Sabtu, 07 Juli 2018

Mencuci Mobil yang Benar dan Mudah



Mencuci Mobil yang Benar dan Mudah - Berkendara setiap hari, pasti akan membuat kendaraan yang kita tumpangi menjadi kotor. Apalagi kalau mobil, bodynya yang besar pasti mudah terlihat kalau banyak kotorannya. Debu saja sih tidak masalah, tapi kalau mobil yang kita kendarai melewati medan berat seperti berlumpur? Sayang dong dibiarkan gitu aja, mau tidak mau harus kita harus mencuci mobil.

Mencuci mobil pun kadang menjadi kegiatan yang malas, untuk dikerjakan. Mau enaknya aja cuman naik, ya kan? Alhasil menyerahkannya kepada jasa mencuci mobil yang sudah banyak, karena malas mencuci mobil di rumah. Kelihatannya mencuci mobil di tempat khusus, tidak jauh beda dengan mencuci mobil di rumah. Hanya saja, kita harus mau rutin membersihkan mobil, tidak perlu kok setiap hari mencuci mobil dengan sunlight atau mencuci mobil malam hari karena pas sempatnya.



Gimana sih cara mencuci mobil agar bersih, agar mengkilap, agar kinclong? ada beberapa tips mencuci mobil yang benar, asal alat-alat cuci mobilnya disiapkan. Yuk intip cara mencuci mobil agar mengkilap :


Mobil yang kita beli jujur, nggak mesti belinya mobil yang baru atau gress dari dealernya. Kadang kita membelinya second, atau mobil bekas yang kita beli secara online seperti disitus mobil88 justru akan menjadi lebih kinclong jika dirawat dengan baik.  Yuk praktekin langsung aja!

Perawatan mobil memiliki 4 tahap, ialah mencuci mobil bagian luar, bagian dalam, bagian mesin dan terakhir bagian ban. Proses mencuci mobil dengan benar ini, akan membuat mobil kita makin ciamik dan tentunya setiap berkendara jadi menambah rasa percaya diri di jalanan. Jangan sampai mencuci mobil sembarangan, karena bisa saja membuat mobil kita tergores.

Cara mencuci mobil bagian terluar

Pertama, lakukan penyemprotan secara menyeluruh, untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di mobil. Semakin banyak debu dan kotoran, semprot yang banyak agar lekas jatuh kotorannya. Jangan lupa tutup pintu mobil kita dengan rapat ya?

Bila semuanya sudah kita semprotkan air dengan benar, saatnya kita mencuci mobil. Ingat, jangan menggunakan detergent asal-asalan, karena ada detergent yang memiliki butiran kasar seperti pasir. Gunakan pembersih khusus untuk mobil ya, Karena wax bisa membuat cat mobil kita kinclong.

Gunakan spon untuk mulai mencucinya, awali dari atap mobil dulu, kemudian bagian di bawahnya seperti kaca jendela. Usahakan mencuci mobil di tempat yang redup cahaya, dan jangan sampai membersihkan dengan tuntas bekas sabunnya. Jika tidak, sabun ini bisa merusak cat mobil karena ada kandungan bahan kimiannya. Tahap akhir, tinggal kita lap mobil dengna lap khusus seperti kanebo. Kalau tidak punya, gunakan lap yang bersih dan hindari lap berbulu.

Cara mencuci mobil bagian dalam

Membersihkan bagian dalam mobil (interior), tidak seperti bagian luar yang butuh banyak air. Kita bisa menggunakan pembersih khusus, atau bisa juga menggunakan air dan sedikit sabun. Biasanya noda yang tertinggal dalam mobil, bekas sepatu, bekas makanan, juga bisa bekas tangan kita.  Dalam membersihkan mobil bagian dalam, alangkah baiknya pintu biarkan terbuka agar proses penguapan lancar.

Cara mencuci mobil pada bagian mesin

Mesin adalah bagian  yang dibersihkan harus dengna hati-hati. Karena bahaya bila terkena dengan air, seperti pada bagian busi, kabel, atau sensornya. Jika ada bekas minyak yang melekat, gunakan saja sabun pencuci seperti sabun mandi yang mudah menghilangkan noda.

Cara mencuci mobil pada bagian ban

Ban adalah bagian yang sering terkena kotoran, karena ban adalah komponen yang langsung menyentuh tanah. Banyak kotoran yang bisa menempel dan lengket pada ban mobil. Maka gunakan sabun yang benar, biasanya rim mobil ada yang berwarna ada yang juga menggunakan logam. Noda yang tidak hilang, siasati dengan menggunakan sikat.

            Nah semoga tips di atas dapat bermanfaat dalam mencuci mobil yang benar. Salam!

2 komentar:

  1. tipsnya bisa diterapkan neh kak kalau aku sudah punya mobil... baca dulu artikelnya kan nggak ada salahnya ya..

    BalasHapus
  2. Jadi gini to rahasia mencuci mobil.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!