Minggu, 30 April 2017

Warung Gunung di Bukit Jabal Kaliwungu



Bloggerkendal.com - Bukit Jabal yang terletak di komplek makam Auliya, Kaliwungu ini biasa dipadati oleh ribuan warga peziarah. Makam yang jadi jujugkan biasanya KH. Asy'ari, Sunan Katong, Eyang Pakuwojo, Wali Musyafa', Kyai Mandurejo, Pangeran Puger dan Pangeran Juminah.

Menariknya bukit menuju komplek makam Auliya Bukit Jabal ini, berdiri warung makan baru bernama, 'Waroeng Gunung'. Mengingat banyak dilewati peziarah Waroeng Gunung ini menjadi titik strategis untuk berjualan.



Waroeng Gunung memiliki bangunan dua lantai, jika anda ingin makan sambil menikmati pemandangan bukit bisa naik ke lantai dua. Tapi jika anda takut ketinggian, pilihan bisa jatuh di lantai dua. Ada tempat duduk lesehan dan meja kursi tinggal memilih saja.

Sabtu, 29 April 2017

Warung Gazebo Kaliwungu

Warung Gazebo Kaliwungu
Add caption


Bloggerkendal.com - Warung Gazebo, adalah warung makan baru yang berada di Kaliwungu. Baru buka 3 hari ini dan saya sudah mencoba di hari kedua, dengan sahabat saya Oky.

Awalnya kita rencana mau beli tahu bulat buat makan siang, eh begitu ngeliat tempat yang dibangun depan bakso Siroj itu buka kami mampir. Beberapa bulan bangunan, yang sempat menjadi penasaran ini, akhirnya terkuak sudah untuk tempat makan ternyata hahaha ...

Kita liat dulu dong menu apa yang ditawarkan, kalo di logonya sih, 'Penyet, Steak & Mi', kalau di banner gedenya ada bebek, spageti juga. Ada paket hematnya juga lho, pahe 1-4. Harganya juga lumayan bervariasi. Sementara untuk minumannya, es teh, es jeruk ada lah ya, es buah, kelapa muda dan aneka jus juga ada.

Jumat, 28 April 2017

Angkringan Ping To Eat Beringin Raya

Ping To Eat
Kasir


Bloggerkendal.com - Spot cantik untuk posting foto diakun media sosial kita, bukan hanya tempat wisata saja. Kini banyak cafe, tempat makan atau angkringan pinggir jalan pun memilih tema yang unik dan tentunya instagramable.

Tempat makan yang memiliki interior photoable ini, biasanya terlihat banyak kata-kata yang menghiasi dinding. Rangkaian katanya juga ditampilkan dalam font modern, artistik yang membuat dinding terlihat menarik, cantik dan eye catching. Seni menghias dinding tersebut populer disebut letter art.

Seperti pada Angkringan Ping To Eat Beringin Raya, semalam yang saya kunjungi ini dinding angkringan penuh dengan letter art yang eye cathcing banget. Bikin gemas dan takjub ngeliatnya, bangga deh sama orang-orang yang bisa menghadirkan karya letter art ini. Dan kamu, jangan lupa prepare your smartphone dan baju favoritmu buat berfoto ria di sini.

Ping To Eat
Ruang Tengah


Selain letter art di berbagai dinding, Angkringan Ping To Eat juga menawarkan menu berbeda dengan angkringan sejenis yang lainnya. Adalah menu Chinese food yang enak banget, banyak menu yang ditawarkan juga lho. Ada nasgor seafood, sup tumyum, mie goreng sea food dan italian zuppa soup mushroom.

Kamis, 27 April 2017

Cilok Idun | Street Foodnya kaliwungu

Cilok Idun  Street Foodnya kaliwungu


Bloggerkendal.com - Masyarakat Kendal, khususnya yang tinggal di Kaliwungu, pastinya sudah tidak asing dengan cemilan satu ini. Yang bentuknya bulat, kenyal, ada isinya serta memiliki bumbu yang khas. Banyak juga yang mengidolakan cemilan ini, termasuk saya. Dialah Cilok Idun, street foodnya Kaliwungu.

Cilok Idun tidak hanya digemari kalangan dewasa, tetapi juga anak-anak yang masih berseragam sekolah. Beberapa kali memerhatikan, Cilok Idun biasanya mangkal di pertigaan Sawah Jati, di depan Korea Chicken. Namun kalau sudah agak siangan, ia akan berpindah ke depan masjid, jadi buat kamu yang sedang mencari cilok Idun dan kelewatan di jam 10-an sebaiknya langsung meluncur di sekitaran depan masjid.

Bukan cilok bang Idun ya, jadi Idun ini berati : enak, lezat, bagus dan lain-lain. Itu kata abang si penjual waktu saya tanyain. Sementara cilok sendiri itu adalah singkatan dari; aci dicolok. Camilan yang cukup merakyat ini sangat digemari, tidak hanya enak tapi juga disukai oleh lidah orang Indonesia.


Senin, 24 April 2017

Warung Makan Pojok Umbul Pasar Sore

Warung Makan Pojok Umbul Pasar Sore


Bloggerkendal.com - Di Kaliwungu, utara alun-alun pasar sore, ada warung makan Pojok Umbul yang sederhana. Lokasi tepatnya pojok, depan Indomaret pasar sore.

Hidangan yang disajikan bermacam-macam lauk pauk, bahkan juga ada soto ayam. Kemarin waktu libur, biasa anak kost malas beranjak untuk beli makanan. Tetapi karena perut udah berteriak minta diisi, jalan deh cari warung yang ada soupnya. Karena lagi kepengen makan yang berkuah, nemulah warung makan Pojok Umbul ini.

Waktu masuk, kaget eh ... bapak-bapak yang jualan sama anak. Kali si ibu lagi masak ya di rumah, kemudian si bapak yang menjaga warung makannya. Hmm ... kerjasama yang keren dan si anak kebagian yang ngebuatin minuman (wedangan).

Etalase kaca memajang berbagai menu, ada pepes, ayam goreng, mie, kering, pindang pedas, cumi oseng dan yang paling menggoda saya untuk memesan ialah sayur bayam gambasnya. Wah ... terlihat segar sekali penampakannya, hijau alami. Saya memesan sayur bayam gambas dan pindang pedas. Sepertinya si bapak tahu porsi saya sedikit, melihat perawakan saya yang kurus hahaha ...

Rabu, 19 April 2017

Camilan Tahu Crispy Aneka Rasa



Camilan Tahu Crispy Aneka Rasa



Bloggerkendal.com - Camilan Tahu Goreng, sudah sangat familier dinikmati oleh masyarakat kita. Terlebih lagi tahu isi, tahu petis, tahu rebus dan lain-lain. Si mas-mas penjual di sekolah MI Krajankulon ini, berkreasi dengan menambahkan aneka rasa pada tahu goreng jualannya.

Pembuatan Camilan Tahu Crispy Aneka Rasa, sama dengan tahu yang digoreng pada umumnya. Tetapi setelah digoreng, tahu akan ditaburi oleh bumbu kering racikan si mas penjual. Rasanya macem-macem, tinggal kita mau memakai rasa apa. Ada rasa pedas, rasa balado, rasa pizza, jagung, ekstra hot, keju dan banyak varian lainnya.

Karena ia berjualan di sekolah dasar, harga perbungkus paling murahnya ialah Rp 500,- sementara saya biasanya membeli Rp 2000,- perbungkus. Tahu yang digoreng pun ukurannya mini, dipotong kotak dadu kemudian digoreng.

"Ini usaha mas sendiri atau ikut orang?" tanya saya penasaran, karena ia terlihat masih muda. Biasanya anak muda kalau disuruh jualan gengsian kan?

Minggu, 16 April 2017

Jangan Beli Sembarangan Jika Tak Ingin Rugi


Bloggerkendal.com - Membeli berbagai kebutuhan dan peralatan rumah tangga merupakan hal yang wajib dilakukan, mengingat Anda akan selalu memiliki banyak kebutuhan untuk keluarga Anda di rumah. Hal ini bukan lagi sebuah kegiatan yang asing, sebab secara rutin Anda mungkin akan pergi berbelanja setiap bulannya demi memenuhi semua kebutuhan Anda dan anggota keluarga lainnya. Untuk beberapa kebutuhan pokok, Anda bisa saja telah begitu familiar dan mengerti dengan baik di mana saja Anda dapat menemukan berbagai produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan, mengingat berbagai kebutuhan pokok ini akan Anda beli setiap bulannya. Namun, bagaimana ketika Anda membutuhkan sebuah peralatan bertukang, seperti tangga lipat?
Sudah jelas jika barang ini bukanlah sesuatu yang kerap Anda beli, jadi Anda harus jeli dan berhati-hati ketika akan membelinya. Jangan sampai Anda membeli sebuah tangga yang berkualitas rendah dan tidak aman ketika digunakan, sebab ini bisa saja menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang ketika Anda menggunakannya. Pilih jenis tangga yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga pembelian peralatan ini akan memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda.

Iga Bakar Kedai Ungu Kaliwungu

Iga Bakar
Iga Bakar Lezat

Bloggerkendal.com - Iga Bakar, menjadi salah satu makanan favorite saya. Dulu di Kaliwungu ada warung langganan saya, tetapi sekarang sudah tutup. Kebetulan teman-teman ngajak ke Kedai Ungu, tempat makan dengan nuansa ungu yang ada di daerah Sawah Jati. Begitu melihat list menu tertera pilihan Iga Bakar, liur rasanya mau menetes karena sudah lama tidak menikmati menu kesukaan saya itu. Sebenarnya ini kali ketiga saya memesan, tetapi lupa mau mengulasnya.

Iga bakar yang disajikan di kedai ungu, dagingnya lembut dan lumuran bumbu BBQ-nya bisa bercampur baur rata. Sayangnya kali ketiga ini mungkin mbaknya membakarnya agak kegosongan, jadi terlihat menghitam.

Menurut Stefu Santoso dan Chandra Yudasswara dalam memasak iga bakar yang empuk, juicy dan enak ada beberapa tahapan.

·         Pertama pilih iga bakar yang berkualitas bagus, karena semakin berkualitas daging potensi rasa enaknya akan semakin besar.

Jumat, 14 April 2017

Gudeg Jogja Pangestu Ibu di Pasar Jum'at Mangkang

Gudeg Jogja


Bloggekendal.com - Gudeg, kenal dong sama makanan khas Yogyakarta yang satu ini. Yang dibuat dari nagka muda, dimasak dengan santan dan rempah-rempah alami yang enak. Gudeg, biasanya disajikan dengan santan kental yang biasa kita kenal dengan areh. Kemudian lauk tambahanya ialah telur, opor ayam, sambal goreng tahu dan sambal.

Di pasar Jum'at Mangkang, ada yang lagi seru dan ramai disambangi oleh pengunjung pasar Jum'at. Adalah Gudeg Jogja Pangestu Ibu, yang menjajakan dagangannya special Gudeg saja. Harganya pun murah meriah, cuma Rp 10 ribu udah dapet sepaket lengkap dengan bungkus kardus. Biasanya kalau lagi malas memasak, ibunya Oky membeli gudeg Jogja komplit yang sudah plus nasi.

Minggu, 09 April 2017

Segernya Rujak dan Es Buah di Samping GOR Kendal




Segernya Rujak dan Es Buah di Samping GOR Kendal



Bloggerkendal.com - Siang ini sehabis ngurusin KTP yang belum jadi-jadi dan akhirnya dapet surat keterangan dari Capil, saya mampir ke samping GOR nyari yang seger-seger. Eh ... nemu rujak dan es buah, yang enak banget di tengah cuaca yang panas.

Bikinnya cepet nggak perlu nunggu lama, aku dan Oky menikmati rujak bersama kerupuk usek (kerupuk yang digoreng make pasir itu ...) habis 3 bungkus hahaha ... Rujaknya enak, bumbunya pas mantap. Sementara es buahnya ada macem-macem buah, dari apel, buah naga, nanas, pepaya, semangka dan lain-lain.

"Es buahnya nggak bikin neg," kata Oky berseloroh.

Saya mengiyakan ucapannya, "Nggak yang manis banget itu ya?"

Soalnya emang ada es buah yang manisnya minta ampun, terus akhirnya karena kemanisan itu jatuhnya jadi eneg. Lesehan di samping GOR itu nggak bikin neg kata dia. "Ada gurih-gurihnya," ucap Oky lagi. Saya mencicipi lagi dan emang iya, sedap.

Harga yang harus saya bayar setelah menikmati sepiring rujak, semangkok es buah dan 3 bungkus kerupuk adalah Rp 21 ribu. Hmmm ... murah banget ya? Aku dan Oky sepiring, karena kita tahu kita nggak bakalan habis kalo mesen sendiri-sendiri.

Jumat, 07 April 2017

Cegah Panas Dalam dengan Minum Air Kulit Durian



Bloggerkendal.com - Temen saya bilang durian adalah salah satu buah dari surga, hahaha ... tapi buat temen saya yang lain, justru memasang mimik wajah kecut karena dia tidak suka durian.

Saat musim durian tiba, saya tidak melewatkan kesempatan untuk menikmatinya. Buah yang cenderung mahal ini, sayang untuk dilewatkan bahkan di Semarang seringkali ada festival durian. Begitu istimewanya buah ini, sampai dibuatkan festival bukan?

Nah, ada satu hal yang harus diingat untuk pecinta durian, setelah melaksanakan pesta durian. Jangan lupa untuk meminum air, dari kulit durian guna mencegah panas dalam. Konsumsi yang berlebih biasanya akan membuat tenggorokan, jadi tidak nyaman.

Rabu, 05 April 2017

Nongkrong Sambil Makan di Queen Chicken & Resto

Queen Chicken & Resto


Bloggerkendal.com - Queen Chicken & Resto terletak di daerah Boja, dekat jalan raya dan simpang lima. Kalau kita datang dari arah Kaliwungu, Queen Chicken & Resto ada di sisi kanan jalan.

Awalnya lewat-lewat doang, tapi kok kelihatannya tempatnya asyik, luas dan enak buat nongkrong. Setelah cek up dari dokter gigi, mampir deh buat makan. Banyak banget menu yang ditawarkan, ada se 40-an menu deh. Yang tentu saja mengedepankan citarasa ayam goreng. Karena udah lumayan bosen ama ayam, saya pesan nasi goreng seafood dan kwetiaw goreng seafood.

Harga yang dibandrol Nasi Goreng Seafood adalah Rp 15 ribu dan Kwetiaw Goreng Seafoodnya Rp 15 ribu. Minumnya saya pesan es teh, kebetulan mau minum jus apelnya kosong.

Minggu, 02 April 2017

Kendualitawa #SUN2Kendal Sukses Bikin 3 Jam Penonton Pecah Tawa



Stand Up Comedy Kendal



Bloggerkendal.com - Stand Up Night 2 Kendualitawa garapan dari Komunitas Stand Up Comedy Kendal, pada Minggu 2/4/2017 sukses membuat pecah tawa penonton sepanjang acara berdurasi 3 jam itu.

Ada 5 komika lokal terbaik Kendal dihadirkan, serta 2 bintang tamu jebolan Stand Up Comedy Indonesia Ardhit Erwanda runner up SUCI 6 Kompas TV dan Pramantya Kusuma peraih golden tiket SUCI 7 Kompas TV.Dan belum lagi aksi duo MC kocak bang Djauhan dan Ade Kentos, yang sesekali memberikan doorprize untuk penonton agar acara semakin meriah.

Cuap-cuap kedua MC membuat penonton gemas-gemas heboh, aksi mereka yang ceplas-ceplos begitu mengundang tawa. Mungkin ini bedanya komika yang sering tampil dengan yang jarang, tingkat percaya dirinya luar biasa. Hari itu Ade Kentos yang menjabat ketua dari Stand Up Comedy Kendal, mengecat rambutnya dengan warna orange.

"Saya ingin tampil beda, sebagai ciri khas saya," ucapnya disela-sela acara ketika Pramantya menanyakan perihal pengecatan rambutnya.