Jumat, 26 Mei 2017

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Suasana depan Masjid 

 
Bloggerkendal.com - Tradisi unik yang sering di selenggarakan dalam menyambut bulan yang penuh ampunan Ramadhan, rutin dilakukan oleh warga Kaliwungu. Dalam acara Dugderan tersebut selain pawai, parade musik dan drumband, kulinerannya juga sangat diburu masyarakat.

Telur Mimi termasuk kudapan gurih, yang sudah khas ada pada tradisi Dugderan. Berbagai jenis seafood lain, kerang, bukur, kepiting juga turut andil menjadi sasaran makanan yang digemari warga kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Telur Mimi


Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Jajanan pasar
Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu


Jajanan khas yang ada di pasar juga tumpah ruah dijajakan di sini, seperti jongkong, ketan, bubur mute, bubur sum-sum, getuk, mie warna-warni, klepon dan lain-lain. Sumpil makanan khas Kaliwungu, juga menjadi pilihan kesukaan. Berada di sana, membuat saya ingin menikmati semuanya. Segala jenis makanan itu begitu menggoda mata dan lidah perasa.

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
sumpil 


Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Parade drumband

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Antusiasme masyarakat


Jalan Kaliwungu semuanya macet total dan penuh. Dari arah Sawah Jati, arah Gladak, Pandean, apalagi jalan menuju masjid dimana parade drumband itu berlangsung. Penuh sesak dengan lautan manusia yang berjubel, antusiasme mereka dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan sangat memukau. Dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Alhamdulillah sekali, terimakasih kepada Engkau Rabbku. Masih mengijinkan hambamu ini menikmati karunia-Mu. Masih bertemu Ramadhan. Marhaban Ya Ramdhan Mohon Maaf Lahir & Batin.
 
Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Jalan depan masjid yang penuh sesak

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu


Jangan lupa pasang alarm, jangan lupa siapin menu sahur dan jangan lupa jaga kesehatan serta silaturahmi di bulan ini.

Tradisi Dugderan Tahunan Kaliwungu
Parade Musik 

Link video Youtubenya: 





Salam

16 komentar:

  1. Rame bener, Nyi...
    Serunya hidup di negara yang mayoritas muslim.

    Kebayang Ramadhan di negeri orang yaa, Nyi...
    Pasti sepi dan sendiri, aku benci.

    BalasHapus
  2. Aq baru tau klo kaliwungu juga ada dugderannya tauny semarang..ish itu jajananya mwnggoda sekaliii

    BalasHapus
  3. Tahun iki gak ngliput aku mbak, #efekKerjaLembur
    wkwkwk :D

    BalasHapus
  4. Penasaran bagaimana itu telur mimi...

    BalasHapus
  5. Meriaaaah ya, Nyi. Suasana yang kek gini yg selalu dirindukan pas ramadhan.

    BalasHapus
  6. Telur mimi ini khas banget ya mba. Jadi ingat liputan teman dibilang puasa selalu ada telur Mimi ini. Alhamdulillah udah puasa ya

    BalasHapus
  7. Baru tau jajanan namanya sumpil dan telur mimi. Ternyata banyak jajanan khas di tiap daerah ya.

    BalasHapus
  8. Ya Allah mbaaaak..jadi oengen pulang semarang..sm kayak di Semarang yaa.

    Telur Mimi tu kayak gmn tho mb

    BalasHapus
  9. Penasaran dengan telur Mimi

    Rame banhet y dugderanny

    BalasHapus
  10. Seru banget Nyi, penasaran dengan aneka jajanannya. Pasti enak-enak ya?

    BalasHapus
  11. Telur mimi apa sih? telur beneran atau karena bentuknya seperti telur? lihat jajan pasar sebanyak itu bikin mau ngeborong. Aku suka banget jajanan pasar

    BalasHapus
  12. Aku penasaran telur mimi Nyi.. tempatku nggak ada deh

    BalasHapus
  13. Penasaran sama sumpil, bahannya apa ya

    BalasHapus
  14. Tadi aku bacanya telur mini hehe
    btw bahan dasar telur mimi itu apa ya mbak?
    TFS

    BalasHapus
  15. mbaaa jajanannya yg sumpil itu mirip sama jajanan basah di bali namanya kue lukis dr ketan, hihi

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^