Kamis, 30 Juni 2016

Membuat Recent Comment di Blog


Bloggerkendal – Membuat recent comment di blog bagi pemula seperti saya pastinya harus browsing dahulu kemudian mempraktikkannya. Izinkan saya membagi cara sederhananya yang siapa tahu bermanfaat.

Siapa sih yang nggak senang postingannya di komentari dan dikunjungi sahabat blogger lain? Entah komentar kritik, opini dari postingan kita atau bahkan jadi media sharing. Bagaiman jika komentar tersebut kita tampilkan dengan khusus di sidebar milik kita. Caranya kita harus memasang 'Recent Comment', selain blog kita akan memancing sahabat blog lain untuk mengunjungi artikel yang kita buat, blog kita juga jadi lebih ramai. Dan ternyata penambahan recent comment ini baik untuk SEO, karena kata yang muncul mengomentari bisa terdeteksi di halaman pencarian Google, dimana komentar yang ditulis ada tertera kata kunci.


Nah gimana cara sederhana menambahkan recent comment di blog kita, yuk kita mulai:

1.      Masuklah dulu ke akun kita blogger.com, kemudian pilih Tata Letak, Tambahkan Gadget dan akan muncul jendela. Pilih menu 'Feed'



2.      Jika sdah, lalu klik icon pojok 'Plus/tambah' dan masukkan link dengan format seperti di bawah ini. Tetapi yang saya beri warna merah, diganti dengan URL blog yang ingin kita pasangin recent comment. Kalau sudah klik 'lanjutkan'.


http://www.nyipenengah.com//feeds/comments/default

3.      Jendela baru akan muncul, pada bagian judul terserah bebas mau dikasih judul apa; Komentar, Komentar Baru, Reccent Comment atau judul lainnya.  Pada settingan item sesuka kita mau dikasih angka berapa, umumnya 4-5. Tanggal item, sumber/pengarang item, buka link jendela baru (semuanya centang). Simpan.



4.      Mari kita lihat hasilnya. Kita refresh blog milik kita dan tara ... seperti gambar di bawah ini. Karena ini blog baru saya, pas saya bikin postingan ini belum ada yang komentar. Namun saya mempraktikkan dengan blog milik saya yang lain.



Ternyata untuk memasang widget recent comment mudah  bukan? Langsung praktek saja, karena teori bukan segala-galaya untuk meraih sukses, namun teori bisa mempermudah kita meraih sukses. Yang salah jika kita tahu teori nihil praktek, begitu juga kebalikannya praktek terus tanpa teori. Maka seimbangkan antara praktek dan teori.

Selamat berpuasa!



2 komentar:

  1. wah, ini gak pake script khusus ya, enak kayaknya. Pas banget recent comment saya eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, Bulir Jerukkkkkkkkkkk
      thanks udah mampir

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^