Jumat, 14 April 2017

Gudeg Jogja Pangestu Ibu di Pasar Jum'at Mangkang

Gudeg Jogja


Bloggekendal.com - Gudeg, kenal dong sama makanan khas Yogyakarta yang satu ini. Yang dibuat dari nagka muda, dimasak dengan santan dan rempah-rempah alami yang enak. Gudeg, biasanya disajikan dengan santan kental yang biasa kita kenal dengan areh. Kemudian lauk tambahanya ialah telur, opor ayam, sambal goreng tahu dan sambal.

Di pasar Jum'at Mangkang, ada yang lagi seru dan ramai disambangi oleh pengunjung pasar Jum'at. Adalah Gudeg Jogja Pangestu Ibu, yang menjajakan dagangannya special Gudeg saja. Harganya pun murah meriah, cuma Rp 10 ribu udah dapet sepaket lengkap dengan bungkus kardus. Biasanya kalau lagi malas memasak, ibunya Oky membeli gudeg Jogja komplit yang sudah plus nasi.

Gudeg Jogja


Dengan membawa mobil dan menggelar meja penjual gudeg Jogja, pangestu ibu ini sudah bisa langsung berjualan. Selain menggunakan panci, beliau juga menggunakan tungku-tungku klasik model jaman dahulu sehingga kekhasannya kentara sekali.

Warga sekitar Kendal pun dengan rela hati untuk antri. Bukan hanya rasanya yang enak, tetapi kemurahan harganya dan penampilannya menarik membuat mereka berbondong-bondong membeli dengan porsi banyak.

Sayangnya Gudeg Jogja Pangestu Ibu, hanya bisa dijumpai di pasar Jum'at Mangkang, Semarang depan bonbin persis. Sudah buka mulai pukul 16.00 sore hingga habis. Buat yang berminat mencoba dan menjajal bagaimana rasanya, silakan datang setiap Jum'at saja.


Gudeg Jogja


Jenis gudeg sendiri banyak dijumpai ada beberapa macam jenis

·         Gudeg basah, gudeg yang penyajiannya dengan areh encer.
·         Gudeg Solo, biasanya disajikan dengan areh berwarna putih
·         Gudeg kering, gudeg yang disandingkan dengan areh yang kental.

Nah di pasar Jum'at sendiri gudeg yang disajikan lebih ke versi gudeg yang kering. Selain aman dan bisa tahan lama, semakin lama dimasak akan semakin lezat rasanya.

Salam

15 komentar:

  1. Masih belum bersahabat mennyicipi gudeg hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hheheheh kenapa.mba Tian. Ennak kok hihihi

      Hapus
  2. sejak bersuami dgn keturuan Jawa, aku jadi suka gudeg yg kadang keblenger manisnya, tapi kalau dicampur rendang enak banget hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha gudeg manisnya enak mba Lia..

      Hapus
  3. Itu yaa yang ngantri bikin saya ngiler liat ekspresi mereka...atulah saya jadi pengen gudeg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkkk gudeg bisa bikin ngiler juga ya Peh

      Hapus
  4. Makan gudeg ampe ngantri begitu ya mba. Mmh pengen mencicipi :)

    BalasHapus
  5. jadi kangen makan gudeg deh mbak.. sambil nongki di malioboro d nol zero km pasti asyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di nol km biasanya saya nyate hehehe

      Hapus
  6. belum pernah nyobaaa.. penasaran.. mungkin pas liburan ke jogja kali ya, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      Ini ga perlu ke Jogja buay nyoba hehee

      Hapus
  7. Nyam gudeg. Baru tau banyak jenisnya.
    Kalau di Surabaya dulu gudegnya udah dimodif jd gak terlalu manis gtu mbak.
    Kalau pas di Jkt skrng seringnya nemu yg punya warung gudeg org Yogya jdnya manis :D

    BalasHapus
  8. Selain Gudeg ada apa lagi Mba. Aku kok tertarik dgn konsep pasar jum'at nya. Pengin liat2, sama kayak jogja gitu ngga yaa, ada pasar sagan, pasar setu, pasar milas dll

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^