Rabu, 06 Juli 2016

Mie Pitik Enak di Kaliwungu

Mie Ayam Kaliwungu


Bloggerkendal.com - Mie pitik enak, di Kaliwungu masih jadi incaran saya, sebagai penggemar mie ayam. Nggak tau dari dulu lebih suka mie ayam ketimbang sama bakso, hehehe.

Usut punya usut sebenarnya mie ayam aslinya dari Cina, Fujian dan Guandong. Ini tersebab imigrasi besar-besaran yang dibawa oleh Arab dan Cina di tahun 1870, ke Jawa. Meledaknya peningkatan orang-orang Cina menambah referensi selera makan. Mereka memilki budaya menikmati hidup semacam, "Kamu kalo makan nggak usah nanggung. Makan banyak, yang enak sekalian."

Mereka, kaum peranakan cina ini kerjanya habis-habisan dan harga yang harus mereka dapatkan pun harus diganti dengan makan enak dan hidup yang nyaman. Filosofi hidup enak inilah yang membuat mie ayam lahir dan menjadi makanan rakyat yang paling dicari.

Mie Ayam Kaliwungu

Saya sering hunting mie ayam enak di Kaliwungu, namun masih ada rasa penasaran saya ketika sering lewat di daerah Karang Tengah. Di Karang tengah ada Mie Pitik & Bakso yang selalu dipadati pengunjung. Banyak motor berjejer parkir di depannya, saya kira ini efek dari parkiran tempat makan Pujasera yang berada di sebelahnya. Dugaan saya salah, karena sering lewat dan mengamati ternyata mereka mengantri untuk bisa menikmati Mie Pitik. Karena buka warungnya saat sore hari, jika siang hari kita ke sana mie pitik ini pastinya belum buka.


Awalnya saya heran mengapa namanya Mie Pitik, bukan Mie Ayam? Barangkali mereka ingin membuat beda dan pembeda itu semakin terlihat saat saya mampir dan menikmati sendiri penyajiannya. Mie Pitik  Kaliwungu, Karang Tengah ini memang beda. Penampilan ayamnya bukan disuwir atau di potong dadu, mie pitik Karang Tengah ini ayamnya masih gelondongan, ayamnya besar seperti ketika sedang menikmati opor. Tetapi ada juga ayam yang dipotong kecil dadu.

Yang saya lakukan pertama kali ketika akhirnya mendapat semangkok mie pitik, saya incipin kuahnya dulu dan ... hmmmm rasanya gurih sedap. Saus botol saya ambil dan tumpahkan di atas mie pitik, kebetulan saos botolan ini langsung bisa meluncur dalamnya, biasanya saya agak sebal sama saos botol yang susah banget di tumpahkan. Beberapa warung mie ayam ada yang menyajikan saos botol ada juga yang saos sachet plastik gitu, saya lebih suka saos botol jauh lebih  ada rasanya.

Mie Ayam


Mie Ayam Pitik harganya juga standar dengan harga lainnya, ialah Rp 7000,- satu porsinya dan es tehnya juga murah Rp 2000,-. Saya baru menemukan mie ayam yang sesuai dengan lidah saya di tempat ini. Untuk yang tinggal di seputaran kabupaten Kendal, patut dijadikan referensi warung mie ayam enak nih, Sob. Lokasi di daerah Karang Tengah, Kaliwungu. Sebelah Pujasera, di depan Saung Juragan. Jika dari Kendal, posisi warung berada di kiri jalan. Jika dari Semarang, berada di posisi kanan. 

Resep Membuat Mie Ayam

Untuk penggemar makanan Mie Ayam juga bisa mengolahnya sendiri di rumah lho, gampang juga karena bumbu membuat mie ayam ini banyak di jual di pasar tradisional mengingat Mie Ayam banyak didapati di mana pun. Mau yang sederhana ataupun yang modern, dari yang harganya murah hingga bisa lumayan mahal, tidak ada salahnya kita membuatnya sendiri.

Mie Ayam Kaliwungu


Bahan-bahan untuk Mi Ayam
1/2 mie basah
100 ml minyak ayam
100 ml kecap asin
300 gr daging ayam, rebus dahulu kemudian dipotong dadu
2 batang daun bawang
2 sendok kecap inggris
3 sendok kecap manis
penyedap rasa jika suka
bawang goreng
daun Caisin (sawi)

Bumbu yang harus dihaluskan
4 butir kemiri
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 cm kunyit
3 cm jahe
1 sendok teh ketumbar

Bahan untuk kaldu (kuah) Mie Ayam
1/2 sendok teh lada bubuk
1 sendok teh garam
1/2 kg tulang belulang ayam
2 liter air

Yuk, ikuti step langkahnya
  • ·         Rebus dulu kaldu mie ayamnya hingga mendidih, masukkan tulang. Rebus dengan api yang kecil, hingga mengeluarkan aroma harum.
  • ·         Masukkan lada bubuk dan garam.
  • ·         Persiapkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sampai harum. Masukan daging ayam dan biarkan bumbu menyerap dalam dagingnya. Tambah penyedap rasanya sedikit, tumis lagi kemudian angkat.
  • ·         Rebus mie basahnya, bersama caisin yang telah dirajang. Angkat dan tiriskan.
  • ·         Masukan 2 sendok makan minyak ayam ke dalam mangkuk dan tambahkan peyedap rasa.
  • ·         Mie ayam dan caisin yang telah ditiriskan masukkan ke dalam mangkok, taruh ayam yang telah ditumis tadi di atasnya, serta bawang gorengnya.

Tara ... Mie ayam special buatan sendiri, siap dinikmati.




6 komentar:

  1. Beneran penggemar mie ayam? Cari di kaliwungu mie ayam lancar , warung mie ayam sejak 1996 soal rasa buktiin aja ��

    BalasHapus
  2. Beneran penggemar mie ayam? Cari di kaliwungu mie ayam lancar , warung mie ayam sejak 1996 soal rasa buktiin aja =))

    BalasHapus
  3. baru aja mau nyicipin mie pitik... makasih reviewnya mbak... besok ke sana ah. hehehe

    BalasHapus
  4. Saya hidup di Kaliwungu sejak blm munculnya Kang Siroj, dulu mie Ayam yg larisnya gak ketulungan adalah yg di depan toko bahan bangunan perempatan sawahjati pandean, Tapi karena kurang inovasi dan munculnya kang siroj dll, akhirnya mie ayam legendaris itu perlahan tenggelam walopun masih eksis hingga sekarang

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^