MENU

Rabu, 17 April 2019

Jajan Gandos di Pasar Weleri Kabupaten Kendal



Jajan Gandos di Pasar Weleri Kabupaten Kendal - Jajanan gandos adalah jajanan khas tradisional, yang biasanya ditemukan di Jawa. Biasanya gandos adonannya terbuat dari tepung beras, dan ditambahkan santan kelapa serta garam yang membuatnya gurih.

gandos gandos goreng gandos tepung ketan gandos makanan gandos tepung beras gandos kelapa manfaat gandos tepung terigu gandos gimbal boyolali gandos kelapa adalah gandos resep gandos bahasa jawa gandos makanan khas gandos makanan jawa gandos boyolali gandos bandung gandos buah kelapa gandos bahasa indonesianya bu gandos pacitan bahan gandos bu gandos batu gandos kelapa bikin gandos tepung ketan bumbu gandos bus gandos abadi bus gandhos bikin gandos ketan bus gandhos abadi bernardus gandos jos gandos bratang joss gandos bratang jos gandos bratang surabaya jos gandos batam gandos cookpad gandos cafe cetakan gandos ceker gandos bandar lampung cemilan gandos cara buat gandos campursari gandhes luwes jos gandos cell jos gandos cell jogja joss gandos cell jos gandos cell surabaya jos gandos cell mojosari jos gandos cell jajag joss gandos cell mojosari joss gandos cell surabaya jos gandos cell dharmahusada jos gandos cell jokteng jos gandos cell krian jos gandos cell wadungasri joss gandos cell wadungasri


Jika sudah semua bahan dicampur, pembuatannya adalah dalam cetakan loyang dan dimasak di atas bara api. Bisa kompor bisa dengan arang, tergantung penjualnya sendiri. Lebih berasa nikmatnya jika menggunakan arang, sedep banget rasanya. Akan menjadi berbeda.

Nggak sengaja ketemu jajanan gandos

Di setiap kota, nama gandos akan menjadi berbeda. Misalnya di Jakarta terkenal dengann ama kue pancong, di Surabaya dengan sebutan rangin, di Bali disebutnya daluman dan sebagainya yang intinya bentunya seperti itu.

Pas turun di stasiun Weleri, yang kebetulan lokasi depannya adalah pasar Weleri saya menemukan jajanan gandos. Duh ... udah lama nggak makan gandos. Dulu sering banget makan gandos, dicelup dengan lelehan cokelat. Enak banget, sama temen sekantor saya Oky.

gandos gandos goreng gandos tepung ketan gandos makanan gandos tepung beras gandos kelapa manfaat gandos tepung terigu gandos gimbal boyolali gandos kelapa adalah gandos resep gandos bahasa jawa gandos makanan khas gandos makanan jawa gandos boyolali gandos bandung gandos buah kelapa gandos bahasa indonesianya bu gandos pacitan bahan gandos bu gandos batu gandos kelapa bikin gandos tepung ketan bumbu gandos bus gandos abadi bus gandhos bikin gandos ketan bus gandhos abadi bernardus gandos jos gandos bratang joss gandos bratang jos gandos bratang surabaya jos gandos batam gandos cookpad gandos cafe cetakan gandos ceker gandos bandar lampung cemilan gandos cara buat gandos campursari gandhes luwes jos gandos cell jos gandos cell jogja joss gandos cell jos gandos cell surabaya jos gandos cell mojosari jos gandos cell jajag joss gandos cell mojosari joss gandos cell surabaya jos gandos cell dharmahusada jos gandos cell jokteng jos gandos cell krian jos gandos cell wadungasri joss gandos cell wadungasri


Karena nemuin jajanan gandos di jalan, akhirnya saya bawa pulang dan saya cemil di angkutan hahaha ... soalnya enak masih hangat dan nikmat dimakan selagi panas. Kalau di daerahmu gandos ini dikenal dengan nama apa gaes?


Untuk harganya sendiri, satu selonjor itu RP 500,- pas waktu itu saya beli Rp 10.000,- dimakan berdua eh, nggak kerasa udah habis aja. Memang kita lagi laper kali ya, hahaha ... mumpung nemu. Biasanya jarang dijumpai orang yang menjajakan jajanan gandos ini. Karena yang antri banyak, saya dengan sabar menunggu. Proses memasaknya juga tdak cepat langsung matang. Karena dalamnya kan agak basah gitu, makanya proses dalam memasaknya tengahnya harus benar matang dan kulit pinggirannya kering. Hmm ... jadi bayangin gandos lagi nih, kangen sama rasanya yang gurih. Gurih yang nggak bikin eneg kalo makan banyak, jadi kayak nikmatin jajanan yang gurih dan enak. Sekali lahap, bikin pengen makan terus dan terus.

gandos gandos goreng gandos tepung ketan gandos makanan gandos tepung beras gandos kelapa manfaat gandos tepung terigu gandos gimbal boyolali gandos kelapa adalah gandos resep gandos bahasa jawa gandos makanan khas gandos makanan jawa gandos boyolali gandos bandung gandos buah kelapa gandos bahasa indonesianya bu gandos pacitan bahan gandos bu gandos batu gandos kelapa bikin gandos tepung ketan bumbu gandos bus gandos abadi bus gandhos bikin gandos ketan bus gandhos abadi bernardus gandos jos gandos bratang joss gandos bratang jos gandos bratang surabaya jos gandos batam gandos cookpad gandos cafe cetakan gandos ceker gandos bandar lampung cemilan gandos cara buat gandos campursari gandhes luwes jos gandos cell jos gandos cell jogja joss gandos cell jos gandos cell surabaya jos gandos cell mojosari jos gandos cell jajag joss gandos cell mojosari joss gandos cell surabaya jos gandos cell dharmahusada jos gandos cell jokteng jos gandos cell krian jos gandos cell wadungasri joss gandos cell wadungasri


Si bapak penjual ini menggunakan gerobak yang bisa diangkat itu, jadi bukan gerobak dorongan. Dan pastinya tidak menetap di satu tempat, terus berpindah dan jarang bisa dijumpai. Semoga kapan-kapan berjodoh beli lagi ya Pak. Sukses jualannya dan terus melegendakan jajanan jaman dulu.


8 komentar :

  1. Ini jajanan favorit akoooohhh
    kalo di Surabaya, sebutannya RANGIN mba
    Ini mirip kue pancong ya kalo di Jkt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. oh namanya Gandos ya . Jajanan yang masih banyak betebaran juga di Jakarta nih. Gurih ya pakai kelapa dan taburan gula pasir. Aku nggak tahu persis malah namanya apa ya hahaha...

    BalasHapus
  3. nyammmm enak iki. murah meriah pula ya. sayang disni gak ada yg jualan kue ini...

    BalasHapus
  4. Kalau di Palembang jajanan Gandus ini beda lagi Mbak, kalau di Palembang makanan Gandus terbuat dari tepung beras dan Santan, berbentuk bulat dan di atasnya ditaburi dengan irisan daun seledri bawang merah dan Ebi

    BalasHapus
  5. makanan jadul ni.. udah susah buat nemuin, di solo masih ada harganya 500 an, sayang aku lebih suka makanan manis

    BalasHapus
  6. Wah, cemilan pasar legend ini mah, gurih dan teksturnya menggoda.

    BalasHapus
  7. Sekarang ada yang kreasiin misal sedikit dikasih tape atau cokelat, tapi aku tetep suka yang original sih,

    BalasHapus
  8. Aku kayanya pernah makan Rangin aka Gandos.
    Tapi yang pasti, orang Surabaya kalo mo bilang "Keren banget..." pasti Jos Gandooosss...

    Ternyata terinspirasi dari kulineran khas daerahmu, Nyi.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!