Rabu, 28 Februari 2018

[Review Buku] Suatu Hari Bersama Paus Biru


Keterangan Buku:

Judul                                  : Suatu Hari Bersama Paus Biru
Penulis                               : Yovita Siswati
Ilustrasi                              : Clay Studio
Editor                                 : Dewi Widyastuti
Desain                                : Dandy Nugroho
Penerbit                             : BIP (Buana Ilmu Populer)
Terbit                                 : 2018
Tebal                                  : 22 halaman




Ayo Berpindah Rumah



Suatu Hari Bersama Paus Biru - Paus biru hidup dan bertempat tinggal di hampur seluruh lautan yang ada di dunia. Jika musim panas tiba, paus biru berpindah rumah ke perairan yang lebih dingin mendekati kutub. Apabila musim dingin tiba, ia berpindah lagi ke perairan yang hangat. Migrasi sering dilakukan oleh paus biru.

Buku cerita anak Suatu Hari Bersama Paus Biru, mengisahkan paus biru bernama Willy. Ia suka berjemur di bawah sinar matahari, kulitnya akan mengilat bak permata. Tubuhnya besar, jauh lebih besar dari gajah dan dinosaurus.


Makanan kesukaan paus biru, adalah krill karena ia tidak mempunyai gigi untuk mengunyah. Paus biru hanya punya balin yang bentuknya seperti sikat dan kerongkongannya kecil. Setiap kali paus biru makan, bergalon-galon air pun ikut tertelan. Tetapi air tersebut akan keluar lagi lewat lempengan dalam mulut, paus biru.

Willy si paus biru, bernapas menggunakan paru-paru. Ia akan  kembali ke permukaan untuk bernapas. Jika musim gugur tiba, paus biru akan bermigrasi dan ia butuh seorang pendamping. Paus biru akan mulai bernyanyi, dengan nyanyian tersebut ia akan menarik seekor paus betina dan mereka akan menjadi pasangan selamanya.

Sebelum mereka pergi bermigrasi, paus biru butuh makan dahulu mereka bisa berenang lama kurang lebihnya  empat bulan. Seringkali paus biru mengalami masalah  ketika berenang menuju perairan hangat atau dingin bisa saja tertabrak kapal nelayan. Bahkan seringkali mereka terkena jaring manusia. Apakah Willy dan Welly berhasil melewati segala tantangan tersebut?

Happy reading! Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!