Kamis, 08 November 2018

Tempat Wisata Di Cirebon Ini Perlu Kamu Kunjungi


Dulu bayanganku kalau ke Cirebon ya main ke tempat saudara disana. Saya memiliki saudara yang tinggal di Cirebon. Terkadang setahun sekali saya berkunjung dan bersilaturahmi ke sana. Cirebon merupakan kota yang berada di perbatasan antara Jawa Tenggah dan Jawa Barat.

Letaknya yang berada di perbatasan ini menjadikan Cirebon menjadi kota yang unik. Keunikan ini bisa dilihat dari bahasanya yang merupakan perpaduan antara bahasa  jawa dan bahasa sunda. Namun sebagian besar kosa kata bahasa di Cirebon jauh dari tata bahasa jawa yang ada di solo maupun Yogyakarta. Serta berbeda pula dengan bahasa sunda maupun bahasa indramayu.
Di Cirebon, ada banyak sekali tempat wisata dari yang religus ataupun tempat wisaya yang sekedar untuk berekreasi bersama kelarga.


Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Sebab, Keraton ini merupakan tempat yang bersejarah untuk masyarakat Cirebon. keraton Kasepuhan menyajikan petilasan kejayaan sultan Cirebon pada masanya. Jadi, banyak sekali jejak-jejak peningalan islam yang bisa anda telusuri di kota ini. Di area Keraton Kasepuhan juga terdapat Masjid Agung yang bersejarah yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1480 masehi. Saat anda berkunjung ke Masjid ini, anda bisa menggali sejarah langsung disana.

rental mobil di cirebon
Suber: wikipedia



Keraton Kasepuhan ini menghadap ke utara. Didepan Keraton Kasepuhan terdapat alun-alun.  Pada zaman dahulu, keraton kasepuhan menjadikan alun–alun sebagai tempat untuk menyampaikan keputusan penting yang terjadi di pemerintahan, atau sekedar hiburan untuk masyarakat .

Lokasi Keraton Kasepuhan ini berada di jl. Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.


Keraton Kanoman Cirebon

Tempat wisata yang satu ini juga enggak kalah menaik buat pengunjung. Keraton Kanoman ini menurut sejarahnya terbentuk karena adanya perselisihan dalam menentukan pewaris Keraton Kasepuhan. Dalam runtutan sejarahnya, keraton ini dijadikan tempat inggal untk Wakil Sultan.

Keraton ini dibangun diatas tanah seluas 6 hektar. Yang menjadi daya tarik pengunjung salah satunya adalah museum yang menyimpan benda-benda bersejarah koleksi Sultan. termasuk dua kereta kencana yaitu Jempana dan Paksi Naga Liman.

rental mobil di cirebon
sumber: situsbudaya.id


Keraton Kanoman berada tidak jauh dari keraton kasepuhan. Tempat ini bisa ditempuh dengan jalan kaki karena berjarak sekitar 600 meter dari keraton Kasepuhan. Tepatnya di jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk.


Makam Sunan Gunung Jati

Destinasi wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing ditelingan anda. Cirebon memang identik dengan cerita sejarah dan literasi perkembangan islam di tanah air. Salah satu yang terkenal adalah Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu, Cirebon.

Makam Susnan Gunung Jati


Makam Sunan Gunung Jati tersusun ata 9 tingkat dengan arsitektur bangunan yang unik. ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Cirebon.


Wanawisata Ciwaringin

rental mobil di cirebon
Sumber: wisata-tanahair.com


Tempat ini menyajikan panrama yang indah. Terletak di desa Ciwaringin, anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam yang terhampar disana. Selain pemandangan alam, di sana juga ada Danau Ciranca yang siap memanjakan mata anda. Tempat wisata ini ramai pengunjung saat hari libur tiba.


Banyu Panas Palimanan

Ini merupakan salah satu tempat wisata yang patut anda kunjungi saat berada di Cirebon. Berada di desa Palimanan Barat, Tempat ini tak hanya menyuguhkan pemandangan yang memukau, Air panas alami disini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rental mobil di cirebon
sumber: aboutcirebon.id


Untuk keliling kota Cirebon dengan banyaknya destinasi wisata tentunya harus benar benar efektif dalam membagi waktu. Jika Anda ingin bersantai dalam berwisata, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil yang ada di Cirebon. Salah satunya HAPPY CAR. Saat ini Rental mobil di Cirebon juga menyediakan paket wisata yang bisa anda pilih. Dengan menggunakan Jasa Wisata Rental Mobil di Cirebon, tentunya akan ada banyak tempat yang direkomendasikan untuk anda kunjungi.

rental mobil di cirebon


Happy Car juga menyediakan banyak pilihan armada untuk anda dan keluarga. Ada Toyota Avanza, Isuzu Elf, ada Toyota Hiace, dan juga Toyota Innova. Dengan banyaknya pilihan armada, serta rental mobil hiace di cirebon ini, anda juga bisa menyewa sopir juka memang ingin benar benar menikmati perjalanan tanpa khawatir capek bawa mobil sendiri.
Selain hemat tenaga, anda juga bisa menikmati perjalanan liburan lebih santai.

Rental Mobil di Cirebon:
Alamat : PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
No Hp :  08156407913 / 081298476511
No WA: 082120982211

Sumber Artikel:
https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-cirebon/
https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Sang_Cipta_Rasa
https://id.wikipedia.org/wiki/Keraton_Kasepuhan
http://www.rentalmobildicirebon.com/

Sumber Media:
aboutcirebon.id
wisata-tanahair.com
kompas.com
situsbudaya.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!