Minggu, 30 Oktober 2016

Stand Up Comedy Kendal #Show3Scandal di Pondok Ijo Cafe Wallet



Stand Up Indo Kendal
Melaju ke #Show4Scandal


BloggerKendal.com - Persona seorang komika di atas panggung, bisa terbentuk dari seringnya ia tampil satu panggung ke panggung lainnya. Ada juga yang masih sulit untuk menyadari personanya. Persona apaan sih? Persona ialah cara kita bertindak, apa yang kita katakan, kita sukai dan tidak, serta bagaimana kita menanggapi suatu hal. 

Maka seorang komika, harus bisa menentukan persona panggungnya. Seperti gesture dia, bagaimana ia berpenampilan, bagaimana ia bisa terlihat berbeda.  Misalnya persona yang dibangun oleh si Fajar, dengan wajah flatnya, gesture tangan selalu di pinggang. Kemudian si Dadang, yang selalu bergerak dengan menjijit kedua kakiknya, Bagas dengan banyolan bluesnya atau Kurniawan dengan jari telunjuk yang selalu mengusap hidung. Mulailah menggali dari hal kecil, untuk bisa menunjukkan personamu dan penonton akan mudah mengenali keunikan dari dirimu.




Stand Up Indo Kendal
Sahabat saya Zain salah satu Stand Up Comedy Kendal dan EmiTekhnopreneur Kendal 2016 


Bertempat di Cafe Walet Pondok Ijo Weleri, sabtu 29 Oktober 2016. Stand Up Indo Kendal, open mic dengan tema 'olahraga'. Saya sempat ketinggalan 3 komika, yang salah satunya adalah jagoan saya. Tema olah raga mungkin agak sedikit berat, sehingga komika Kendal harus memutar otak agar tema tersebut tetap seru. 

"Komunikatif, tapi setu up kepanjangan," komentar salah satu juri malam itu. 

Saya harus akui kalau komika Kendal, luar biasa semangatnya. Tetapi alangkah baiknya jika dibarengi dengan semangat menulis bahan materi. Materi yang akan disampaikan harus dihafal, jangan sampai membuat contekkan. Ini seperti pernah dilakukan komika cewek, yang sudah close mic. Tapi nggak apa-apa lah, ya. Namanya juga masih belajar, jadi menghafal materi itu juga penting sekali ternyata. Nggak melulu anak sekolah yang harus menghafal materi, ternyata komika juga harus menghafalnya. Menghafal dan terus berlatih.

Sebelum hari H tampil, seorang komika harus sudah bisa hafal di luar kepala materinya. Mungkin dengan melafalkannya di depan cermin, praktik dahulu sebelum manggung adalah cara yang bisa melancarkan ketika open mic.

Stand Up Indo Kendal
Masih SMA dan baru join di StandUpIndo Kendal


Bukan hanya stand up Indo Kendal, yang turut meramaikan cafe walet pondok ijo malam itu. Selingan dari band indie Kendal juga turut hadir, Akhurat band, Tahucampur, D sandwich dan penyanyi solo pria. Mereka bersinergi menghabiskan minggu malam dengan hal positif. Saya merasa bangga dan salut dengan semangat-semangat yang mereka tularkan. 

Akhurat Band
Akhurat Band



D'Sandwich
D'Sandwich


Dua komika harus close mic





Yup, tebak siapa yang harus close mic? Ialah Rocky asal Boja dan Syukron dari  Kaliwungu. Bagaimana pun juga dalam sebuah kompetisi selalu ada yang menang dan kalah. Tetapi orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar saat terjatuh. 

Ketika Syukron ditanya hal apa yang akan dilakukan ketika harus close mic, "Tetap menggarap naskah", sementara Rocky, "akan tetap open mic". 



Enam finalis yang masih terus melaju



Kemudian siapakah yang masih akan open mic di minggu depan? Ialah Fajar, Jarot, Ivan Ipung, Dadang dan Bachtiar. Selamat ya kawan! Persiapkan #Show4scandal dengan semangat, karena ada yang sedang menunggumu; ialah mimpi-mimpi yang belum kau wujudkan.

Stand Up Comedy Kendal
Stand Up Comedy Kendal


Pesanku, sering-seringlah open mic dari panggung ke panggung, karena semakin sering stand up, persona kalian akan semakin terbentuk. Dan jika kalian sudah menemukan personamu, maksimalkanlah. Karena hal itu yang akan membekas di ingatan penonton, perbedaan pun akan semakin terlihat jelas dari komika satu dengan yang lain. 

"Persona adalah yang membuatmu unik. Ingat, kamu tidak perlu untuk menjadi yang terbaik, kamu cukup butuh menjadi berbeda", pesan Raditya Dika untuk komika Indonesia di manapun berada. 

Akhir kata, orang seringkali mengikuti/memfollow seseorang bukan karena mereka itu cantik atau tampan. Melainkan karena baiknya mereka dalam bertutur dan bersikap. Inilah bukti fisik yang tak melulu harus menang,  bukankah mutiara keluar dari cangkang yang keras?

Semangat untuk komika Kendal! Persiapkan diri kalian menuju #Show4scandal


Kepoin Stand Up Comedy Kendal di 

IG : @standupindokendal
FB : standupindokendal
Tw : @StandUpIndoKndl


4 komentar:

Terima Kasih telah berkunjung ^_^