Senin, 28 November 2016

Sempolan Jajanan yang Lagi Ngehits


Sempolan Jajanan yang Lagi Ngehits


Bloggerkendal.com - Sempolan Jajanan yang Lagi Ngehits, iyap benar sekali. Di Kaliwungu, jajanan ini ramai dari sebelum buka, pembeli sudah mengantri. Letaknya di jalur Pantura, Sarimanan dekat dengan Aldila Bakery.  Sudah beberapa kali saya amati, keinginan buat mampir ada, tetapi malas untuk mengantri dan kemarin keturutan juga nih mencoba rasanya Sempolan.

Jajanan Sempolan ini khasnya dari pemalang, tetapi ada yang bilang juga dari Pekalongan dan Pati. Sempolan terbuat dari tepung tapioka yang  dikombinasikan dengan daging ikan atau ayam. Harga satu tusuknya 700 rupiah, jika dimakan sedikit kenyal. Sebelum di goreng, Sempolan akan dicelupkan ke dalam adonan telur kemudian diceburkan ke dalam minyak yang mendidih.




Sempolan Jajanan yang Lagi Ngehits


Sempolan Jajanan yang Lagi Ngehits



Saya membeli 4 tusuk saja, karena penasaran dengan rasanya. Rasa ikannya terasa sekali ketika kita kunyah, eits ... sebelum menikmati Sempolan, kita celupkan dulu ke dalam saus yang telah diberikan oleh penjual Sempolan, yang ternyata bernama mas Imam.

Sedikit cerita, mas Imam ini tinggal dan membuat Sempolannya di Semarang, lantas di jual di Kaliwungu. Lumayan jauh juga ya, tapi saya kurang tahu tepatnya di Semarang mana. Kegiatan mas Imam, kalau pagi membuat Sempolan, istirahat dan lain-lain nah kalau udah sore dia mulai ngelapak. Orangnya ramah juga lucu lho, saya sempat ngobrol sebentar yang akhirnya kami menjalin silaturahmi dan berteman via facebook.


Ketika saya melihat dia menggoreng Sempolan dengan api yang besar, saya protes, “Mas apine kebesaran itu lho,” kata saya mengingatkan.



Nek ora gede, orak mateng-mateng to Mbak,” kelakarnya sambil cengengesan. Iya juga sih ya, soalnya setelah saya mampir, antrian di belakang sudah mengular lagi dan memesan Sempolan dengan porsi banyak. 

Ada satu lagi nih yang menarik, kembalian saya kan 7200,- eh dibalikin mas Imam 8000,- ribu. Kirain dia nggak sadar, eh katanya malah sengaja, "Nggak apa-apa", bilangnya. Tetapi saya memaksa untuk memberikan saya kembalian yang seharusnya, karena bagaimanapun dia sedang mencari uang untuk pekerjaannya. 


Di balik kesuksesan Sempolan, ada orang yang giat bekerja di balik pembuatannya.


Sempolan Jajanan yang Lagi Ngehits



Ada dosa yang tidak bisa di hapus dengan solat dan ibadah, yaitu bisa di hapus dengan mencari nafkah yang bekerja keras. (Al. Hadist)



Baca juga : 

Mie Lidi Aneka Rasa Cemilan Jadul Rasa Unggul


4 komentar:

  1. Sempet dikirimin foto sama sepupu di Malang, di sana juga konon lagi tren si sempolan ini. Kemudian dong yaa, daku jadi kepengen tau rasanya gimanaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah, rasanya gitu peh.
      Pastinya enak, soalnya rame banget Peh

      Hapus
  2. Anakku suka nih. Cuma kadang ragu sama minyak goregnnya udah dipake berkali2

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^