Minggu, 14 Oktober 2018

Hidup Sehat dan Sejahtera dengan #AksiSehatCeria



Hidup Sehat dan Sejahtera dengan #AksiSehatCeria - Gangguan kesehatan ternyata nggak bisa kita prediksi kapan datangnya, yang jelas ketika kita lengah sedikit saja akan gaya hidup bisa jadi hal tersebut yang jadi penyebabnya.

pola hidup sehat pola hidup sehat adalah pola hidup sehat ibu hamil pola hidup sehat remaja pola hidup sehat pdf pola hidup sehat wikipedia pola hidup sehat lansia pola hidup sehat sehari hari pola hidup sehat dan bersih pola hidup sehat ppt pola hidup sehat pada lansia pola hidup sehat ibu hamil muda pola hidup sehat menurut islam pola hidup sehat dalam bahasa inggris pola hidup sehat narkoba pola hidup sehat pengertian pola hidup sehat dengan diet pola hidup sehat menurut who pola hidup sehat diabetes pola hidup sehat dengan olahraga pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan pola hidup sehat adalah brainly pola hidup sehat agar awet muda pola hidup sehat anak pola hidup sehat agar cepat hamil pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit pola hidup sehat ala rasul pola hidup sehat adalah pdf pola hidup sehat agar terhindar dari kanker pola hidup sehat artikel pola hidup sehat apa saja pola hidup sehat agar terhindar dari jerawat pola hidup sehat ala islam pola hidup sehat alodokter pola hidup sehat agar wajah bersih pola hidup sehat agar badan ideal pola hidup sehat anak usia dini pola hidup sehat artinya pola hidup sehat anak remaja pola hidup sehat awet muda pola hidup sehat bagi remaja pola hidup sehat bahasa inggris pola hidup sehat bagi penderita diabetes pola hidup sehat brainly pola hidup sehat bumil pola hidup sehat bagi lansia pola hidup sehat bagi karyawan pola hidup sehat beserta gambarnya pola hidup sehat bagi anak anak pola hidup sehat bersih dan indah di rumah adalah pola hidup sehat berhubungan dengan jiwa yang sehat dikenal dengan istilah pola hidup sehat bagi pelajar pola hidup sehat bagi odha pola hidup sehat bagi penderita hipertensi pola hidup sehat bebas jerawat pola hidup sehat badan ideal pola hidup sehat berolahraga pola hidup sehat bagi lanjut usia pola hidup sehat bagi wanita pola hidup sehat biar gemuk pola hidup sehat contohnya pola hidup sehat cristiano ronaldo pola hidup sehat cerdik pola hidup sehat cegah kanker pola hidup sehat.com pola hidup sehat contoh pola hidup sehat cara pola hidup sehat cara islam pola hidup sehat mencegah diabetes pola hidup sehat cantik pola hidup sehat caranya pola hidup sehat cr7 pola hidup sehat dan contohnya pola hidup sehat agar cepat gemuk pola hidup sehat dan cantik pola hidup sehat dan cara melakukannya pola hidup sehat agar cepat kurus pola hidup sehat agar cepat tinggi pola hidup sehat untuk cepat hamil


Pola hidup sehat dan bersih, sangat berpengaruh terhadap program kesehatan yang kita jalani agar lancar. Jadi hidup yang sehat itu yang bagaimana sih? Yang tidak pernah mendapatkan gangguan masalah fisik dan nonfisik, tentunya dong ya? Ada penelitian yang membuktikan jika kita melakukan kebiasaan berjalan kaki, sedikitnya 30 menit dalam sehari bisa menurunkan risiko meninggal usia dini lho! Wow banget ya, hanya berjalan kaki saja, tapi kebanyakan dari kita tidak menyadarinya termasuk saya. Padahal sesimpel itu sebenarnya.

Contoh lainnya adalah memperbanyak minum air putih, hanya delapan sampai sepuluh gelas setiap hari saja masih sukar terpenuhi. Padahal dengan rajin minum air putih, fungsi ginjal dan saluran kemih kita terjaga kelancarannya. Karena di dalam tubuh manusia terdiri 55%-78%, tidak hanya itu bumi juga demikian terdiri 3/4 dari atas air. Lalu apa yang perlu kita lakukan mulai detik ini juga? Adalah meluruskan niat, agar bisa menerapkan pola hidup sehat dan bahagia.


Selalu gagal dalam mendonorkan darah sendiri


Saya anaknya suka bersosialisasi, selain berkomunitas saya juga sering menjadi volunteer dalam beberapa even. Seperti pembagian sembako untuk dhuafa yang kurang mampu, kunjungan ke panti asuhan, dan beberapa even lain dimana tenaga dan pikran saya sangat dibutuhkan. Tetapi ada hal dimana saya cuma jadi penonton doang, adalah ketika kegiatan 'donor darah' digalakan. Sering ditolak karena hemoglobin nggak memenuhi syarat, akhirnya jadi tim support doang. Sampai sekarang masih penasaran bagaimana rasanya, mendonorokan darah. Ketika ada event donor darah saya sempat kepo kepada dokternya, mengenai Manfaat Donor Darah, beliau menjabarkan beberapa hal seperti:

1.     Ternyata, dengan mendonorkan darah bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Mengapa? Dengan donor darah ini kadar Fe (besi) yang ada di dalam darah jadi berkurang. Pasalnya apabila kandungan Fe teroksidasi dalam darah teralalu banyak, bisa menyebabkan risiko penyakit jantung koroner meningkat. Hmm ... saya manggut-manggut ketika diberitahu oleh dokter. Lantas apa lagi manfaatnya? Yuk lanjut!
2.     Seorang pendonor darah kesehatannya akan selalu terpantau setiap 3 bulan lho! Hal ini berkaitan dengan pengisian formulir alamat, ketika kita menjadi pendaftar donor darah. Karena jika pendonor darah, memiliki penyakit di dalam darahnya, pihak PMI akan langsung mengirimkan informasi yang bersifat rahasia tersebut.
3.     Secara psikologis, ada rasa puas dan bahagia ketika kita dapat membantu orang lain yang sangat membutuhkan darah untuk kesehatannya.
4.     Siapa sangka donor darah juga bisa membantu pengurangan berat badan, gaes! Kok bisa? Karena kegiatan donor darah bisa membakar kalori di dalam tubuh pendonornya. Keren ya?

pola hidup sehat pola hidup sehat adalah pola hidup sehat ibu hamil pola hidup sehat remaja pola hidup sehat pdf pola hidup sehat wikipedia pola hidup sehat lansia pola hidup sehat sehari hari pola hidup sehat dan bersih pola hidup sehat ppt pola hidup sehat pada lansia pola hidup sehat ibu hamil muda pola hidup sehat menurut islam pola hidup sehat dalam bahasa inggris pola hidup sehat narkoba pola hidup sehat pengertian pola hidup sehat dengan diet pola hidup sehat menurut who pola hidup sehat diabetes pola hidup sehat dengan olahraga pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan pola hidup sehat adalah brainly pola hidup sehat agar awet muda pola hidup sehat anak pola hidup sehat agar cepat hamil pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit pola hidup sehat ala rasul pola hidup sehat adalah pdf pola hidup sehat agar terhindar dari kanker pola hidup sehat artikel pola hidup sehat apa saja pola hidup sehat agar terhindar dari jerawat pola hidup sehat ala islam pola hidup sehat alodokter pola hidup sehat agar wajah bersih pola hidup sehat agar badan ideal pola hidup sehat anak usia dini pola hidup sehat artinya pola hidup sehat anak remaja pola hidup sehat awet muda pola hidup sehat bagi remaja pola hidup sehat bahasa inggris pola hidup sehat bagi penderita diabetes pola hidup sehat brainly pola hidup sehat bumil pola hidup sehat bagi lansia pola hidup sehat bagi karyawan pola hidup sehat beserta gambarnya pola hidup sehat bagi anak anak pola hidup sehat bersih dan indah di rumah adalah pola hidup sehat berhubungan dengan jiwa yang sehat dikenal dengan istilah pola hidup sehat bagi pelajar pola hidup sehat bagi odha pola hidup sehat bagi penderita hipertensi pola hidup sehat bebas jerawat pola hidup sehat badan ideal pola hidup sehat berolahraga pola hidup sehat bagi lanjut usia pola hidup sehat bagi wanita pola hidup sehat biar gemuk pola hidup sehat contohnya pola hidup sehat cristiano ronaldo pola hidup sehat cerdik pola hidup sehat cegah kanker pola hidup sehat.com pola hidup sehat contoh pola hidup sehat cara pola hidup sehat cara islam pola hidup sehat mencegah diabetes pola hidup sehat cantik pola hidup sehat caranya pola hidup sehat cr7 pola hidup sehat dan contohnya pola hidup sehat agar cepat gemuk pola hidup sehat dan cantik pola hidup sehat dan cara melakukannya pola hidup sehat agar cepat kurus pola hidup sehat agar cepat tinggi pola hidup sehat untuk cepat hamil



Donor darah sendiri itu apa sih sebenarnya?

            Donor darah atau pendonor darah ini adalah, orang yang menyumbangkan darahnya untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan kepada mereka yang membutuhkan darah. Dan ternyata pendonor darah itu terbagi menjadi beberapa tipe lho? Apa saja kah?

·       Pertama tipe pendonor bayaran, mereka mempunyai motivasi mendonorkan darahnya agar mendapatkan imbalan uang atau bayaran.
·       Kedua tipe DDP (Donor Darah Pengganti), mereka mendonorkan darahnya untuk orang tertentu. Jadi pendonor darah tahu kepada siapa darahnya diberikan.
·       Ketiga tipe DDS (Donor Darah Sukarela), mereka yang dengan sukarela mendonorkan darahnya dan mereka tidak tahu kepada siapa darah itu diberikan.

Kalau kamu pernah donor darah kamu termasuk tipe yang mana hayo? Aku tidak termasuk ketiganya, hehehe ... yaiyalah ya lha ditolak melulu sih. Ini karena Berat badanku kurang dari 45 kilogram gaes. Hiks! Kaena pendonor darah minimalnya adalah 45 kg, aku sendiri 41 kg saja nih berat badannya, berarti aku harus bisa gemuk dulu nih gaes untuk bisa ikut serta mendonor darah. Staf orang PMI-nya akhirnya bilang, beberapa syarat untuk seorang pendonor darah kepada saya waktu itu.

“Jadi gini Mbak, dalam hitungan toleransi maksimalnya darah yang bisa diambil itu 10,5 cc per kg BB. Totalnya, dalam tubuh seseorang dilihat dari berat badan orang itu,” begitu ungkapnya, dan saya masih kurang ngeh dengan penjelasannya. Melihat saya yang kurang nyantol, mas PMI menjelaskan lebih gamblang lagi.

“Misalnya pada bayi yang memiliki usia 1 bulan, volume darahnya kira-kira 1 ons dan pada orang dewasa dengan BB 40-an kg memiliki volume darah 2 literan. Berbeda dengan mereka yang mempunyai BB lebih dari 80-an kg. Darahnya bisa mencapai 4 hingga 5 literan,” hmm ... jadi lumayan paham nih. Nggak segampang itu ternyata ya untuk donor darah. Duh, salut buat mereka yang bisa sukses mendonorkan darahnya. Kalian keren gaes! Sangat menginspirasi.

Tapi ada cerita lucu juga lho, ketika saya menunggui sahabat-sahabat saya yang melakukan donor darah. Mereka yang belum pernah memang awalnya, ketika menunggu giliran terlihat gelisah. Karena takut dengan jarum, tapi motivasi mendonornya tinggi akhirnya rasa takutnya ketutup. Pas dia keluar dari ruangan diambilnya darah, saya selalu antusias bertanya, hehehe ...

“Sakit nggak?” saya penasaran banget, mereka yang saya tanya awalnya senyum terus ketawa, mungkin dia bangga berhasil mengalahkan ketakutannya.

“Nggak sakit. Paling pas ditusuk jarumnya, tapi setelahnya aman kok,” cerita mereka dengan antusias. Kalau dipikir-pikir, cemas adalah hal yang wajar tapi kalau diingat lagi bahwa satu kantung darah kita, mampu menyelamatkan 1 sampai 3 nyawa, sakit sedikit pas ditusuk jarum tidak akan sebanding dengan kebahagiaan yang didapatkan.

pola hidup sehat pola hidup sehat adalah pola hidup sehat ibu hamil pola hidup sehat remaja pola hidup sehat pdf pola hidup sehat wikipedia pola hidup sehat lansia pola hidup sehat sehari hari pola hidup sehat dan bersih pola hidup sehat ppt pola hidup sehat pada lansia pola hidup sehat ibu hamil muda pola hidup sehat menurut islam pola hidup sehat dalam bahasa inggris pola hidup sehat narkoba pola hidup sehat pengertian pola hidup sehat dengan diet pola hidup sehat menurut who pola hidup sehat diabetes pola hidup sehat dengan olahraga pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan pola hidup sehat adalah brainly pola hidup sehat agar awet muda pola hidup sehat anak pola hidup sehat agar cepat hamil pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit pola hidup sehat ala rasul pola hidup sehat adalah pdf pola hidup sehat agar terhindar dari kanker pola hidup sehat artikel pola hidup sehat apa saja pola hidup sehat agar terhindar dari jerawat pola hidup sehat ala islam pola hidup sehat alodokter pola hidup sehat agar wajah bersih pola hidup sehat agar badan ideal pola hidup sehat anak usia dini pola hidup sehat artinya pola hidup sehat anak remaja pola hidup sehat awet muda pola hidup sehat bagi remaja pola hidup sehat bahasa inggris pola hidup sehat bagi penderita diabetes pola hidup sehat brainly pola hidup sehat bumil pola hidup sehat bagi lansia pola hidup sehat bagi karyawan pola hidup sehat beserta gambarnya pola hidup sehat bagi anak anak pola hidup sehat bersih dan indah di rumah adalah pola hidup sehat berhubungan dengan jiwa yang sehat dikenal dengan istilah pola hidup sehat bagi pelajar pola hidup sehat bagi odha pola hidup sehat bagi penderita hipertensi pola hidup sehat bebas jerawat pola hidup sehat badan ideal pola hidup sehat berolahraga pola hidup sehat bagi lanjut usia pola hidup sehat bagi wanita pola hidup sehat biar gemuk pola hidup sehat contohnya pola hidup sehat cristiano ronaldo pola hidup sehat cerdik pola hidup sehat cegah kanker pola hidup sehat.com pola hidup sehat contoh pola hidup sehat cara pola hidup sehat cara islam pola hidup sehat mencegah diabetes pola hidup sehat cantik pola hidup sehat caranya pola hidup sehat cr7 pola hidup sehat dan contohnya pola hidup sehat agar cepat gemuk pola hidup sehat dan cantik pola hidup sehat dan cara melakukannya pola hidup sehat agar cepat kurus pola hidup sehat agar cepat tinggi pola hidup sehat untuk cepat hamil


Senangnya ya kalau dinyatakan oleh dokter kalau kita sehat. Jadi bisa lebih bisa membantu lebih banyak orang lagi, dan bisa bermanfaat menebar kebaikan. Jadi ingat artikel beberapa sahabat blogger saya yang mengikuti even #AksiSehatCeria, jika asupan pola makan dalam sehari-hari perlu menerapkan Asupan 4J; jenis, jumlah, jadwal dan jurus memasak. Yang mana jenis, jumlah, jadwal harus pas sesuai dengan standar gizi yang dibutuhkan tubuh, serta jurus memasak yang paling baik adalah mengurangi proses memasak dengan cara menggoreng. Paling baiknya adalah dengan cara merebus atau mengukusnya.

 Aih ... jadi ingat waktu kerja di Hongkong jadi BMI (Buruh Migrant Indonesia). Dimana orang sana kebanyakan memakan makanan yang serba di kukus dan rebus. Tugas saya bekerja di sana salah satunya memasak, mereka lebih suka memasak sayur hanya direbus. Tanpa bumbu apapun, biasanya saya memasak sayur Choi Sam sekali rebus. Dan memasak ikannya dengan cara di steam atau kukus. Jadi begitu pola memasak yang sehat ya, hmm ... pantes orang China itu umurnya bisa mencapi 100 tahunan lebih lho! Mungkin dari pola makan yang sangat tertata ini. Jadi reminder banget nih, mengapa penting menjaga hidup sehat.


Mengenal Dokter Sehat

Saya mau memperkenalkan DokterSehat nih gaes, dimana DokterSehat ini salah satu portal kesehatan yang ada di Indonesia yang menyediakan informasi kesehatan, panduan kesehatan dan juga konsultasi online. Berdirinya sendiri sejak akhir Desember tahun 2015, oleh Indra Adam Darmawan. Prinsip dan komitmen Doktersehat ini mengedukasi masyarakat untuk lebih sadar menjaga kesehatannya. Tenang gengs, karena Doktersehat ini bisa kita akses dengan gratis-tis! Apalagi bagi kamu yang sibuk dan belum sempat ke dokter, mau konsultasi online bisa banget ke Dokter Sehat lho! Kerennya lagi ada Facebook Groupnya untuk berinteraksi dan chanel Youtubenya yang bisa kita praktekin, dalam keseharian menjaga kesehatan. Berasa dimanjakan banget ya? Kayak punya dokter pribadi buat diri sendiri, hehehe ... Thanks Doktersehat! Semoga portal kesehatannya bisa jadi amal jariah yang mengalir terus.

pola hidup sehat pola hidup sehat adalah pola hidup sehat ibu hamil pola hidup sehat remaja pola hidup sehat pdf pola hidup sehat wikipedia pola hidup sehat lansia pola hidup sehat sehari hari pola hidup sehat dan bersih pola hidup sehat ppt pola hidup sehat pada lansia pola hidup sehat ibu hamil muda pola hidup sehat menurut islam pola hidup sehat dalam bahasa inggris pola hidup sehat narkoba pola hidup sehat pengertian pola hidup sehat dengan diet pola hidup sehat menurut who pola hidup sehat diabetes pola hidup sehat dengan olahraga pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan pola hidup sehat adalah brainly pola hidup sehat agar awet muda pola hidup sehat anak pola hidup sehat agar cepat hamil pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit pola hidup sehat ala rasul pola hidup sehat adalah pdf pola hidup sehat agar terhindar dari kanker pola hidup sehat artikel pola hidup sehat apa saja pola hidup sehat agar terhindar dari jerawat pola hidup sehat ala islam pola hidup sehat alodokter pola hidup sehat agar wajah bersih pola hidup sehat agar badan ideal pola hidup sehat anak usia dini pola hidup sehat artinya pola hidup sehat anak remaja pola hidup sehat awet muda pola hidup sehat bagi remaja pola hidup sehat bahasa inggris pola hidup sehat bagi penderita diabetes pola hidup sehat brainly pola hidup sehat bumil pola hidup sehat bagi lansia pola hidup sehat bagi karyawan pola hidup sehat beserta gambarnya pola hidup sehat bagi anak anak pola hidup sehat bersih dan indah di rumah adalah pola hidup sehat berhubungan dengan jiwa yang sehat dikenal dengan istilah pola hidup sehat bagi pelajar pola hidup sehat bagi odha pola hidup sehat bagi penderita hipertensi pola hidup sehat bebas jerawat pola hidup sehat badan ideal pola hidup sehat berolahraga pola hidup sehat bagi lanjut usia pola hidup sehat bagi wanita pola hidup sehat biar gemuk pola hidup sehat contohnya pola hidup sehat cristiano ronaldo pola hidup sehat cerdik pola hidup sehat cegah kanker pola hidup sehat.com pola hidup sehat contoh pola hidup sehat cara pola hidup sehat cara islam pola hidup sehat mencegah diabetes pola hidup sehat cantik pola hidup sehat caranya pola hidup sehat cr7 pola hidup sehat dan contohnya pola hidup sehat agar cepat gemuk pola hidup sehat dan cantik pola hidup sehat dan cara melakukannya pola hidup sehat agar cepat kurus pola hidup sehat agar cepat tinggi pola hidup sehat untuk cepat hamil


Berbaik hatilah terhadap tubuh kita, jika kita menghormati tubuh kita, maka tubuh kita akan melayani kita dengan baik. Sesungguhnya kita lebih membutuhkan tubuh kita dibandingkan, tubuh kita yang membutuhkan kita. Salam!


11 komentar:

  1. wah aku dah sering donor darah dan Alhamdulillah tambah sehat

    BalasHapus
  2. sayang aku dari dulu ga bisa donor darah, setiap mau dnor darah dibilang darahrendah ama tim kesehatannya

    BalasHapus
  3. Donor darah jg bisa bkin gemuk konon katanya

    BalasHapus
  4. Aku juga belum pernah donor darah karena berada badanku 39-40 kg. Makanya kalau ada yang ajak aku mundur teratur deh

    BalasHapus
  5. Salut... Kalian berani banget donor darah.. aku bknnya takut tapi memang Ada phobia darah.. kalau diambil darah buat tes Aja.. langsung pucet.. hiks.. jadi sampe skrg blm pernah ikut donor darah . Padahal byk ya manfaatnya

    BalasHapus
  6. Dokter sehat ini portal terpercaya ya..secara kalau baca artikel kesehatan di dunia maya harus hati2 juga..biar gak bingung karena infonya gak akurat

    BalasHapus
  7. Aku selama ini blm pernah donor darah mba soalnya tekanan darhanya rendah terus. Pdhl pingin banget

    BalasHapus
  8. hiks jadi inget pengen donor darah gak jadi-jadi. huhhuhu

    BalasHapus
  9. Huhu aku gak bisa donor darah. Darahku gak sehat...

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah jadi donor. Ada aja halangannya. Tapi nanti aku bakal usahakan donor deh. Pengen banget

    BalasHapus
  11. Mungkim aku harus berani sesekali donor darah ya, selama ini belum pernah

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!