Minggu, 24 Juli 2016

Korsleting Listrik Penyebab Terbakarnya Swalayan Central Kaliwungu




Bloggerkendal.com - Korsleting listrik penyebab terbakarnya Swalayan Central Kaliwungu, Sabtu (23/7/2016) siang hari. Teriakan dari pengunjung mengagetkan salah satu karyawan yang berjaga di area permainan. Saat itu juga seluruh aliran listrik dicabut dan dimulai pemadaman api dengan alat-alat seadanya. Syukurlah juga satu unit mobil pemadam kebakaran mampu memadamkan api, setelah memecahkan kaca swalayan tersebut guna menyemprotkan air ke dalam ruangan yang kebakaran.

Tahukah sobat jika kita ceroboh ketika menggunakan listrik? Tidak hanya kesetrum, korsleting listrik juga akan menyebabkan kebakaran yang hebat.





Korsleting (hubungan pendek/singkat) itu apa sih? Korsleting ialah keadaan tidak normal ketika kabel yang bertegangan tersabung ke penghantar netral, tanpa melalui alat listrik/lampu. Arus pendek itu  mengalirkan arus yang sangat besar.



Pada umumnya, korsleting terjadi adanya konduktor positif dan negatif berada pada satu kabel yang saling berhubungan, tanpa memperhatikan kutub listrik, koduktor kabel yang tidak tertutupi dengan isolator. Hal itu yang memicu arus besar dikabel, kemudian menghasilkan energi panas dalam waku singkat dan membakar benda-benda di sekitarnya.

Alat yang fungsinya untuk memutuskan arus dikenal dengan nama sekring (pemutus arus), jika alat pengaman ini sudah diputus bahaya kebakaran dapat dihindari.

Tips Mencegah Kebakaran tersebab listrik

·         Jangan menumpuk steker dengan berlebihan, karena akan memicu panas berlebih dan bisa terjadi kebakaran
·         Gunakan peralatan listrik yang berkualitas, biasanya ada lambang SNI dan LMK.
·         Cabut tusuk kontak peralatan yang menetap di stop kontak dengan waktu lama
·         Cabut tusuk kontak yang memiliki kelonggaran
·         Biarkan instalatir resmi yang memasang atau menambah instalasi listrik di rumah atau di bangunan-bangunan yang  sedang dan sudah didirikan
·         Periksa selalu instalasi listrik pada bangunan dengan berkala, mungkin sudah 10 tahun pemakaian sebaiknya diadakan tinjau ulang setiap 5 tahunnya
·         Hindari mengotak-atik atau menyambung langsung pengaman sekting atau mini circuit breaker (MBC)

Alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran, yang terjadi pada swalayan Central Kaliwungu tersebut. Para pengunjung akhirnya berhamburan keluar dan pengelola tokonya menutup sementara waktu. Mungkin karena swalayan Central Kaliwungu terbilang masih baru dan masih mengalami pembenahan di sana-sini.



Semoga ke depannya pembenahan listrik dan dari segi apa pun semakin baik. Soalnya saya juga sudah pernah bermain di areal permainan swalayan Central ini. Tempatnya luas dan nyaman, banyak permainan untuk anak dan orang tua bisa menemani di tempat duduk yang sudah disediakan oleh pengelola. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Timezone, Matahari kalau di Kaliwungu saja sudah ada, bukan?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ^_^