Senin, 18 Desember 2017

Mencicipi Kuliner Khas dan Unik di Brunei Darussalam, Kamu Harus Coba 7 Makanan Ini

Brunei Darussalam memang tidak se-terkenal Malaysia atau Singapura di Asia Tenggara, khususnya sebagai destinasi wisata. Namun, justru karena tidak begitu hits, Brunei menghadirkan sesuatu yang istimewa.

Oh ya, bagi kamu yang ingin ke sana, kamu bisa gunakan maskapai Royal Brunei. Coba cek deh, apakah ada tiket promo menarik.

Negeri ini terlihat cukup “kalem” dibandingkan negeri lainnya. Brunei cocok dijadikan destinasi bagi kamu yang menginginkan ketenangan. Jalan-jalan di kota-kota Brunei bebas macet! Hmm… coba yang tinggal di Jakarta pasti iri kalau mendengar istilah bebas macet.

Tidak hanya itu saja sih. Selain menyimpan ketenangan tersebut, sebenarnya Brunei punya banyak kejutan. Salah satu adalah kuliner khas nan unik yang dimiliki oleh negeri tetangga ini.

Ragam Kuliner Khas nan Unik yang Dimiliki Brunei

1.      Ambuyat


foto:thanislim.com


Ambuyat adalah kuliner khas Brunei Darussalam yang mirip dengan Papua. Terbuat dari tanaman sagu, makanan ini disajikan dengan lauk ikan bakar atau ikan rebus. Tambahkan dengan sambal pedas khas Brunei bernama cacah menjadikan kuliner ini ngangenin.
2.      Soto Brunei

sumber:thanislim.com

Tidak cuma Indonesia yang punya soto, negeri tetangga kita ini juga punya. Namanya Soto Brunei yang terdiri dari ayam suwir, babat, daging dan telur yang berpadu dengan kuah ala Brunei yang lezat.
3.      Belutak

sumber:rezwati.blogspot.com

Kemudian ada Belutak yang adalah makanan berbahan daging sosis yang kemudian diberi bumbu rempah-rempah serta bumbu asam. Biasanya warna makanan ini adalah hitam. Belutak bakal makin sedap disantap Bersama nasi biasa ataupun nasi goreng. Makanan khas Brunei ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebelum kembali ke Indonesia menggunakan Royal Brunei, sediakan oleh-oleh ini deh.
4.      Soto Babu Nini

sumber:thanislim.com

Masih ada soto lainnya dari Brunei, yaitu Soto Babu Nini. Soto ini terdiri dari mie kuning cukup lebar yang disajikan bersamaan dengan irisan daging, telur dan kuah bening. Oh ya, soto ini banyak dijual di warung makan yang ada di Jalan Kota Batu, Brunei. Sembari menikmati soto, kamu bakal bisa menikmati panorama indah nan asri.
5.      Nasi Katok

sumber:asiancraveness.wordpress.com

Yap! Satu lagi kuliner khas dari Brunei yang cukup ikonik. Nasi Katok adalah makanan yang terdiri dari nasi beserta ayam goreng. Ha? Cuma itu saja? Yang bikin khas adalah sambalnya yang beda dari biasanya. Rasanya tidak pedas malah manis. Kamu harus coba deh!
6.      Kuih Bahulu

sumber:nxqeee.blogspot.com

Kuih Bahulu adalah kue bolu yang dibuat dalam cetakan besi panas. Memang versi kue ini tidak hanya ada di Brunei saja tetapi juga ada versi Melayu, Singapura dan China. Meski demikian, kelezatan Kuih Bahulu a la Brunei ini tidak kalah. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dibumbi dengan gula aren atau pandan. Kemudian, penganan tersebut disajikan bersamaan kelapa parut.

7.      Pulut Panggang

sumber:pinterest.com

Penganan Pulut Panggang ini merupakan kue yang terbuat dari beras ketan juga. Kemudian, penganan tersebut disajikan Bersama udang ataupun daging sapi. Penyajiannya menggunakan daun pisang. Sebelum disajikan, bungkusan tersebut akan dipanggang menggunakan arang. Hmm, cukup menggoda!
Biar afdol menikmati beragam kuliner khas Brunei tersebut, bikin daftarnya sebelum berangkat, ya. Jadi, setelah pesan tiket Royal Brunei, kamu sudah tidak bingung lagi akan makan apa saja di sana. Bikin itinerary jauh-jauh hari supaya perjalanan kamu lengkap di sana.

Oh ya, waktu terbaik buat berkunjung ke sana adalah pas Lebaran. Ini karena ada banyak makanan khas Lebaran di sana seperti halnya Indonesia. Selain itu, kamu juga berkesempatan melihat Sultan Brunei

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ^_^