. Thx sudah mengingatkan, Nyi..

    BalasHapus
  7. Sawang sinawang ya kalau lihat kehidupan orang lain. Padahal tiap orang punya perjuangan masing-masing, beda ujian..semoga kita menjadi orang yang sabar..

    BalasHapus
  8. Insya Allah kita semua diberi kemampuan untuk melalui masalah yang datang dalam hidup kita ya Nyi. Kadang penginnya santuy, tapi dalam prakteknya itu lho susah sekali. :)

    BalasHapus
  9. Allah tqhu kapasitas kita ya say jd seberat apapun ujian bismilah aja dihadapi insyaallah kita jd l3bih kuat. Seperti janji Allah bersama kesulitan ada kemudahan

    BalasHapus
  10. Santuy is nge-pantai. Hehehe, salah satunya ding. Tapi, insyaAllah, banyak ungkapan pendek namun bermakna sangat dalam dari celetukan2 ringan. Semacam, ya insyaAllah, aamiin atau alhamdulillah.

    Dong ayok nge-santuy lagih ^^

    BalasHapus
  11. Setiap orang punya ujian masing-masing ya, jadi harus bersikap baik terhadap orang lain, kita tak tahu apa yang ia alami..

    BalasHapus
  12. Menurutku masalah itu membuat hidup lebih hidup dan berwarna...banyak hal yang bisa kita pelajari dari masalah yang ada

    BalasHapus
  13. Wihhh...ini artikel yg kubutuhin saat2 sekarang pas dilevel terendah dlm hidup. Thx Nyi. Bikin adem dan mencerahkan.
    Apalagi poin ke 5..bisa!!

    BalasHapus
  14. Iya betul mb selalu ada pljrn u sebuah musibah

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!