Kamis, 01 Maret 2018

Review Buku 7 Tokoh Dunia yang Pernah Kami temui & Rahasia-rahasia Mereka



Penulis            : Shamsi Ali, Ippho Santosa
Penerbit          : Elex Media Komputindo
Terbit              : November Tahun 2016


Pemimpin yang patut diacungi jempol

Alhamdulillah saya telah merampungkan bacaan, Buku 7 Tokoh Dunia yang Pernah Kami temui & Rahasia-rahasia Mereka yang ditulis oleh Shamsi Ali dan Ippho Santosa. Tokoh berpengaruh di Indonesia, yang pernah bertemu dengan tokoh-tokoh berpengaruh dunia. Dimana mereka berusaha menjalin perdamaian, yang dimulai dari pertemanan antar pemeluk agama dan dilanjutkan dengan meraih perdamaian yang berkesinambungan. Buku 7 Tokoh Dunia yang Pernah Kami temui & Rahasia-rahasia Mereka, adalah pertemuan dengan tokoh agama, pengusaha, dan politisi. Ippho dan Shamsi Ali mencoba berdialog, mengenalkan bahwa wajah Islam sesungguhnya adalah cinta damai, bukan kekerasan bukan pula ekstremisme.




Kedua penulis menceritakan pertemuannya, mengenai peristiwa yang sama sekali tidak berkaitan dengan orang muslim. Misalnya pertemuan Shamsi dengan George W. Bush, agar memberikan statment bahwa kejadian 9/11 muslim tidak pernah campur tangan. Alhamdulillah permintaan itu di iyakan.

Pertemuang penulis dengan Bill Clinton, bahwa Bill Clinton pernah mengaku melawat ke Aceh terjadi tsunami besar yang memporak-porandakan bumi Aceh dan sempat kagum dengan kementrian yang ada di Indonesia.


Kisah Raja Hip Hop yang Shamsi temui, adalah orang yang tegas dan membela solidaritas terlebih ladi membela muslim yang ada di New York sana. Mereka berdua menghadap Donal Trump, agar mengklarifikasi statement-nya tentang orang Muslim.

Siapa sangka Walikota Newyork yang memiliki agama Yahudi, mau ikutan sholat Jum'at yang diimami oleh penulis di Amerika sana. Yang paling menggugah hati saya adalah ketika pertemuan penulis dengan Shimon Peres, yang ingin kemerdekaan di Palestina sana segera terwujud. Satu sisi ia bertemu dan mengemukakan, sesegera mungkin dimerdekakan saudara kita di sana. Pun pada saat yang sama, sudah 2 minggu lampu di Palestina dipadamkan.

Untold stories yang dilakukan penulis, benar-benar perjalanan yang mereka lakukan sendiri. Bukan kata orang atau kata mereka, mereka membeberkannya habis dalam buku ini. Pertemuan yang paling saya suka adalah saat Ippho Santosa bertemu dengan Yusuf Qardhawi. Gurunya para guru, ulamanya para ualama. Sungguh pesan yang beliau sampaikan kepada masyarakat Indonesia adalah agar memperkuat persatuan, ukhuwah.

Ippho bahkan menanyakan peranan harta kepada Yusuf Qardhawi, belliau mengungkapkan jika harta mutlak diperlukan. Karena saat kita lapar, pastilah butuh makan, saat kita haus kita butuh minum. Saat takut, kita butuh naungan dan untuk urusan berdakwah pun demikian. Tetapi beliau juga mengingatkan akan pentingnya bersedekah dalam surat Al-Ma'un dan mengingatkan kepada kita bahayanya bermegah-megahan mengutip surat Al-Takasur. MasyaAllah, peringatan agar kita hidup berimbang.

Semoga Buku 7 Tokoh Dunia yang Pernah Kami temui & Rahasia-rahasia Mereka, sebagai amal jariyah penulisnya karena mau berbagi kepada pembacanya. Aamiin.


Happy reading! Salam

 Baca juga review: 

[Review Buku] Suatu Hari Bersama Paus Biru

[Review Buku] Suatu Hari Bersama Parimanta Raksasa


1 komentar:

  1. Kadang-kadang, saya juga suka baca kisah tokoh dunia. Suka terisnpirasi dengan kisah-kisahnya

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^